Tidak Sembarang Bangun, Seluruh Proyek Infrastruktur Diintegrasikan Dengan Potensi Kawasan, Perumahan, Hingga Energi Terbarukan

September 22, 2021

RumahCom – Pemerintah terus mendorong berbagai proyek infrastruktur di berbagai bidang. Kementerian PUPR membangun berbagai proyek itu dengan mengintegrasikan pengembangan proyek wilayah-wilayah produktif untuk hasil yang lebih maksimal.

Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu proyek strategis yang pelaksanaannya terus digenjot oleh kementerian teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Infrastruktur juga merupakan salah satu prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024 dengan proyek infrastruktur yang terpadu untuk meningkatkan daya saing, menjamin keadilan sosial, dan memperkuat persatuan nasional.

Di sisi lain, pembangunan berbagai proyek infrastruktur tidak bisa berdiri sendiri tapi harus dikoneksikan dengan berbagai pengembangan wilayah-wilayah produktif sehingga hasilnya lebih optimal. Pengintegrasian proyek infrastruktur akan lebih maksimal bila dipadukan dengan kawasan area industri, perumahan, pariwisata, bandara, pelabuhan, dan lainnya.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pemerintah terus berupaya untuk memerhatikan berbagai aspek integrasi maupun pelestarian lingkungan untuk setiap pengembangan proyek infrastruktur. Karena itu dari mulai tahapan desain, konstruksi, operasi, hingga pemeliharaan harus menjadi perhatian utama.

“Untuk infrastuktur di bidang konektivitas misalnya, pembangunan jalan tol akan dipastikan terhubung dengan area-area produktif seperti jalan tol Trans Jawa yang dibangun untuk mendukung konektivitas area industri seperti Jababeka, Karawang, Subang, hingga Batang. Begitu juga tol Trans Sumatera yang terhubung dengan area industri dan pelabuhan,”  ujarnya.

Basuki juga menyebut contoh integrasi infrastruktur lainnya. Pembangunan 61 bendungan yang dibangun Kementerian PUPR periode 202-2024 diikuti dengan rehabilitasi 2 juta hektar sistem irigasi dan pembangunan 500 hektar sistem irigasi baru sehingga bisa meningkatkan suplai air ke sawah petani.

Kementeran PUPR juga terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan produksi energi terbarukan dari bendungan dengan pemanfataan lahan bendungan untuk panel surya dan pengembangan hydropower untuk  menghasilkan listrik. Konsep ini untuk menghadirkan listrik terbarukan dan non bahan bakar fosil.

Kembali ke bidang konektivitas, Kementerian PUPR juga tengah membangun jalan tol Semarang-Demak yang juga berfungsi sebagai tanggul laut. Nantinya jalan tol ini juga bisa menjadi solusi banjir rob yang sering terjadi di jalan nasional Semarang-Demak. Proyek infrastruktur ini ditargetkan akan selesai pada Juni 2022.

Untuk pengendalian banjir rob di wilayah Semarang, Basuki juga menyebut Kementerian PUPR akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur yang terpadu dari hulu ke hilir. Pada bagian hulu dibangun Bendungan Jatibarang, kanal banjir, normalisasi sungai, tanggul laut, stasiun pompa, kolam retensi, termasuk Bendung Gerak Kanal Banjir Barat.

Sementara itu untuk sektor perumahan juga terus ditingkatkan kualitas pemukiman dan perkotaan. Penataan kawasan di wilayah perkotaan akan terus dilakukan melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Kementerian PUPR juga kian banyak membangun green building, fasilitas pengenali banjir, ruang terbuka hijau, pengelolaan sampah, hingga peningkatan suplai air bersih dan sanitasi.

Selain itu untuk menjamin keamanan seluruh proyek infrastruktur yang dibangun, secara berkala Kementerian PUPR terus memperbaharui standar yang berkaitan dengan desain, konstruksi, operasi, dan pemeliharaan. Termasuk pengembangan peta risiko bencana gempa, mendirikan komite keamanan bendungan, komite keamanan jembatan dan terowongan jalan, komite keselamatan bangunan gedung, dan lainnya yang melibatkan para ahli di bidangnya.

“Makanya kami terus mendorong dan mengapresiasi segala bentuk inovasi dalam pembangunan infrastruktur karena bisa memberikan nilai tambah dan sentuhan humanis dalam setiap pembangunan. Dengan begitu pembangunan infratruktur yang solid akan selalu didukung dengan sentuhan elemen estetika,” pungkas Basuki.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ada Banjir Insentif Rumah Di Serpong, Apa Saja?

RumahCom – Pengembang terus memberikan berbagai kemudahan untuk memudahkan konsumen membeli rumah. Perumahan Golden Stone misalnya, menyasar khusus kalangan milenial dengan promo pembebasan biaya se

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

395 Unit Rumah Subsidi Di Papua Dapat Bantuan PSU

RumahCom – Pemeritah terus mendorong program sejuta rumah salah satunya dengan program bantuan PSU. Rumah subsidi yang mendapatkan bantuan PSU menjadi lebih nyaman dengan jalan lingkungan yang baik,

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Pengembang Ini Optimistis Tingkatkan Kinerja Penjualan Dari Rumah Tapak

RumahCom – Rumah tapak telah menjadi penopang penjualan kalangan pengembang termasuk Lippo Group. Emiten properti ini telah sukses meluncurkan delapan klaster rumah tapak hingga merevisi capaian kin

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Dialihkan Ke BP Tapera, PPDPP Pastikan Tidak Menganggu Penyaluran KPR Subsisi FLPP

RumahCom – PPDPP sebagai penyalur KPR subsidi FLPP memastikan seluruh proses penyaluran tetap berjalan baik saat pengalihan ke BP Tapera. Seluruh mekanisme maupun berbagai aplikasi yang telah ditera

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Pengembang Ini Siapkan 100 Unit Rumah Siap Huni Untuk Manfaatkan Insentif PPN

RumahCom – Pengembang terus mengoptimalkan insentif pembebasan PPN untuk mendorong penjualan rumahnya. Di perumahan H City Depok, pengembang HK Realtindo menyiapkan 100 unit rumah siap huni yang men

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Masukan