Milenial Pencari Properti Secara Online Meningkat Pesat

September 23, 2021

RumahCom – Teknologi telah memudahkan pemasaran properti sehingga masyarakat yang mencari informasi juga dimudahkan untuk mendapatkan informasi awal terkait perumahan yang diinginkannya. Pencarian hingga pemesanan rumah dari online ini juga meningkat pesat khususnya dari kalangan milenial.

Kalangan milenial telah menjadi pasar utama yang mencari  produk properti secara online. Hal ini tidak aneh karena milenial yang cenderung serba praktis dan simpel sudah sangat tech minded sehingga konsep online yang saat ini banyak ditawarkan cukup sukses merangsang kalangan ini untuk lebih aware dengan kebutuhan huniannya ketimbang memenuhi lifestyle yang cenderung boros.

Gelaran expo properti virtual yang diselenggarakan perusahaan BUMN PT Sarana Multigriya Finansial (Persero/SMF) misalnya, telah sukses menarik perhatian dari segmen milenial hingga melakukan pemesanan produk properti mencapai 1.175 unit hanya dalam satu bulan penyelenggaraan expo bertajuk ‘Jangan Tunda Punya Rumah di Masa Pandemi’ itu.

Selama satu bulan penyelenggaraan expo sejak 18 Agustus hingga 19 September 2021 itu juga telah menyedot lebih dari 25 ribu pengunjung dengan rata-rata kunjungan per hari mencapai 840 orang dari seluruh Indonesia. SMF juga menggandeng 75 perusahaan developer yang menampilkan ratusan perumahan dari Sabang hingga Merauke dan 12 bank penyalur KPR.

Bukti lain kalau expo online seperti ini diminati oleh milenial, sebanyak 33,5 persen pengunjung dari kalangan usia 25-34 tahun disusul usia 18-24 tahun yang disebut generasi Z sebanyak 27,5 persen. Sisanya baru dari kalangan yang lebih matang yaitu rentang usia 45-65 tahun.

Menurut Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo, dari jumlah kunjungan ini terjadi peningkatan hingga empat kali lipat dari kegiatan serupa yang digelar tahun sebelumnya. Sementara dari sisi yang mengajukan booking sebanyak 1.175 unit rumah dan jika ini terealisasi menjadi pembelian maka total transaksinya mencapai hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 400 transaksi.

“Dari capaian ini bisa kita simpulkan kalau milenial tengah mendominasi pasar dan ini juga menunjukan meningkatnya antusiasme masyarakat sehingga menunjukan optimisme kendati kondisinya masih dalam situasi pandemi. Masyarakat yang mencari rumah dari kalangan anak muda sangat besar dan ini tentunya menjadi tren positif yang harus kita optimalkan,” ujarnya.

Tren positif dari kesadaran anak muda untuk memenuhi sarana huniannya harus dijadikan momentum seluruh stakeholder memaksimalkan penjualan unit rumahnya. Ini juga menjadi potential market di tengah bonus demografi dari kalangan anak muda yang menjadi pasar utama di Indonesia.

Peningkatan penjualan produk properti dari segmen anak muda ini juga harus dioptimalkan untuk terus memberikan multiplayer effect yang besar sehingga meningkatkan perekonomian nasional melalui penyerapan tenaga kerja dan bergeraknya berbagai industri di bawah properti.

“Di masa yang akan datang kami masih akan melanjutkan kegiatan expo seperti ini dan untuk itu kami meminta kepada seluruh stakeholder khususnya kalangan pengembang dan perbankan untuk terus mempererat sinergi dengan menciptakan berbagai inovasi produk dan skema pembiayaan yang menarik. Ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan hunian dengan cara yang lebih mudah,” beber Ananta.

Banyak lika liku yang dihadapi saat membeli rumah namun tetap bisa terwujudkan. Simak cerita para pencari rumah di video singkat berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perumahan Di Karawang Pasarkan Rumah Hingga Serah Terima Hanya 11 Bulan

RumahCom – Kalangan pengembang terus menunjukan komitmen terkait proyeknya dengan menunjukan progres yang baik. Perumahan Rolling Hills Karawang misalnya, diluncurkan saat situasi pandemi dan berhas

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Aplikasi Pemantauan Konstruksi Rumah Subsidi Segera Diterapkan

RumahCom – PPDPP akan menerapkan aplikasi  pemantauan konstruksi (SiPetruk) dengan menentukan proyek percontohan. Aplikasi ini untuk memastikan rumah subsidi yang dibangun kalangan pengembang telah

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2021

Dana Triliunan Untuk Infrastruktur Pemukiman, Apa Saja Yang Dibangun?

RumahCom – Pemerintah telah mengalokasi dana triliunan rupiah sebagai modal kerja untuk Kementerian PUPR membangun berbagai sarana infrastruktur pemukiman. Berbagai proyek infrastruktur yang dibangu

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Bisa Dilirik Milenial Nih, Rumah Sehat Di Legok Mulai Rp300 Juta

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan hunian yang mengusung konsep desain dan kawasan yang sehat. Pengembang GNA Group untuk proyek yang kesekian kalinya menawarkan rumah tapak di Legok, Tangeran

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk ASN Kemenkumham Bali

RumahCom – Hunian vertikal bisa menjadi solusi fasliitas hunian karena bisa memaksimalkan lahan yang sempit untuk sarana hunian. Kementerian PUPR membangun Rusun untuk ASN Kantor Imigrasi Kemenkumha

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Masukan