1.951 Unit Hunian Tetap Diserahkan Untuk Masyarakat Terdampak Bencana Erupsi Di Lumajang

Wahyu Ardiyanto8 Nov 2022

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyerahkan aset perumahan berupa hunian tetap (huntap) untuk masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Hampir 2.000 unit rumah diserahkan kepada Pemkab Lumajang untuk didistribusikan kepada yang berhak.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan serah terima pengelolaan hunian tetap (huntap) akibat bencana erupsi Gunung Semeru kepada Pemerintah Kabupaten Lumajanng, Jawa Timur. Dengan serah terima ini Pemkab Lumajang bisa segera mendorong masyarakat yang terdampak bencana untuk segera menempati fasilitas huntap sesuai dengan ketetapan persyaratan atau readiness criteria yang ada.

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, pengelolaan huntap oleh Pemkab Lumajang sangat penting untuk menyegerakan masyarakat menikmati fasilitas yang sudah dibangun dan bisa segera menempati hunian yang layak dan sehat dibandingkan di tempat pengungsian.

“Aset yang diserahterimakan pengelolaannya ini merupakann hasil pembangunan hunian yang dilaksanakan oleh Ditjen Perumahan Kementerian PUPR. Kawasannya juga telah dilengkapi dengan infrastruktur dasar seperti jaringan air bersih, sanitasi, jalan lingkungan, taman, dan sebagainya,” katanya.

Pembangunan huntap sebanyak 1.951 unit ini juga relatif cepat dan itu berkat dukungan semua pihak khususnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Harapannya, masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru pada bulan Desember 2021 lalu bisa segera pulih dan melanjutkan aktivitasnya seperti biasa.

Selanjutanya, pemerintah daerah juga diharapkan kesigapannya terkait penanganan pasca bencana alam. Untuk itu pemda perlu menyiapkan rencana aksi dan quick assessment warga terdampak dan infrastruktur yang rusak mulai dari masa darurat, rekonstruksi, hingga relokasi warga ke lokasi yang aman.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, Pemkab Lumajang sangat berterima kasih kepada pemerinta pusat khususnya Kementerian PUPR yang telah membangun infrastruktur dan perumahan bagi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru. Pihak pemkab juga akan aktif untuk memberikan bantuan peralatan rumah tangga untuk melengkapi program dari pemerintah pusat ini.

“Huntap yang dibangun Kementerian PUPR ini dinamakan Perumahan Bumi Semeru Damai. Kami berharap masyarakat khususnya penghuni di sini bisa mengembangkan kawasannya menjadi sebuah township untuk dijadikan tempat tinggal dan melakukan berbagai aktivitas dengan aman dan nyaman,” imbuhnya.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tol Pekanbaru-Padang Dilanjut, Target Operasional Pertengahan 2024

RumahCom – Pembangunan jalan tol Pekanbaru-Padang ruas Padang-Sicincin akan dilanjutkan setelah proses pembebasan lahan selesai pada akhir tahun ini. Targetnya, jalan tol yang akan meningkatkan kone

Lanjutkan membaca7 Nov 2022

Banyak Peminat, Pengembang Terus Hadirkan Produk Residensial High End

RumahCom – Rumah yang menyasar kalangan high end terus diluncurkan seiring permintaan yang masih kuat. Segmen ini umumnya ditawarkan di kawasan township yang menawarkan kemudahan akses dan fasilitas

Lanjutkan membaca8 Nov 2022

Pemerintah Pastikan Seluruh Ruas Jalan Tol Dan Rest Area Dikonsep Berkelanjutan

RumahCom – Kementerian PUPR terus melakukan penilaian untuk seluruh ruas jalan tol di Indonesia. Penilaian yang dilakukan bukan hanya kualitas jalan tapi juga rest area, penghijauan, hingga berbagai

Lanjutkan membaca8 Nov 2022

Pentingnya Menunjukan Komitmen Pengembangan Dengan Serah Terima Unit

RumahCom – Di tengah situasi pandemi ada banyak proyek properti yang terkendala sehingga proses serah terima unit menjadi sangat penting untuk menunjukan komitmen pengembangan yang baik. Proyek apar

Lanjutkan membaca8 Nov 2022

Perjanjian Homologasi Bukan Hanya Kewajiban Developer Tapi Juga Konsumen

RumahCom – Terbitnya perjanjian homologasi dari pengadilan merupakan kesepakatan bersama antara developer dan konsumen terkait proyek properti yang bermasalah. Melalui homologasi ini developer harus

Lanjutkan membaca8 Nov 2022

Masukan