Dialihkan Ke BP Tapera, PPDPP Pastikan Tidak Menganggu Penyaluran KPR Subsisi FLPP

September 21, 2021

RumahCom – PPDPP sebagai penyalur KPR subsidi FLPP memastikan seluruh proses penyaluran tetap berjalan baik saat pengalihan ke BP Tapera. Seluruh mekanisme maupun berbagai aplikasi yang telah diterapkan juga akan tetap berlaku dan masyarakat bisa tetap mengakses KPR FLPP pada masa transisi maupun nanti dengan BP Tapera.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengejar target untuk menghabiskan dana KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) bulan Oktober 2021 untuk selanjutnya disalurkan oleh lembaga baru Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera).

Terkait dengan pengalihan dana KPR FLPP dari PPDPP ke BP Tapera, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 111/PMK.06/2021 tentang Mekanisme Pengalihan Dana FLPP dari PPDPP kepada BP Tapera dan Penarikan Kembali Dana FLPP oleh pemerintah.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, peraturan pengalihan ini juga mencakup mekanisme pengalihan dana FLPP dari PPDPP ke BP Tapera dengan mekanisme penarikan dana FLPP oleh Pemerintah pada BP Tapera serta akuntansi dan pelaporan sehingga seluruh prosesnya bisa halus dan tidak mengganggu penyaluran yang telah berjalan.

“Kami saat ini terus mempersiapkan berbagai proses peralihan ini dengan tetap memastikan tidak mengganggu layanan penyaluran KPR FLPP untuk masyarakat karena program ini sangat diminati dan peminatnya juga terus membesar. Yang pasti, seluruh proses peralihan ini akan dipastikan tidak mengganggu pelayanan penyaluran KPR FLPP,” ujarnya.

Karena itu untuk memastikan layanan tetap berjalan, pemerintah kemudian menegaskan melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor 1187/KPTS/M/2021 tentang Pengalihan Fungsi Pengelolaan Dana FLPP pada PPDPP kepada BP Tapera.

Dalam Keputusan tersebut disebutkan, pengalihan fungsi ini diikuti dengan pengalihan sistem tata kelola, pegawai profesional, non aparatur sipil negara, dan seluruh aset utama pendukung langsung layanan FLPP berupa aset berwujud dan aset tidak berwujud (teknologi).

“Saat ini realisasi penyaluran dana FLPP per tanggal 17 September 2021 telah tersalurkan FLPP sebesar Rp15,17 triliun untuk 138.858 unit rumah atau 88,16 persen dari target tahun 2021. Realisasi penyaluran FLPP dari tahun 2010 hingga 2021 telah mencapai Rp70,76 triliun untuk 903.713 unit rumah,” imbuh Arief.

Dimana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bagaimana Implementasi UU Cipta Kerja Terhadap Aturan Kepemilikan Properti

Rumah.com – Isu terhadap kebijakan kepemilikan properti bagi warga asing di Indonesia hingga kini masih ditemui banyak ketidakselarasan di lapangan. Oleh karenanya, Rumah.com berkesempatan melakukan

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Efek Pandemi Sadarkan Masyarakat Akan Hunian Sehat

Rumah.com – Pandemi Covid-19 yang masih eksis di Tanah Air membawa banyak dampak terhadap pola pikir termasuk gaya hidup masyarakat. Diantaranya yang paling santer adalah menjaga kebersihan termasuk

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Ada Banjir Insentif Rumah Di Serpong, Apa Saja?

RumahCom – Pengembang terus memberikan berbagai kemudahan untuk memudahkan konsumen membeli rumah. Perumahan Golden Stone misalnya, menyasar khusus kalangan milenial dengan promo pembebasan biaya se

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

395 Unit Rumah Subsidi Di Papua Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Pemeritah terus mendorong program sejuta rumah salah satunya dengan program bantuan PSU. Rumah subsidi yang mendapatkan bantuan PSU menjadi lebih nyaman dengan jalan lingkungan yang baik,

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Pengembang Ini Optimistis Tingkatkan Kinerja Penjualan Dari Rumah Tapak

RumahCom – Rumah tapak telah menjadi penopang penjualan kalangan pengembang termasuk Lippo Group. Emiten properti ini telah sukses meluncurkan delapan klaster rumah tapak hingga merevisi capaian kin

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Masukan