Fitur Aplikasi Teknologi Ini Bikin Layanan Pertanahan Jadi Lebih Mudah

September 27, 2021

RumahCom – Kementerian ATR/BPN meluncurkan layanan Loketku untuk kemudahan masyarakat terkait pelayanan pertanahan. Fitur ini semakin melengkapi layanan elektronik yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu zona nilai tanah, pengecekan sertifikat, surat keterangan pendaftaran tanah, dan lainnya.

Inovasi untuk pelayanan yang lebih baik terus  diwujudkan oleh Kementerian Agraria  dan Tata Ruang (ATR/BPN) khususnya melalui layanan digital. Hal ini untuk memberikan kemudahan pelayanan secara mandiri kepada  mmasyarakat dan untuk itu Kementerian ATR/BPN meluncurkann fitur Loketku dan aplikasi Layanan Informasi Publik.                               

Menurut Menteri ATR/BPN Sofyan Abdul Djalil, berbagai inovasi dan kemudahan pelayanan akan terus dihadirkan khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital yang juga merupakan bagian dari transparansi yang terus dihadirkan. Hal ini juga untuk terus memperbaiki layanan dan menambah segala sesuatu yang kurang sehingga kualitas layanan bisa terus membaik.

“Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak khususnya yang telah berhasil mewujudkan layanan Loketku dan Aplikasi Layanan Informasi Publik ini. Dengan layanan Loketku ini di kantor-kantor pertanahan tidak perlu lagi ada orang yang antre,” ujarnya.

Terkait Layanan Informasi Publik, menurut Sofyan, hal ini juga sangat penting terkait penerapan UU No. 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang mewajibkan badan publik berkomunikasi dengan masyarakat untuk menjelaskan berbagai program maupun informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Saya pikir sudah menjadi tugas kita semua untuk melayani secara profesional untuk menuju kantor pertanahan yang profesional, terus meningkatkan pelayanan, dan terpercaya. Terpercaya ini yang menjadi tantangan dan komitmen kita bersama dan sekali lagi saya mengapresiasi untuk program ini yang membuat pelayanan kita lebih baik,” imbuhnya.

Staf Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Teknologi Informasi Virgo Eresta Jaya menambahkan, adanya layanan Loketku ini didasari dari keluhan masyarakat yang bolak-balik datang ke kantor pertanahan sehingga prosesnya begitu panjang. Inovasi Loketku ini untuk memperbaiki  itu sehingga dan ini terus dieskalasi secara nasional.

“Masyarakat bisa langsung mendaftar dan mengunggah secara elektronik berkasnya melalui layanan Loketku di aplikasi Sentuh Tanahku. Akan ada kolom chat interaktif antara masyarakat dengan petugas loket hingga proses ini tuntas dan terverifikasi. Ada juga fitur  antrian online sehingga masyarakat juga bisa lebih terpantau dan efisien. Saat ini layanan sudah bisa dinikmati di 96 kabupaten dan kota,” jelasnya.

Dengan layanan ini masyarakat tidak perlu datang ke kantor pertanahan tapi cukup mengajukan pertanyaan melalui laman resmi Kementerian ATR/BPN dan hasilnya akan dikirim secara elektronik. Konsep ini membuat lembaga yang tadinya fokus pada pencatatan menjadi pengumpul dan pendaftaran data sehingga menjadi lembaga yang kuat dalam mengelola informasi.

Dengan aplikasi baru ini masyarakat akan lebih mudah mencari informasi maupun mendaftarkan tanahnya. Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN juga telah meluncurkan empat layanan digital yaitu zona nilai tanah, pengecekan sertifikat, hak tanggungan elektronik, dan surat keterangan pendaftaran tanah.

Kota mandiri memang dibangun untuk jangka panjang, tetapi berpotensi baik untuk diinvestasikan kemudian. Simak jurus investasinya di video berikut ini, ya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Program Bedah Rumah Perbaiki 500 Rumah Di Bali

RumahCom – Program bedah rumah terus dikerjakan ke berbagai wilayah dan kali ini dilaksanakan di desa-desa di tujuh kabupaten Provinsi Bali. 500 unit rumah yang tadinya tidak layak dibedah dengan da

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2021

Bisnis Properti Mulai Pulih Akan Mengurangi Berbagai Kemudahan, Makanya Segera Beli

RumahCom – Berbagai kemudahan dan stimulus yang diberikan pemerintah harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membeli properti. Seiring waktu, stimulus yang saat ini telah berjalan telah mendorong k

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2021

Pandemi Masih Mendorong Perubahan, Konsep Rumah Masih Akan Terus Berkembang

RumahCom – Berbagai perubahan maupun kenormalan baru masih akan terus berkembang dan hal ini harus bisa dijawab dengan produk properti yang tepat khususnya untuk menyasar segmen milenial. Fungsi rum

Lanjutkan membacaSeptember 24, 2021

PropertyGuru Asia Real Estate Summit Luncurkan Digital White Paper Pertama, Bahas Masalah Pembangunan Secara Bertanggung Jawab

Rumah.com - Para jagoan iklim dan lingkungan bersatu dan membahas bagaimana sektor properti di Asia Pasifik dapat membantu mengatasi krisis lingkungan dan mendorong kehidupan yang berkelanjutan.Sejak

Lanjutkan membacaSeptember 27, 2021

Empat Perumahan Ini Melakukan Akad Kredit Drive Thru

RumahCom – Akad kredit dari kendaraan atau drive thru cukup efektif dilakukan saat pandemi Covid-19. Perum Perumnas melakukan akad kredit masal untuk empat perumahan secara drive thru sehingga bisa

Lanjutkan membacaSeptember 27, 2021

Masukan