Aplikasi Pemantauan Konstruksi Rumah Subsidi Segera Diterapkan

September 22, 2021

RumahCom – PPDPP akan menerapkan aplikasi  pemantauan konstruksi (SiPetruk) dengan menentukan proyek percontohan. Aplikasi ini untuk memastikan rumah subsidi yang dibangun kalangan pengembang telah memenuhi syarat dan nantinya aplikasi ini akan dilanjutkan oleh BP Tapera yang akan menyalurkan KPR subsidi FLPP.

Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) yang dikembangkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memasuki tahap uji coba oleh pengembang perumahan. Aplikasi berbasis Android yang bisa disematkan dalam ponsel pintar ini akan memulai proyek percontohan pada bulan Oktober mendatang.

Hal ini sesuai dengan target penyaluran KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang akan diselesaikan pada bulan Oktober dan dialihkan ke Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera). Aplikasi SiPetruk ini bertujuan untuk memastikan hunian yang dibangun pengembang telah sesuai dengan ketentuan pemerintah dan ini menjadi syarat wajib bagi pengembang untuk bisa memasukan listing produk rumahnya ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang).

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, PPDPP akan segera menentukan lokasi perumahan yang akan menjadi proyek percontohan dari usulan yang disampaikan para asosiasi pengembang yang aktif di dalam aplikasi SiKumbang. Saat ini ada lima asosiasi yaitu REI, Apersi, Himperra, Apernas. Asprumnas, dan Perum Perumnas.

“SiPetruk bukan tugas tambahan bagi pengembang tapi ini wujud pelaksanaan dari perbaikan tata kelola bantuan pembiayaan rumah subsidi dengan memanfaatkan teknologi. Justru ini akan membantu para pengembang dalam memantau proyek perumahan yang dibangun oleh kontraktor di lapangan dan kami akan menyiapkan desk bagi para pengembang sehingga nanti progres pembangunan di lapangan juga bisa dipantau,” ujarnya.

Penerapan proyek percontohan untuk aplikasi SiPetruk ini juga membutuhkan peran serta dan dukungan dari para asosiasi pengembang. Hal ini dikarenakan dalam proses kerjanya, SiPetruk menggunakan artificial inteligent (AI) yang menerapkan teknologi recognize object sehingga membutuhkan database dokumentasi konstruksi di lapangan.

Database ini akan menjadi panduan AI SiPetruk dalam mengidentifikasi  foto yang diajukan sehingga hal ini juga bisa mengakomodir para pengembang yang menerapkan kearifan lokal dalam membangun rumahnya. Unsur kearifan lokal bisa diterapkan karena kondisi tiap daerah di Indonesia berbeda-beda.

Nantinya Manajemen Konstruksi (MK) yang bertugas memantau pembangunan rumah di lapangan akan mengunggah foto sesuai isian yang diminta oleh aplikasi SiPetruk. Apabila ada masalah jaringan, SiPetruk tetap dapat dioperasikann sepanjang ponsel mengaktifkan global positioning system (GPS). Tahap awal ini isian SiPetruk yang harus dipenuhi baru 30 isian dengan memprioritaskan aspek keselamatan dan kesehatan.

“Nantinya output dari penerapan SiPetruk ini adalah sertifikat laik fungsi (SLF) yang nantinya untuk menjadi rujukan bagi bank pelaksana untuk memutuskan memberikan pembiayaan atau tidak. Ini juga akan ditindaklanjuti pada sistem informasi manajemen bangunan gedung (SIMBG) Kementerian PUPR yang saat ini menjadi hal wajib bagi setiap pengembang,” imbuh Arief.

Jangan tergiur promosi rumah yang menarik hati, pahami properti ketika membaca brosurnya. Selengkapnya simak video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dialihkan Ke BP Tapera, PPDPP Pastikan Tidak Menganggu Penyaluran KPR Subsisi FLPP

RumahCom – PPDPP sebagai penyalur KPR subsidi FLPP memastikan seluruh proses penyaluran tetap berjalan baik saat pengalihan ke BP Tapera. Seluruh mekanisme maupun berbagai aplikasi yang telah ditera

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Pengembang Ini Siapkan 100 Unit Rumah Siap Huni Untuk Manfaatkan Insentif PPN

RumahCom – Pengembang terus mengoptimalkan insentif pembebasan PPN untuk mendorong penjualan rumahnya. Di perumahan H City Depok, pengembang HK Realtindo menyiapkan 100 unit rumah siap huni yang men

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2021

Tidak Sembarang Bangun, Seluruh Proyek Infrastruktur Diintegrasikan Dengan Potensi Kawasan, Perumahan, Hingga Energi Terbarukan

RumahCom – Pemerintah terus mendorong berbagai proyek infrastruktur di berbagai bidang. Kementerian PUPR membangun berbagai proyek itu dengan mengintegrasikan pengembangan proyek wilayah-wilayah pro

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Ragam KPR Syariah, Lunas Langsung Naik Haji Hingga Cicilan Suka-Suka

RumahCom – Skema KPR syariah semakin menarik dengan program yang variatif seperti yang ditawarkan Bank BSI. Ada produk KPR yang setelah lunas nasabah bisa langsung berangkat haji hingga pembiayaan u

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Perumahan Di Karawang Pasarkan Rumah Hingga Serah Terima Hanya 11 Bulan

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan komitmen terkait proyeknya dengan menunjukan progres yang baik. Perumahan Rolling Hills Karawang misalnya, diluncurkan saat situasi pandemi dan berhas

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Masukan