Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk ASN Kemenkumham Bali

September 23, 2021

RumahCom – Hunian vertikal bisa menjadi solusi fasliitas hunian karena bisa memaksimalkan lahan yang sempit untuk sarana hunian. Kementerian PUPR membangun Rusun untuk ASN Kantor Imigrasi Kemenkumham di Provinsi Bali, para ASN bisa menyewa dengan murah sambil terus menabung untuk nanti bisa membeli rumah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bekerja sama untuk menyediakan hunian berupa rumah susun (Rusun). Fasilitas Rusun ini diperuntukan bagi pegawai Kantor Imigrasi di Provinsi Bali sehingga bisa meningkatkan semangat kerja para pegawai dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. 

Pembangunan Rusun ini juga untuk memaksimalkan penggunaan lahan di Pulau Dewata tersebut yang dimiliki oleh Kemenkumham. Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid, Rusun untuk para pegawai Kantor Imigrasi ini dibangun sejak tahun 2017 lalu.

“Sekarang fasilitas ini sudah dihuni dan menjadi alternatif hunian bagi pegawai Kemenkumhan dengan membayar uang sewa yang sangat terjangkau.  Rusun sewa Kantor Imigrasi Kelas I ini bisa terwujud karena kerja sama yang baik antara Kementerian PUPR dan Kemenkumham,” ujarnya.

Dengan kolaborasi antar dua kementerian seperti ini bisa dihadirkan solusi untuk sarana hunian bagi pegawai ataupun aparatur sipil negara (ASN). Selama ini masih banyak ASN yang masih kesulitan terkait fasilitas huniannya dan dengan adanya fasilitas Rusun sewa ini kalangan ASN Kemenkumham bisa bekerja dengan lebih tenang dan diharapkan bisa terus meningkatkan kinerja dan produktivitasnya.

Kementerian PUPR sendiri terus menggalang sinergitas seperti ini khususnya antar kementerian untuk memperbanyak fasilitas hunian bagi ASN di berbagai daerah. Konsep Rusun sewa juga sangat tepat karena bisa memaksimalkan aset lahan milik kementerian dan menjadi alternatif bagi kalangan ASN sebelum bisa membeli rumahnya sendiri.

Khalawi menjelaskan, salah satu target pembangunan Rusun sewa seperti ini supaya para ASN yang belum memiliki hunian bisa mendapatkan sarana hunian dengan biaya terjangkau dan di sisi lain harus terus meningkatkan tabungannya supaya bisa membeli rumah.

“Masih sangat banyak ASN yang belum memiliki rumah, makanya kami terus  mendorong kementerian, lembaga, maupun instansi lain untuk terus mendorong pembangunan hunian vertikal di wilayahnya. Silahkan juga mengajukan proyek Rusun melalui aplikasi sistem informasi bantuan perumahan (Sibaru) untuk masuk list yang akan kami pertimbangkan,” jelasnya.

Kepala Satuan Penyediaan Perumahan Provinsi Bali Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa IV, I Wayan Suardana mengatakan, Rusun ASN Kantor Imigrasi Kelas I Provinsi Bali ini berlokasi di Jalan Pulau Nias, Kelurahan Dauh Puri  Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Kota Denpasar.

“Rusun yang dibangun oleh Kementerian PUPR ini memiliki ketinggian tiga lantai yang mencakup 47 unit hunian. Bangunannya juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti furnitur, air, listrik, dan berbagai sarana lainnya untuk  kenyamanan seluruh penghuni,” imbuhnya.

Sebelum membeli tanah, sebaiknya Anda cek dulu legalitas atau keabsahan tanah tersebut. Caranya? simak penjelasan di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ragam KPR Syariah, Lunas Langsung Naik Haji Hingga Cicilan Suka-Suka

RumahCom – Skema KPR syariah semakin menarik dengan program yang variatif seperti yang ditawarkan Bank BSI. Ada produk KPR yang setelah lunas nasabah bisa langsung berangkat haji hingga pembiayaan u

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Perumahan Di Karawang Pasarkan Rumah Hingga Serah Terima Hanya 11 Bulan

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan komitmen terkait proyeknya dengan menunjukan progres yang baik. Perumahan Rolling Hills Karawang misalnya, diluncurkan saat situasi pandemi dan berhas

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Aplikasi Pemantauan Konstruksi Rumah Subsidi Segera Diterapkan

RumahCom – PPDPP akan menerapkan aplikasi  pemantauan konstruksi (SiPetruk) dengan menentukan proyek percontohan. Aplikasi ini untuk memastikan rumah subsidi yang dibangun kalangan pengembang telah

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Dana Triliunan Untuk Infrastruktur Pemukiman, Apa Saja Yang Dibangun?

RumahCom – Pemerintah telah mengalokasi dana triliunan rupiah sebagai modal kerja untuk Kementerian PUPR membangun berbagai sarana infrastruktur pemukiman. Berbagai proyek infrastruktur yang dibangu

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Bisa Dilirik Milenial Nih, Rumah Sehat Di Legok Mulai Rp300 Juta

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan hunian yang mengusung konsep desain dan kawasan yang sehat. Pengembang GNA Group untuk proyek yang kesekian kalinya menawarkan rumah tapak di Legok, Tangeran

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Masukan