Sumbang 39 Persen Emisi Karbon, Bangunan Harus Kian Green

Wahyu Ardiyanto10 Nov 2022

RumahCom – Pemakaian energi yang menghasilkan emisi karbon dan memicu perubahan iklim secara global disumbang terbesar dari bangunan gedung. Untuk itu perancangan bangunan harus diupayakan dengan net zero dan berbagai upaya lain supaya bangunan kian green.

Perubahan iklim sudah makin jelas dampaknya dan itu dirasakan oleh seluruh penduduk bumi. Penyebab utama perubahan iklim global adalah pemanasan global atau peningkatan suhu rata-rata bumi akibat efek gas rumah kaca yang disebabkan oleh akumulasi emisi gas rumah kaca di atmosfer bumi.

Nyatanya, bangunan menjadi penyabab untuk perubahan iklim karena mengonsumsi 36 persen energi yang dihasilkan dan bertanggung jawab atas 39 persen emisi karbon global. Hal ini membuat bangunan menjadi sektor penyumbang terbesar terkait perubahan iklim yang terjadi selama ini.

Mengutip Green Building Council Indonesia (GBCI), untuk upaya dekarbonisasi sektor bangunan semua pihak harus ikut terlibat khususnya dalam proyek global WorldGBC yang bekerja menuju dekarbonisasi sektor total pada tahun 2050 yaitu Advancing Nert Zero. GBCI juga berkomitmen untuk mengembangkan program sertifikasi net zero sesuai konteks Indonesia dan melakukan pelatihan dan pendidikan tentang net zero khususnya kepada generasi muda.

Prinsip dasar penerapan net zero building sendiri adalah mengoptimalkan desain bangunan sedemikian rupa sehingga dapat menekan kebutuhan konsumsi energi per tahun serendah mungkin sehingga penyediaan energi dapat mengandalkan sepenuhnya pada sistem energi terbarukan.

Dalam konteks Indonesia sebagai negara tropis basah, negara kepulauan tidak memiliki perbedaan iklim yang terlalu ekstrim sehingga penggunaan ventilasi alami sangat sesuai dengan strategi memaksimalkan peningkatan kualitas iklim mikro di lokasi untuk menghasilkan kenyamanan termal yang lebih baik.

Strategi ini juga sangat mendukung penerapan bangunan sehat karena mengutamakan pergantian udara segar di dalam ruangan. Untuk itulah, sertifikasi yang dikembangkan oleh GBCI dinamakan Greenship Net Zero Healthy (NZH). Semua pihak harus peduli dengan dengan upaya untuk menghadirkan net zero untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) dalam laporannya menyatakan, emisi global harus menncapai net-zero sekitar pertengahan abad ini untuk mencapai target pemanasan global di bawah 1,5oC. Hal ini juga sudah menjadi komitmen pemerintah untuk mengurangi emisi karbon hingga 29 persen di bawah business as usual pada tahun 2030 dan 41 persen dengan bantuan internasional.

GBCI yang juga bagian dari World Green Building Council telah meluncurkan program Net Zero Advancing dan telah mengembangkan Greenship Net Zero untuk mentrasnformasi semua bangunan tanpa emisi dengan mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pendektan desain pasif menggunakan ventilasi alami dan pencahayaan alami.
  • Pendekatan desain aktif dengan optimalisasi kinerja sistem pendingin udara, penerangan, dan peralatan lainnya.
  • Lingkungan yang sehat dan nyaman untuk menciptakan kualitas udara yang sehat dan nyaman di dalam gedung.
  • Energi terbarukan di lokasi dan di luar lokasi untuk mengurangi emisi dari operasional gedung dengan memanfaatkan energi terbarukan dengan emisi nol.

Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kolaborasi Bank-Pengembang Mudahkan Konsumen Beli Rumah

RumahCom – Perbankan dan pengembang kembali berkolaborasi untuk menyediakan skema pembiayaan yang menarik sehingga produk perumahan yang ditawarkan bisa diakses lebih banyak konsumen. Kolaborasi per

Lanjutkan membaca9 Nov 2022

Pekerja Informal Tetap Bisa Mengakses Pembiayaan Perumahan

RumahCom – KPR subsidi yang disalurkan pemerintah memiliki beberapa skema diantaranya KPR BP2BT yang bisa memungkinkan diakses oleh kalangan pekerja informal. Dari target 200 ribu KPR subsidi, seban

Lanjutkan membaca9 Nov 2022

IKN Akan Jadi Kota Karbon Netral

RumahCom – Kajian dan peta pembangunan IKN Nusantara terus dihadirkan salah satunya oleh Asian Development Bank (ADB). Ada banyak hal yang akan dibangun khususnya untuk menjadikan IKN Nusantara seba

Lanjutkan membaca10 Nov 2022

Pasca Pandemi Sektor Perhotelan Kian Bergairah

RumahCom – Sektor pariwisata dan perhotelan terus menunjukan tren yang meningkat setelah pandemi melandai. Siuasi pasca pandemi ini menjadi momentum bagi industri perhotelan untuk terus mendorong mi

Lanjutkan membaca10 Nov 2022

Pemerintah Targetkan 70 Persen Masyarakat Tinggal Di Hunian Layak Tahun 2024

RumahCom – Keseriusan pemerintah terkait program perumahan ditunjukan dengan anggaran yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2023 dianggarkan lebih dari Rp25 triliun hanya untuk progr

Lanjutkan membaca10 Nov 2022

Masukan