Menengok Potensi Area KEK Untuk Pengembangan Properti

Wahyu Ardiyanto26 Apr 2022

RumahCom – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diikuti dengan pengembangan infrastruktur membuat kawasannya memiliki nilai jual tinggi dan menjadi daya tarik investasi. KEK juga menjadi basis untuk pengembangan berbagai produk properti lainnya seperti perumahan, pusat bisnis, komersial, dan sebagainya.

Dalam program pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah, polanya dengan menerapkan klaster-klaster dan melabelinya dengan kawasan strategis maupun prioritas. Salah satunya seperti pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mendorong perkembangan kawasan dan terus meningkatkan prospek investasi maupun ekonomi ke depan.

Menurut Rivan Munansa, Head of Industrial & Logistic Services Colliers Indonesia, sebuah perusahaan riset dan manajemen properti, kawasan industri saat ini masih berpusat di Pulau Jawa khususnya di bagian barat sehingga membuka peluang untuk kawasan lain ikut berkembang sebagai KEK di sektor industri.

“Masih banyak potensi besar dari kawasan-kawasan yang bisa dikembangkan sebagai KEK. Dengan adanya KEK ini juga bisa mendorong pembangunan di daerah-daerah sehingga terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi. Berbagai kegiatan produksi, manajemen, distribusi, logistik, dan lainnya juga akan terus berkembang,” ujarnya.

KEK memiliki potensi investasi yang sangat menarik bagi investor terlebih dengan berbagai insentif dari pemerintah yang diberikan untuk pengembangan KEK. Selanjutnya, berbagai KEK yang terus dikembangkan ini juga akan terus mendorong akses ke pasar global sehingga potensi investasinya juga akan terus membesar.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengembangan KEK supaya lebih menarik bagi kalangan investor. Selain insentif dari pemerintah, gimmick lainnnya juga perlu terus dihadirkan untuk menciptakan iklim investasi yang menguntungkan khususnya bagi kalangan investor asing.

Persoalan lisensi yang biasanya berbelit juga akan dimudahkan sehingga akan kian menarik bagi kalangan investor. Saat ini beberapa KEK yang telah beroperasi maupun masih proses pembangunan dipastikan melibatkan berbagai kegiatan bisnis mulai dari industri ringan hingga berat.

Hal ini akhirnya menciptakan kawasan industri dan area KEK dengan akses ke pasar global yang lebih luas. Terlebih KEK yang dibangun diikuti dengan berbagai infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara sehingga bisa terus meningkatkan produktivitas dan di sisi lain memudahkan jalur distribusi.

Berdasarkan data Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, sepanjang tahun 2022 ini ada 18 KEK yang tengah dibangun dan dikembangkan. Berbagai jenis industri juga telah hadir untuk terus memenuhi pasar otomotif, logam, maupun industri lainnya dan keberadaan KEK ini akan terus meningkatkan potensi kawasan khususnya kebutuhan perumahan.

“Saat ini beberapa kawasan industri swasta juga mulai mengajukan permohonan untuk menjadi KEK karena melihat potensi besar yang bisa didapatkan. Keberadaan KEK ini juga bisa menjadi basis untuk pengembangan berbagai fungsi properti yang lain seperti residensial, kawasan bisnis, pusat komersial, dan sebagainya dan itu semua membutuhkan infrasrtuktur yang terintegrasi,” tandas Rivan.

Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pemerintah Serahkan 53 Unit Rumah Untuk Ahli Waris KRI Naggala 402

RumahCom – Kementerian PUPR menyerahkan rumah khusus untuk ahli waris prajurit KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali. Rusus ini sebagai bentuk perhatian pemerintah atas jasa-jasa prajurit

Lanjutkan membaca25 Apr 2022

Co-Living Tawarkan Konsep Hunian Yang Lebih Baik Dibanding Kosan

RumahCom – Tuntutan lifestyle hingga hunian di kawasan perkotaan membuat konsep hunian co-living kian digemari dan memberikan beberapa kelebihan dibandingkan kosan. Selaku operator co-living Cove te

Lanjutkan membaca25 Apr 2022

Penunjukkan Kontraktor Utama Pembangunan Apartemen Antasari Place Jadi Bukti Keseriusan Manajemen Baru

RumahCom – Manajemen baru Antasari Place, PT Prospek Duta Sukses (PDS) terus membuktikan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan apartemen yang dulu bernama 45 Antasari yang telah ditinggalkan ole

Lanjutkan membaca26 Apr 2022

Gerbang Internasional Dibuka, Ini Yang Terjadi Pada Pasar Properti Australia

RumahCom – Pandemi yang terus membaik dan pembukaan gerbang internasional di Australia telah membuat kebutuhan penyewaan unit apartemen terus meningkat di Australia. Di sisi lain suplai yang terbata

Lanjutkan membaca26 Apr 2022

Berbagai Potensi Jakarta Timur Untuk Pengembangan Properti

RumahCom – Jakarta Timur merupakan wilayah yang paling luas dibandingkan kotamadya lain di utara, pusat, barat, dan selatan. Dengan banyaknya pengembangan proyek infrastruktur membuat kawasan Jakart

Lanjutkan membaca26 Apr 2022

Masukan