Lelang Dini Sudah Dilakukan, Kementerian PUPR Laksanakan Banyak Pekerjaan Infrastruktur Awal Tahun 2022

Wahyu Ardiyanto25 Jan 2022

RumahCom – Kementerian PUPR telah melakukan lelang dini untuk berbagai kontrak pekerjaan hingga senilai Rp17,5 triliun untuk 838 paket pekerjaan. Hal ini membuat ada banyak proyek yang bisa langsung dikerjakan pada periode awal tahun ini sehingga bisa mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

Sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, Kementerian PUPR melaksanakan penandatanganan kontrak paket tender atau seleksi dini tahun anggaran (TA) 2022. Total anggaran yang dikelola Kementerian PUPR TA 2022 ini mencapai Rp100,6 triliun dan sejak bulan Oktober 2021 lalu telah dilaksanakan tender atau seleksi dini sejumlah 2.092 paket dengan nilai pagu sebesar Rp35,1 triliun.

“Hingga saat ini Kementerian PUPR telah menyelesaikan 838 paket senilai Rp17,5 triliun dengan rincian 43 paket pekerjaan dengan nilai Rp220 miliar telah terkontrak pada akhir bulan Desember 2020 dan 795 paket pekerjaan dengan nilai Rp17,36 triliun telah selesai proses tender atau seleksi dan siap dilakukan penandatanganan,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sementara itu untuk rencana penyelesaian terhadap sisa paket tender atau seleksi dini TA 2022 yang sedang berjalan, akan diselesaikan sebanyak 671 paket senilai Rp10,68 triliun. Nanti pada akhir Januari 2022 masih ada 583 paket senilai Rp6,91 triliun dan ada lagi paket pekerjaan hingga akhir Februari 2022. Dengan jumlah paket pekerjaan yang sudah dilakukan lelang dini ini Basuki menyebut penyerapan anggaran hingga akhir Januari 2022 akan mencapai Rp7,34 triliun atau 7,30 persen dari total anggaran.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menambahkan, dengan dilaksanakannya proses lelang dini paket pekerjaan ini akan mendukung upaya peningkatan ekonomi nasional melalui optimalisasi belanja APBN khususnya pada kuartal pertama tahun 2022.

“Untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen maka pada kuartal pertama harus bisa tercapai minimal 5 persen. Karena itu kami mengapresiasi Kementerian PUPR yang konsisten melakukan pelelangan dini setiap tahunnya dan semoga ini bisa dicontoh oleh kementerian maupun lembaga dan pemerintah daerah lainnya,” katanya.

Pelaksanaan penandatangan lelang paket pekerjaan ini dilakukan secara serentak oleh para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan penyedia jasa dari Balai Kementerian PUPR yang berada di 34 Provinsi. Proses pengadaan barang dan jasa ini dilakukan melalui beberapa metode antara lain tender atau seleksi dan e-katalog sektoral Kementerian PUPR sehingga menjamin proses yang transparan, efektif, dan efisien. Hal ini juga diharapkan akan terus meningkatkan kualitas belanja APBN dann mendorong roda perekonomian nasional.

Dalam mengoptimalkan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan realisasi belanja, Kementerian PUPR juga memanfaatkan teknologi informasi melalui sistem e-Monitoring, serta pemanfaatan e-katalog sektoral Kementerian PUPR. Selain itu, Kementerian PUPR juga akan tetap mengoptimalkan penggunaan produk dalam negeri dan UMKM.

Beberapa program kerja pada tahun 2022 ini, Kementerian PUPR akan melaksanakan kebijakan pelaksanaan program TA 2022 yaitu penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN), mendukung infrastruktur untuk persiapan Presidensi Indonesia dalam KTT G20 di Bali, penataan kawasan Mandalika, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), persiapan ASEAN Summit di Tana Mori Labuan Bajo, pelaksanaan Padat Karya Tunai (PKT), Optimalisasi Pemeliharaan Operasi dan Rehabilitasi (OPOR), serta antisipasi penanganan bencana La Nina.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

LRT Jabodebek Beroperasi Tahun Ini, Proyek Apartemen Ini Kena Imbas

RumahCom – Proyek transportasi publik LRT Jabodebek terus menunjukan progres yang baik dan ditargetkan akan beroperasi pada tahun ini juga. Progres yang baik ini berimbas langsung pada penjualan pro

Lanjutkan membaca24 Jan 2022

Belajar Dari Pengembang Australia, Saat Pandemi Garap Proyek Rp50 Triliun

RumahCom – Pengembang Crown Group cukup sukses menerapkan berbagai strategi saat ada banyak kendala terkait bisnis yang menurun akibat krisis maupun pandemi Covid-19. Crown Group yang didirikan peng

Lanjutkan membaca24 Jan 2022

Program Bedah Rumah Dan Kotaku Dorong Pengentasan Kumuh Di Surakarta

RumahCom – Kementerian PUPR melalui program bedah rumah dan kota tanpa kumuh (Kotaku) dari dua ditjen terus digalakkan untuk menata kawasan kumuh perkotaan. Kedua program ini dilaksanakan di kawasan

Lanjutkan membaca25 Jan 2022

Ada Banyak Potensi Di Banten, Dua Pengembang Ini Kolaborasi Bangun Hotel Hingga Apartemen

RumahCom – Kolaborasi antar pengembang terus dilakukan untuk mendorong pengembangan aktivitas bisnis. Riyadh Group dan PT Grand Mangku Putra misalnya, akan mengembangkan proyek kondotel, rumah sakit

Lanjutkan membaca25 Jan 2022

Properti Komersial Asia Pasifik Bakal Tumbuh 20 Persen, Township Ini Terus Hadirkan Produk Baru

RumahCom – Produk komersial terus dihadirkan seiring optimistme terhadap bisnis properti. Pengembang Paramount Land langsung menhadirkan dua produk komersial di kawasan Gading Serpong untuk merespon

Lanjutkan membaca25 Jan 2022

Masukan