Bank Terus Perkuat Layanan Digital Untuk Kemudahan Nasabah Termasuk Layanan Jual-Beli Rumah

Wahyu Ardiyanto30 Nov 2022

RumahCom – Perbankan terus memperkuat service khususnya dengan basis digital dan untuk itu digandeng perusahaan IT untuk memperkuat cloud computing. Dengan layanan digital yang makin baik akan banyak kemudahan maupun percepatan proses yang bisa dirasakan nasabah.

Berbagai layanan hingga tata kelola terus diupayakan khususnya untuk modernisasi sistem dan layanan perbankan. Teknologi menjadi instrumen penting untuk mewujudkan hal ini karena itu Bank BTN yang fokus pada pembiayaan perumahan, menggandeng IBM Cloud Governance untuk menciptakan pondasi guna memastikan keamanan maupun kepatuhan dalam penggunaan cloud computing dalam industri perbankan.

Menurut Direktur IT & Digital Bank BTN Andi Nirwoto, lembaga keuangan seperti perbankan menjadikan transformasi digital sebagai mandatory initiative dan perlu terus dilakukan supaya perbankan bisa menghadapi tantangan seperti perubahan pasar, menjaga keamanan data nasabah, maupun mematuhi regulasi pemerintah.

“Bukan hanya itu, perbankan juga dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan pelayanan keuangan nasabah secara real time, di mana saja, dan kapan saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang. Untuk itu kami mengadopsi teknologi terkini termasuk penggunaan multi-cloud pada sistem perbankan,” ujarnya.

Kolaborasi dengan IBM Consulting sendiri telah diinisiasi sejak akhir tahun 2021 lalu untuk membantu menyusun tata kelola cloud (Cloud Governance) sehingga pemanfaatan multi-cloud bisa berjalan tepat dan optimal.

IBM Cloud Governance adalah kerangka kerja yang terdiri dari penetapan, penegakan, dan pengawasan aktivitas dan pedoman yang diperlukan sebagai bagian dari aturan perilaku untuk penggunaan cloud. Contohnya, tata kelola cloud dapat menangani layanan dari satu atau beberapa penyedia layanan cloud (CSP), termasuk container, AI, application programming interface (API), platform data, dan infrastruktur yang mendukung berbagai proses.

Setiap proses dalam tata kelola cloud dapat mencakup apa yang akan dilakukan, opsi mana yang tersedia, dan siapa yang bertanggung jawab. Pengembangan kerangka kerja ini ini juga akan mengakselerasi Bank BTN dalam memastikan kecepatan, agilitas dan fleksibilitas adopsi cloud dapat dicapai dan secara bersamaan diperoleh adaptasi yang berkelanjutan.

Dengan mengoptimalisasi penggunaan multi-cloud akan membantu Bank BTN memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan antara lain pembukaan rekening tabungan, pembukaan deposito, permohonan kredit, termasuk juga untuk memilih rumah yang akan dibeli ataupun dilelang. Tidak hanya itu, nasabah juga dapat mengakses laporan dan transaksi keuangan di mana saja dan kapan saja dengan berbagai perangkat digital yang dimiliki.

Dengan berbagai kemudahan layanan seperti ini tentunya tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalty dari nasabah tapi juga mampu mendongkrak fee-based income dan jumlah transaksi melalui Current Account Savings Account (CASA) atau dana murah perseroan.

“Langkah tranformasi dan inovasi terus kami lakukan untuk mendukung pencapaian visi IT dan digital kami untuk menjadi bank yang dapat diandalkan dan memberikan layanan TI terbaik di kelasnya serta keunggulan operasi untuk mempercepat terealisasinya tujuan bisnis yang sesuai dengan visi Bank BTN,” pungkas Andi.

Inilah kebijakan pemerintah yang akan bantu masyarakat agar punya rumah. Selengkapnya nonton yuk di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Optimalisasi Jalan Tol, Bukan Hanya Jalan Bebas Hambatan Lho!

RumahCom – BPJT Kementerian PUPR mendorong perluasan fungsi dari jalan tol bukan hanya untuk meningkatkan konektivitas tapi juga untuk mendorong perekonomian masyarakat maupun wilayah-wilayah di per

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Saat Pandemi Tetap Tumbuh, Pengembang Optimistis Hadapi Bisnis 2023

RumahCom – Kalangan pengembang menatap optimistis bisnis properti memasuki tahun 2023 yang disebut beberapa kalangan akan memasuki resesi. Sukses menjalani bisnis saat situasi pandemi Covid-19 bahka

Lanjutkan membaca29 Nov 2022

Pelaku Industri Properti Optimistis Hadapi Tantangan Tahun 2023

RumahCom – Para pelaku industri properti menatap bisnis properti tahun 2023 dengan optimisme yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari besarnya kebutuhan pasar properti selain situasi perekonomian In

Lanjutkan membaca30 Nov 2022

12 Perusahaan Jepang Tertarik Bangun IKN Nusantara

RumahCom – Kementerian PUPR bertemu dengan perwakilan 12 perusahaan besar dari Jepang untuk mempelajari terkait potensi pengembangan IKN Nusantara. Kalangn investor Jepang ini memiliki keahlian dan

Lanjutkan membaca30 Nov 2022

TOD Jakarta Disosialisasikan Hingga Ke Luar Negeri

RumahCom – Sebuah kota besar seperti Jakarta terus dihadirkan untuk mempermudah aktivitas warganya salah satunya dengan mewujudkan konsep kawasan transit. Hal ini terus disosialisasikan khususnya un

Lanjutkan membaca30 Nov 2022

Masukan