DPR Setuju Ibukota Pindah, Tapi……….

Wahyu Ardiyanto21 Jan 2022

RumahCom – Pemindahan ibukota baru dari Jakarta ke wilayah Kalimantan Timur telah mendapatkan persetujuan dari DPR. Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel mengingatkan pemindahan ibukota ini harus memberikan dampak yang besar khususnya pemerataan perekonomian yang selama ini terlalu condong di Jakarta dan wilayah Jawa.

Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mendukung penuh pembangunan Ibukota Negara (IKN) yang sudah ditetapkan di Kalimantan Timur dan akan dinamakan Nusantara. Rachmat menyebut pemindahan IKN ini juga harus menjadi upaya untuk menggerakkan dan pemerataan perekonomian dalam negeri. Ia juga mengingatkan jangan sampai dana APBN yang besar justru hanya akan dinikmati orang asing ataupun segelintir kalangan.

“Ada tiga hal penting dari pembangunan IKN ini dan harus dipastikan dampak maupun manfaatnya sebesar-besarnya dirasakan oleh masyarakat, khususnya untuk kemajuan dan pemerataan ekonomi. IKN baru ini juga harus bisa terus meningkatkan perbaikan kehidupan sosial dan lingkungan hidup,” katanya.

Beberappa hal juga dirinci oleh Rachmat terkait hal teknis pembangunan IKN. Pembangunan IKN tentunya akan berpotensi memberikan dampak yang positif khususnya untuk kawasan Indonesia bagian timur yang selama ini seperti tersisihkan. Wilayah Indonesia timur selama ini paling tertinggal di segala lini seperti pendidikan, infrastruktur, kualitas sumberdaya manusia, dan juga dalam bidang ekonomi.

Saat ini lima wilayah termiskin Indonesia ada di Indonesia timur yaitu secara berurutan adalah Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Gorontalo. Dengan perpindahan ibukota ini diharapkan bisa memperbaiki keadaan dengan lebih cepat khususnya untuk masyarakat yang berada di kawasan timur ini.

Selain itu soal lokasi ibukota baru yang berada di tengah-tengah wilayah Indonesia juga akan memberikan beberapa keuntungan. Faktor kedekatan ini berpotensi bisa memperbaiki mobilisasi penduduk hingga distribusi barang dan jasa. Nantinya berbagai program pembangunan juga akan bisa menggerakkan tenaga kerja maupun bahan material dari seluruh wilayah dengan lebih merata.

Perpindahan ibukota ini diharapkan bisa memperbaiki ketimpangan ekonomi dan ketimpangan wilayah yang selama ini lebih dinikmati di wilayah barat. Dengan perpindahan ibukota baru ini juga diharapkan terjadi redistribusi yang selama ini begitu sulit dilakukan sehingga ke depan kitab isa lebih optimistis terkait akselerasi pembangunan dan kemajuan di Indonesia.

Rachmat juga menyoroti beban sosial dan lingkungan hidup di Jakarta maupun

Pulau Jawa secara umum juga sudah terlalu berat. Masalah kriminalitas, pencemaran lingkungan, dan kerusakan alam yang sudah demikian berat di Jakarta dan Jawa dengan memindahkan ibukota diharapkan distribusi penduduk juga lebih merata dan bisa mengurangi beban sosial maupun lingkungan.

“Hal lainnya yang juga penting, pembangunan ibukota baru ini tentunya akan memakan biaya besar dan itu kesempatan untuk menggairahkan investasi serta industri dalam negeri. Berbagai material bahan bangunan seperti semen, besi, cat, peralatan elektronik itu harus menggunakan produk dalam negeri,” pungkasnya.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

DPR Tekankan Sinergitas Stakeholder Perumahan Untuk Mudahkan Milenial Punya Rumah

RumahCom – Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar menyoroti khusus berbagai kendala aksesibilitas masyarakat kepada perumahan. Dengan sedikitnya anggaran dibutuhkan sinergitas dari seluruh stakeholder un

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Lebih 1.000 Debitur KPR Subsidi Lakukan Akad Kredit Serentak

RumahCom – Bank BRI melakukan akad kredit masal untuk KPR subsidi FLPP yang dilakukan serentak di 17 kantor cabangnya di seluruh Indonesia. KPR FLPP merupakan pembiayaan perumahan bagi MBR yang pasa

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Tak Lagi Jadi Ibukota, Begini Nasib Jakarta

RumahCom – DKI Jakarta tidak lagi menjadi ibukota negara dengan akan dipindahkannya ke Kalimantan Timur dengan nama baru yaitu Nusantara. Jakarta sendiri akan tetap mendapatkan status kekhususan dan

Lanjutkan membaca19 Jan 2022

Bank BUMN Ini Nyatakan Komitmen Untuk Salurkan KPR Subsidi Sebanyak 100 Ribu

RumahCom – Kalangan perbankan terus menunjukan optimismenya terkait penyaluran KPR sejahtera FLPP. Bank BRI menjadi bank yang berkomitmen untuk terus meningkatkan penyaluran KPR FLPP hingga 100 ribu

Lanjutkan membaca21 Jan 2022

Kolaborasi Dua Perusahaan BUMN Untuk Tingkatkan Kinerja Bisnis Propertinya

RumahCom – Dua perusahaan BUMN Waskita Karya dan Danareksa berkolaborasi dengan program monetisasi aset kedua perusahaan untuk ditawarkan kepada investor. Hasil dari monetisasi ini akan digunakan un

Lanjutkan membaca21 Jan 2022

Masukan