Tahun 2022 Jadi Katalis Untuk Melanjutkan Tren Peningkatan Kinerja Bisnis Properti

Wahyu Ardiyanto9 Des 2022

RumahCom – Di tengah situasi bisnis yang penuh tantangan, kalangan pengembang cukup berhasil menjaga kinerja bisnisnya pada tahun 2022 ini. Hal ini menjadi pondasi yang baik dan katalis untuk melanjutkan tren peningkatan bisnis pada tahun 2023.

Di tengah situasi perekonomian makro Indonesia yang pastinya terpengaruh situasi perekonomian global, sektor properti menjadi sektor bisnis yang cukup tangguh. Bayangan ekonomi global yang akan memasuki resesi justru oleh kalangan pengembang dijadikan momentum untuk lebih agresif pada tahun 2023 mendatang.

Banyak pengembang yang telah berancang untuk mempercepat progres pengembangan proyeknya maupun melakukan aksi korporasi yang lebih agresif dengan melakukan ekspansi bisnis. Hal ini untuk mendorong momentum tren peningkatan sektor properti yang berlangsung selama periode 2022 ini.

Menurut Direktur PT Modernland Realty Tbk, tahun 2022 perusahaannya menunjukan kinerja yang terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya dan tren ini diharapkan bisa terus berlanjut pada tahun 2023 dengan besarnya peluang maupun demand pasar untuk sektor properti.

“Pada sembilan bulan periode 2022 atau Januari hingga September, kami berhasil membukukan peningkatan kinerja sebesar Rp36,36 miliar atau 6,29 persen sebesar Rp614,55 miliar dibandingkan periode yang sama sebelumnya sebesar Rp578,19 miliar,” ujarnya.

Peningkatan kinerja bisnis ini salah satunya ditopang dari keuntungan perusahaan atas penyelesaian sebagian utang obligasi luar negeri dan perubahan atas tingkat suku bunga obligasi luar negeri pasca restrukturisasi. Perusahaan juga berhasil mencatatkan pra penjualan atau marketing sales sebesar Rp600 miliar hingga kuartal ketiga 2022 yang merupakan 60 persen dari target non bulk-sales tahun ini.

Bila dirinci, kinerja dari produk residensial membukukan sebesar Rp342 miliar atau meningkat 17 persen secara kuartalan. Kontribusi produk residensial ini mayoritasnya disumbang dari penjualan township Jakarta Garden City khususnya dari klaster ekstension Mahakam Fase 2 yang diluncurkan Juni 2022 dan The Essence @Yarra pada September 2022.

Adaptif terhadap pengembangan produk dengan menghadirkan konsep dan desain baru di Jakarta Garden City cukup sukses dan menjadi katalis penjualan yang dicapai perusahaan. Topping off Cleon Park Apartment North Tower pada Agustus 2022 lalu juga menjadi capaian penting yang diraih perusahaan.

Segmen lainnya yaitu dari industri yang membukukan Rp151 miliar yang meningkat signifikan hingga 95 persen secara tahunan. Sektor industri ini diharapkan bisa terus mempertahankan kinerjanya pada sisa tahun 2022 dan berlanjut hingga tahun 2023.

“Untuk segmen hospitality khususnya dari Modern Golf & Country Club menyumbang marketing sales Rp107 miliar atau meningkat 23 persen secara kuartalan. Kami optimistis seluruh sektor yang kami kelola maupun pasarkan akan bisa terus mencatatkan kinerja yang baik memasuki tahun 2023 mendatang,” pungkasnya.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Nih, Hitung-hitungan Bank Untuk Bisnis Properti Yang Tetap Prospektif

RumahCom – Sektor properti sesuai segmennya mulai high end hingga rumah subsidi menciptakan pasar yang berbeda. Penurunan umumnya terjadi di segmen premium sementara kelas menengah stabil bahkan men

Lanjutkan membaca8 Des 2022

Setelah Dinilai, Ini Tol dan Rest Area Favorit

RumahCom – BUJT Kementerian PUPR melakukan evaluasi dan penilaian untuk seluruh ruas jalan tol dan rest area di pulau-pulau besar Indonesia. Penilaian terkait keamanan, kenyamanan, hingga berbagai f

Lanjutkan membaca8 Des 2022

Besarnya Potensi Township Untuk Pengembangan Hunian Hingga Komersial

RumahCom – Pengembangan township yang didukung dengan infrastruktur masif menghadirkan berbagai potensi properti baik hunian hingga komersial. Township yang lengkap dan masih akan terus berkembang m

Lanjutkan membaca8 Des 2022

Rumah Untuk Menteri Di IKN Nusantara Mulai Dibangun

RumahCom – Kementerian PUPR memulai pembangunan fasilitas hunian berupa rumah tapak untuk pejabat menteri di IKN Nusantara. Sebanyak 36 unit rumah untuk para menteri ini dibangun dengan luasan 580-1

Lanjutkan membaca9 Des 2022

Pemerintah Sebut Tidak Ada Masalah, Harga Rumah Subsidi Akan Segera Disesuaikan

RumahCom – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyebut untuk penyesuaian harga rumah subsidi yang tidak naik sejak tiga tahun lalu sudah tidak ada masalah. Saat ini masih diolah di berbagai kem

Lanjutkan membaca9 Des 2022

Masukan