KPR Subsidi FLPP Diakses Oleh Lebih 70 Persen Kalangan Milenial

September 20, 2021

RumahCom – Kalangan milenial dan Gen Z menjadi pengakses terbesar KPR subsidi FLPP. Pemerintah juga terus mendorong generasi muda untuk mulai berinvestasi cerdas dengan membeli rumah dan akan terus melengkapi berbagai fitur skema pembiayaan subsidi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anak muda milenial.

KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) telah banyak membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap akses pembiayaan perumahan. Dengan skema FLPP ini, MBR bisa mengakses rumah sebagai salah satu kebutuhan pokoknya dengan lebih mudah karena berbagai kemudahan yang diberikan.

Nyatanya, segmen yang mengakses skema FLPP ini juga mayoritasnya datang dari kalangan anak muda atau milenial. Menurut Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna, kalangan milenial di segmen MBR menjadi yang paling banyak memanfaatkan KPR subsidi FLPP.

“Porsi yang mengambil KPR FLPP dari kalangan milenial ini mencapai lebih dari 70 persen kemudian segmen di bawah milenial yaitu generasi Z (Gen Z) ada 11 persen, jadi mayoritasnya memang dari anak-anak muda. Hal ini juga menjadi tantangan bagi kita untuk terus melengkapi fitur-fitur yang bisa memfasilitasi anak-anak muda mengakses perumahan,” ujarnya.

Di sisi lain, Herry menyebut selama ini kita juga terlalu fokus pada segmen MBR yang paling kesulitan mendapatkan akses pembiayaan bank sehingga perlu dibantu dengan program subsidi salah satunya melalui skema KPR FLPP. Di sisi lain, segmen di atas MBR juga mendapatkan kesulitan yang sama untuk mengakses perumahan, hanya saja karena bukan MBR kalangan ini tidak mendapatkan bantuan program perumahan.

Hal ini menjadi problem dan salah satu pekerjaan rumah di sektor perumahan yang harus dicarikan solusi jangka panjang. Harus dipastikan semua kalangan bisa mendapatkan akses terhadap pembiayaan perumahan khususnya untuk kalangan pekerja perkotaan yang membutuhkan hunian dekat dengan pusat aktivitas maupun lokasi tempatnya bekerja.

Banyaknya pengembangan perumahan di luar kota sehingga bisa memasarkan rumah yang lebih terjangkau menjadi tantangan yang juga harus diselesaikan dalam jangka panjang. Bagaimana produk subsidi di bidang perumahan memungkinkan kalangan MBR maupun kalangan menengah bisa mengakses perumahan dengan lebih baik.

Karena itu Herry juga mendorong kalangan MBR maupun masyarakat menengah khususnya generasi muda untuk mulai berinvestasi secara cerdas pada produk-produk properti khususnya perumahan. Harus dipaksakan untuk mengalokasikan pendapatannya untuk menabung dan mencicil rumah.

“Kami juga terus mendorong semuaa stakeholder properti khususnya kalangan pengembang dan perbankan untuk terus meningkatkan penjualan perumahannya khususnya untuk segmen subsidi dan menengah. Selain perumahan merupakan kebutuhan pokok, sektor ini juga memiliki multiplayer effect yang besar yang akan bisa menggerakan perekonomian,” pungkasnya.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bahu Membahu Pemerintah Pusat-Pemprov DKI Bangun Tanggul Laut

RumahCom – Pembangunan tanggul laut Jakarta terus dikebut oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR dan Pemprov DKI Jakarta. Tanggul laut ini memiliki banyak fungsi antara lain mengurangi banji

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Potensi Unit Apartemen Di Kawasan CBD Masih Oke

RumahCom – Progres proyek yang baik merupakan komitmen dan bukti nyata yang bisa dilihat konsumen dan itu sangat penting saat situasi pandemi ini. Progres proyek yang baik juga masih menghasilkan ke

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Presiden Jokowi Resmikan Rusun 25 Lantai Pasar Rumput

RumahCom – Rusun Pasar Rumput telah menyelesaikan pembangunannya dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk penataan kawasan kumuh hingga menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat perkotaan. Rusun

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Lockdown Justru Meningkatkan Harga Properti Di Australia 6-9 Persen

RumahCom – Sektor properti tetap akan mengalami kenaikan di tengah berbagai kendala karena pandemi Covid-19. Kota-kota besar di Australia misalnya, akan mengalami kenaikan harga 6-9 persen hingga 12

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

KPR Subsidi FLPP Dialihkan Ke Tapera, Validasi Debitur Hampir Capai 97 Persen

RumahCom – PPDPP terus melakukan persiapan untuk mengintegrasikan berbagai sistem penyaluran KPR subsidi FLPP ke BP Tapera pada akhir bulan Oktober 2021. Validasi debitur FLPP hingga saat ini telah

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Masukan