Saat Pandemi Tetap Tumbuh, Pengembang Optimistis Hadapi Bisnis 2023

Wahyu Ardiyanto29 Nov 2022

RumahCom – Kalangan pengembang menatap optimistis bisnis properti memasuki tahun 2023 yang disebut beberapa kalangan akan memasuki resesi. Sukses menjalani bisnis saat situasi pandemi Covid-19 bahkan bisa bertumbuh menjadi modal yang baik untuk menatap bisnis tahun 2023 dengan lebih optimistis.

Dalam menjalankan bisnis semua sektor harus siap dan mengantisipasi terkait situasi perekonomian nasional dan global hingg aktivitas lain seperti politik dan sosial yang kerap berdampak pada kegiatan bisnis. Dunia usaha bukan hanya menjalankan bisnis seperti adanya tapi harus menerapkan strategi, inovasi, hingga antisipasi bila situasi tidak sesuai harapan.

Bisnis properti misalnya, telah dihadapkan pada berbagai situasi krisis baik yang sifatnya lokal maupun global. Dengan menerapkan berbagai strategi dan antisipasi, kalangan pengembang yang menjalankan bisnis properti masih banyak yang tetap bertahan bahkan bertumbuh di tengah situasi krisis.

Pengembang PT Indonesian Paradise Property Tbk (INPP) misalnya, dihadapkan pada situasi sulit pandemi Covid-19 bukan hanya bisa bertahan tapi cukup sukses mencatatkan pertumbuhan kinerja bisnis dengan menerapkan strategi dan kebijakan yang tepat dan terus melangkah dengan proses recovery yang terjadi di perusahaan.

Saat terjadi gelombang baru pandemi yang meningkat, INPP tetap dapat mencatatkan pendapatan dari aktivitas bisnisnya. Di tengah situasi yang sulit itu INPP mampu mendapatkan pendapatan tahun 2021 sebesar Rp427 miliar, naik 7,71 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp367 miliar.

Kenaikan ini didorong oleh terjaganya kinerja usaha terutama yang berasal dari segmen perhotelan dan penjualan properti meski segmen ini yang paling terdampak pandemi. Sepanjang tahun 2021, pendapatan dari recurring revenue masih bisa menjadi andalan dan ke depan telah dipersiapkan beberapa proyek yang nantinya akan menjadi momentum bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dari property sales.

Dari sisi strategi, manajemen senantiasa melakukan berbagai upaya untuk mengatur cost dan cashflow agar tetap terjaga di tengah situasi seperti ini dengan mengatur cash balance yang sehat dan profitability terjaga. Dukungan dan pengarahan dari Dewan Komisaris seperti menjalankan strategi untuk berkembang dengan melihat ada banyak kesempatan untuk lebih ekspansif di saat situasi seperti ini.

“Penerapan strategi yang tepat juga tergambar pada aktivitas bisnis selama periode sembilan bulan (Januari-September) 2022. INPP berhasil meraih penjualan mencapai Rp540,5 miliar pada periode sembilan bulan tersebut dari target tahun ini sebesar Rp938,7 miliar dan optimistis bisa tercapai hingga lebih dari Rp1 triliun. INPP juga berhasil meraih laba usaha sebesar Rp48,6 miliar dari target tahun ini sebesar Rp138 miliar bahkan akan bisa tercapai hingga Rp156,5 miliar,” ujar Anthony Prabowo Susilo, Presiden Direktur & CEO INPP.

Akhirnya berbagai tantangan ini harus dihadapi dengan penerapan strategi yang tepat, kreatif, dan inovatif. Beberapa milestone yang dijalani INPP yaitu bergerak dari bisnis perhotelan pada era 2001-2012 dilanjutkan dengan bisnis ritel pada era 2012-2017 sehingga saat ini kian mantap untuk menggarap unit property sales melalui penjualan apartemen sejak tahun 2017.

“Akhirnya expertise di sektor perhotelan, ritel, dan residensial ini kenapa tidak disatukan dengan mengembangkan mixed use development untuk menghadirkan simbiosis dari pengembangan yang telah kami lakukan dan membuat kami bisa meraih valuable yang lebih atraktif dan menguntungkan,” pungkasnya.

Pengalaman juga membawa INPP untuk menjalankan berbagai skenario bisnis terbaik dengan me-launch hotel baru pada periode 2021-2022 atau saat situasi pandemi. Hotel yang diluncurkan bulan Maret 2022 lalu sudah bisa langsung profitable pada bulan April 2022. Bisnis hotel yang paling terdampak pandemi nyatanya dengan strategi yang tepat bisa pulih lebih cepat dan ini mengubah rencana bisnis INPP menjadi lebih optimistis untuk tahun 2023.

Menggunakan agen properti untuk membantu proses pembelian rumah menjadi lebih lancar dan mudah, Lalu apa sih untungnya? nonton videonya berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Tapak Laris Manis, Pengembang Kembali Hadirkan Klaster Baru

RumahCom – Pengembang tidak kesulitan memasarkan rumah tapak yang menyasar segmen milanial. Penjualan unit rumah tapak bahkan saat situasi pandemi Covid-19 masih terus meningkat sehingga klaster-kla

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Bukan Hanya Rumah Sehat, Pengembang Kolaborasi Hadirkan Township Sehat

RumahCom – Pandemi Covid-19 terus menghadirkan berbagai adaptasi maupun penerapan new normal. Bukan hanya menyajikan hunian sehat, kolaborasi pengembang menghadirkan township baru yang seluruh kawas

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

BP Tapera Selenggarakan 9.057 Akad Kredit Rumah Subsidi

RumahCom – Akad kredit masal untuk KPR subsidi FLPP kembali dilaksanakan sebanyak 9.057 debitur yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Hal ini untuk mendorong capaian program sejuta rumah ter

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Fokus Anggaran Pemprov DKI 2023 Untuk Banjir dan Macet

RumahCom – DPRD dan Pemprov DKI Jakarta dan telah mengetok pengesahan APBD DKI Jakarta sebesar Rp83,78 triliun. Dana sebesar ini untuk digunakan pada beberapa program prioritas seperti penanganan ba

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Optimalisasi Jalan Tol, Bukan Hanya Jalan Bebas Hambatan Lho!

RumahCom – BPJT Kementerian PUPR mendorong perluasan fungsi dari jalan tol bukan hanya untuk meningkatkan konektivitas tapi juga untuk mendorong perekonomian masyarakat maupun wilayah-wilayah di per

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Masukan