Program Bedah Rumah Perbaiki 500 Rumah Di Bali

September 24, 2021

RumahCom – Program bedah rumah terus dikerjakan ke berbagai wilayah dan kali ini dilaksanakan di desa-desa di tujuh kabupaten Provinsi Bali. 500 unit rumah yang tadinya tidak layak dibedah dengan dana stimulan Rp20 juta sehingga menjadi lebih sehat dan layak huni.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong program penataan rumah tidak layak huni (RTLH) menjadi lebih sehat dan layak huni. Program pengentasan RTLH atau kerap disebut program bedah rumah ini dilaksanakan di banyak wilayah Indonesia untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kali ini program bedah rumah dilaksanakan di tujuh kabupaten di Provinsi Bali yang merupakan kawasan wisata. Program bedah rumah dilaksanakan melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian PUPR dengan total anggaran mencapai Rp10 miliar.

“Program BSPS ini merupakan salah satu program Kementerian PUPR yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat karena tempat tinggal yang tadinya tidak layak huni begitu tersentuh dengan program ini menjadi lebih baik dan layak huni,” ujar Khalawi Abdul Hamid, Dirjen Perumahan Kementerian PUPR.

Rumah layak huni merupakan kebutuhan dasar masyarakat seperti juga sandang dan pangan. Terlebih di  masa pandemi Covid-19, kebutuhan sebuah sarana hunian yang sehat mutlak diperlukan untuk menghindari kita dari terpapar virus. Hunian yang layak dan nyaman juga dibutuhkan karena kita lebih banyak berkegiatan dari rumah.

Program BSPS merupakan bantuan yang sifatnya stimulan yang diberikan kepada masyarakat. Dengan bantuan stimulan ini bisa mendorong masyarakat melakukan perbaikan rumahnya secara bergotong royong. Jumlah bantuannya sendiri tidak terlalu besar, sekitar Rp20 juta per unit rumah dengan perincian Rp17,5 juta untuk biaya pembelian bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk biaya upah tukang.

Adapun ketujuh wilayah di Provinsi Bali yang mendapatkan program ini jumlahnya mencapai 500 unit rumah. Lokasinya tersebar di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Bangli, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Krangasem masing-masing 70 unit dan Kabupaten Gianyar 75 unit.

Ni Ketut Nasa, salah satu penerima program bedah rumah dari Desa Tajen di Kabupaten Tabanan mengatakan, dirinya mendapatkan bantuan program BSPS sebesar Rp20 juta ditambah dengan dana tabungan sendiri sebesar Rp19 juta untuk membuat rumahnya menjadi lebih layak huni.

“Saya merasa senang dan gembira sekarang rumah saya sudah bagus dan jauh lebih nyaman dibandingkan yang dulu. Tentunya saya sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR dengan adanya program seperti ini sehingga rumah saya bisa diperbaiki dengan cepat,” katanya.

Sudah mantap beli apartemen? sebelum itu penting untuk mengetahui biaya-biaya yang harus disiapkan berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kementerian PUPR Bangun Rusun Untuk ASN Kemenkumham Bali

RumahCom – Hunian vertikal bisa menjadi solusi fasliitas hunian karena bisa memaksimalkan lahan yang sempit untuk sarana hunian. Kementerian PUPR membangun Rusun untuk ASN Kantor Imigrasi Kemenkumha

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Milenial Pencari Properti Secara Online Meningkat Pesat

RumahCom – Teknologi telah memudahkan pemasaran properti sehingga masyarakat yang mencari informasi juga dimudahkan untuk mendapatkan informasi awal terkait perumahan yang diinginkannya. Pencarian h

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Sektor Real Estat Bisa Jadi Pionir Untuk Perbaikan Perubahan Iklim

RumahCom – Pesatnya pembangunan dan aktivitas manusia yang boros energi telah mempercepat kerusakan global khususnya yang terkait emisi dan perubahan iklim. Sektor real estat bisa menjadi panglima u

Lanjutkan membacaSeptember 23, 2021

Ada Tawaran Suku Bunga 4,75 Persen Dan Berbagai Kemudahan Lain Di Rumah.com & REI Property Expo

RumahCom – Ada banyak kesempatan untuk bisa membeli rumah dengan banyak kemudahan. Ajang expo virtual yang diselenggarakan Rumah.com bisa dimaksimalkan untuk itu karena ada banyak tawaran kemudahan

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2021

Studio Landed Home Di Bawah Rp200 Juta, Seperti Apa?

RumahCom – Pengembang menawarkan konsep rumah tumbuh sehingga bisa memasarkan produknya dengan harga yang lebih terjangkau. Rumah tumbuh di township Modernland Cilejit dipasarkan dengan tipe satu ka

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2021

Masukan