Mayoritas Pencari Rumah Secara Online Didominasi Usia Di Bawah 40 Tahun

September 20, 2021

RumahCom – Berbagai kemudahan yang ditawarkan untuk mendapatkan informasi secara online terus berkembang. Hal ini juga terjadi pada sektor perumahan di mana mayoritas anak muda di bawah usia 40 tahun menjadi pengakses utama informasi perumahan secara online.

Dengan berbagai sosialisasi dan didukung dengan regulasi maupun insentif program pemerintah, sektor perumahan mulai disadari menjadi salah satu kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi oleh kalangan pekerja muda. Selama ini generasi muda atau kalangan milenial kerap disebut abai untuk memenuhi kebutuhan papan karena lebih mengutamakan pemenuhan lifestyle yang jangka pendek.

Nyatanya, berdasarkan riset Indonesia Property Watch IPW, pencarian properti khususnya untuk produk rumah tinggal secara online didominasi oleh kalangan milenial atau yang berusia di bawah 40 tahun. Hal ini juga masuk akal karena lebih dari sepertiga populasi Indonesai adalah dari segmen anak muda ini dan karena itu disebut kita memiliki bonus demografi.

Menurut Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif IPW, kalangan muda meilenial telah menjadi pasar dan potensi yang sangat besar untuk sektor properti kita. Di sisi lain masih terbatasnya daya beli, harga rumah di perkotaan yang sangat mahal dan terus meningkat, dan berbagai problem lainnya menjadi sektor perumahan kita memiliki potensi pasar yang besar dan tantangan yang juga besar.

“Rata-rata kalangan milenial kita penghasilannya masih sangat terbatas dan hanya mampu membeli rumah dengan bantuan program subsidi pemerintah dengan pembebasan PPN, bunga KPR disubsidi, dan masa kredit panjang hingga 20 tahun. Segmen ini yang mayoritasnya bisa dijangakau oleh milenial,” ujarnya.

Di sisi lain, kebanyakan kalangan milenial juga tidak meminati segmen rumah bersubsidi karenan lokasinya yang jauh sehingga menyulitkan mengakses ke pusat-pusat kegiatannya. Dampak lainnya, lokasi perumahan yang jauh membuat biaya transportasi membengkak dan ini juga sangat berpengaruh terhadap lifestyle maupun kualitas hidup.

Sementara itu untuk tipe hunian vertikal maupun apartemen di kawasan perkotaan selama ini belum bisa menawarkan berbagai kebutuhan maupun lifestyle untuk milenial. Ini juga menjadi tantangan bagi kalangan pengembang untuk bisa menyediakan hunian di perkotaan yang berkonsep vertikal namun bisa memenuhi kebutuhan dann lifestyle segmen ini.

Kalangan milenial dalam lima tahun terakhir terus menguat menjadi pencari produk properti melalui berbagai kanal online. Pada semester pertama tahun 2021 misalnya, komposisi para pencari rumah dari segmen milenial ini berada pada rentang 25-45 tahun kemdian terjadi pergeseran pada rentang usia 23-34 tahun.

“Segmen ataupun kelompok ini tercatat menjadi pencari produk properti secara online terbanyak dengan porsi mencapai lebih dari 30 persen. Hal ini melesat hingga tujuh kali lipat dari periode tahun 2016 hingga semester pertama 2021 sementara untuk rentang usia 18-24 tahun porsinya lebih dari 26 persen, dan 35-44 tahun lebih dari 20 persen, jadi mayoritasnya memang dari anak-anak muda,” beber Ali.

Investasi di kampung halaman bisa menjadi pilihan tepat yang menguntungkan. Lalu gimana caranya? simak videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Potensi Unit Apartemen Di Kawasan CBD Masih Oke

RumahCom – Progres proyek yang baik merupakan komitmen dan bukti nyata yang bisa dilihat konsumen dan itu sangat penting saat situasi pandemi ini. Progres proyek yang baik juga masih menghasilkan ke

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2021

Presiden Jokowi Resmikan Rusun 25 Lantai Pasar Rumput

RumahCom – Rusun Pasar Rumput telah menyelesaikan pembangunannya dan diharapkan bisa menjadi solusi untuk penataan kawasan kumuh hingga menyediakan hunian terjangkau bagi masyarakat perkotaan. Rusun

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Lockdown Justru Meningkatkan Harga Properti Di Australia 6-9 Persen

RumahCom – Sektor properti tetap akan mengalami kenaikan di tengah berbagai kendala karena pandemi Covid-19. Kota-kota besar di Australia misalnya, akan mengalami kenaikan harga 6-9 persen hingga 12

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

KPR Subsidi FLPP Dialihkan Ke Tapera, Validasi Debitur Hampir Capai 97 Persen

RumahCom – PPDPP terus melakukan persiapan untuk mengintegrasikan berbagai sistem penyaluran KPR subsidi FLPP ke BP Tapera pada akhir bulan Oktober 2021. Validasi debitur FLPP hingga saat ini telah

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

KPR Subsidi FLPP Diakses Oleh Lebih 70 Persen Kalangan Milenial

RumahCom – Kalangan milenial dan Gen Z menjadi pengakses terbesar KPR subsidi FLPP. Pemerintah juga terus mendorong generasi muda untuk mulai berinvestasi cerdas dengan membeli rumah dan akan terus

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2021

Masukan