DPR Tekankan Sinergitas Stakeholder Perumahan Untuk Mudahkan Milenial Punya Rumah

Wahyu Ardiyanto19 Jan 2022

RumahCom – Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menyoroti khusus berbagai kendala aksesibilitas masyarakat kepada perumahan. Dengan sedikitnya anggaran dibutuhkan sinergitas dari seluruh stakeholder untuk terus meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap perumahan.

Sektor perumahan merupakan kebutuhan pokok yang merupakan salah satu amanat undang-undang dasar (UUD) 1945. Karena itu menjadi kewajiban negara untuk memberikan akses yang besar terhadap pembiayaan maupun kepemilikan hunian bagi seluruh masyarakat. 

Terkait pemenuhan akses terhadap hunian yang layak ini juga menjadi perhatian legislatif di Senayan. Menurut Wakil Ketua DPR A. Muhaimin Iskandar, akse kepemilikan rumah bagi masyarakat khususnya segmen milenial harus terus dipermudah dan karena itu harus menjadi perhatian seluruh stakeholder.

“Ini merupakan kebutuhan pokok dan demografi kita sangat besar di segmen milenial. Untuk itu negara dan seluruh stakeholder seperti dunia perbankan, Perum Perumnas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) harus saling bersinergi untuk terus meningkatkan aksesibilitas pengadaan rumah layak huni bagi masyarakat,” katanya.

Pentingnya sektor perumahan ini akan didukung penuh oleh DPR salah satunya dengan alokasi penganggaran. Muhaimin menyatakan, negara harus memprioritaskan program perumahan dan itu salah satunya dengan mengalokasikan anggaran yang cukup sehingga bisa dikeluarkan program keringanan pinjaman maupun berbagai kemudahan lain bagi masyarakat mengakses fasilitas huniannya.

DPR sendiri akan siap membantu dengan kebijakan penganggaran untuk pengadaan perumahan bagi rakyat. Program depe nol persen misalnya, bisa menjadi satu sulusi untuk terus meningkatkan aksesibilitas selain akses pinjaman perbankan yang mudah juga harus terus ditingkatkan.

Kementerian PUPR juga harus bisa mengorkestrasi berbagai stakeholder perumahan khususnya pihak perbankan sehingga bisa terus dikembangkan berbagai skema pembiayaan yang murah dan terjangkau. Hal ini untuk terus meningkatkan akses kepemilikan perumahan bagi kalangan milenial.

Berbagai riset dan laporan telah memaparkan kalau kalangan milenial kian terancam menjadi kelompok yang tidak bisa mengakses perumahan. Beberapa hal yang memunculkan potensi ini yaitu lahan yang kian terbatas dan tingkat penghasilan yang tidak memadai bila dikaitkan dengan peningkatan harga rumahnya.

“Hal ini harus jadi perhatian kita bersama dan khususnya pemerintah, Kementerian PUPR, perbankan, Perumnas, itu harus bahu membahu memberikan kemudahan khususnya untuk terus memperbesar akses milenial terhadap perumahan yang layak huni. Kita tahu anggaran sangat terbatas dan untuk itu dibutuhkan sinergitas kita semua,” pungkasnya.

Masih bingung perbedaan antara SHM dan HGB dalam properti? Simak informasi selengkapnya di videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pandemi Bikin Segmen Penjualan Rumah Bergeser

RumahCom – Rumah tapak menjadi produk yang paling banyak dibeli saat pandemi. IPW mencatat, periode tahun 2021, nilai penjualan untuk segmen rumah tapak menurun di sisi lain unit rumah yang terjual

Lanjutkan membaca18 Jan 2022

Program Sejuta Rumah Tercapai 1.105.707 Unit

RumahCom – Kementerian PUPPR kembali merilis capaian program sejuta rumah pada tahun 2021 yang tercapai hingga lebih dari 1,1 juta unit. Program sejuta rumah diluncurkan sejak tahun 2015 untuk terus

Lanjutkan membaca18 Jan 2022

Penyaluran KPR Subsidi Diyakini Bakal Lebih Besar Tahun Ini

RumahCom – Bank BTN kembali melakukan akad kredit masal untuk 6.000 debitur KPR sejahtera pada awal tahun ini. Hal ini menjadi pendorong dan keyakinan kalau KPR subsidi FLPP akan kembali bisa disalu

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Ada Bendungan Ini, Bandung Nggak Banjir Lagi

RumahCom – Berbagai proyek infrastruktur khususnya untuk pengendali banjir juga terus dilakukan. Kementerian PUPR telah membangun berbagai infrastruktur pengendali banjir untuk wilayah Bandung seper

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Apartemen Ini Memberikan Garansi 100 Persen Plus Bunga, Seperti Apa?

RumahCom – Pandemi Covid-19 yang membuat perekonomian bergejolak membuat kalangan pengembang memberikan garansi untuk keamanan dan kenyamanan konsumen terhadap produk yang dibelinya. Apartemen B Res

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Masukan