Township Ini Kukuhkan Jadi Integrated Smart Digital City

Wahyu Ardiyanto13 Mei 2022

RumahCom – Pengembang SML terus bergerak untuk menjadikan township BSD City menjadi integrated smart digital city. Untuk itu terus diperkaya sumber daya hingga penyediaan pendanaan untuk startup yang fokus pada pengembangan urban lifestyle dan proptech.                                     

Pengembang Sinar Mas Land (SML) meluncurkan Urban Gateway Fund (UGF), sebuah aplikasi dengan dana tahap awal untuk berinvestasi di perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di pengembangan tata kota. SML menjalankan UGF ini menggandeng kerja sama strategis dengan East Ventures, Redbadge Parcific, dan Prasetia Dwidharma untuk mendukung startup yang fokus pada sektor kehidupan urban dan proptech.

Saat ini, pengembang asal Korea Selatan yaitu GS E&C juga akan menjadi salah satu investor dan mitra strategis UGF dalam kerja sama jangka panjang dengan pengembang SML di Indonesia. Ada enam sektor utama dalam teknologi kehidupan perkotaan yang akan menjadi fokus UGF ini.

Menurut Group CEO SML Michael Widjaja, keenam sektor ini merupakan kebutuhan mendasar bagi pembangunan perkotaan di masa depan seperti mobilitas dan transportasi, teknologi properti, analisis data dan Artificial Intelligence (AI), ritel omni channel (pengelolaan ritel fisik dan online), pengelolaan sumber daya berkelanjutan, dan smart city tech.

“Akselerasi dalam keenam sektor tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengembangan urban untuk generasi yang akan datang. UGF akan menyediakan akses ke ekosistem kota pintar yang ada di township BSD City dan ekosistem SML lainnya melalui tiga tahapan,” katanya.

Tahapan itu yaitu UGF menyediakan platform uji coba dan memfasilitasi penerima investasi untuk mengintegrasikan ide maupun prototipe mereka ke dalam komunitas SML yang dinamis. Kedua, UGF menyediakan berbagai dukungan bagi penerima investasi untuk menginkubasi dan memvalidasi pilihan solusi dalam pengembangan tata kota. Dan ketiga, UGF juga memberikan kesempatan terbaik bagi penerima investasi agar dapat bekerja sama dengan para pemimpin SML dalam pengembangan kota dan manajemen properti.

Michael juga mengatakan, dalam upaya transformasi BSD City menjadi integrated smart digital city, SML terus membuka peluang bagi para pelaku startup untuk memberikan ide dan solusi yang memperkaya ekosistem kota. UGF juga akan memberikan dukungan dana dan kesempatan bagi startup yang potensial untuk menguji coba solusi mereka. Harapannya, dari inovasi-inovasi yang akan dihadirkan nantinya bisa dinikmati dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas.

Co-Founder & Managing Partner of East Ventures Willson Cuaca menyampaikan, beberapa tahun lalu ketika Michael mengungkapkan visinya untuk mentransformasi BSD City menjadi kota digital yang progresif, pihaknya langsung mendukung dan bekerja sama untuk mewujudkan visi tersebut. “East Ventures akan terus mendukung inovasi digital di Indonesia dengan BSD City sebagai living lab untuk mengimplementasikan inovasi dari ekosistem kami,” ujarnya.

Timothy Yong, Managing Partner of Redbadge Pacific mengatakan, BSD City memiliki ekosistem dan captive market yang tidak hanya bisa mendorong pertumbuhan startup di bidang PropTech dan urban tapi juga dapat mendorong kehadiran startup lainnya.

“Perusahaan startup tentu akan memanfaatkan kesempatan untuk memprakaryakan ekosistem BSD City yang merupakan pengembangan yang terdepan di Indonesia. Dukungan strategis dan ekosistem yang nyata menjadi hal yang penting bagi pegiat dan perusahaan startup PropTech untuk bisa berkembang di tahap awal,” cetusnya.

Sementara CFO of Prasetia Dwidharma Ardi Setiadharma menambahkan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan SML dalam program akseletator Escalate di mana kedua perusahaan mendukung startup untuk tumbuh di ekosistem SML.

“UGF bisa menjadi sarana yang tepat bagi lulusan terbaik Escalate yang memberikan pengembangan teknologi untuk kemajuan kota pintar. Kami bersemangat untuk hadir bersama UGF agar dapat memampukan leih banyak startup lokal dalam menampilkan teknologi dan solusi mereka, bahkan untuk membimbing mereka menjadi pemimpin di Indonesia dan di Asia,” pungkasnya.

Beli rumah dengan cicilan KPR Ringan, bisa dan mudah kok. Simak video berikut ini untuk tau triknya!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

50 Unit Rusus Untuk MBR Kabupaten Pohuwato Diserahterimakan

RumahCom – Pembangunan rumah khusus (rusus) merupakan bagian dari program perumahan Kementerian PUPR. Sebanyak 50 unit rusus untuk kalangan MBR di Kabupaten Pohuwato diserahterimakan lengkap dengan

Lanjutkan membaca11 Mei 2022

Menengok Fasilitas Apartemen Mewah Di Jakarta

RumahCom – Jakarta masih menawarkan permintaan untuk apartemen mewah. PT Putragaya Wahana menghadirkan Le Parc Thamrin yang menyediakan taman luas dengan dome kaca sebagai salah satu fitur mewah. Un

Lanjutkan membaca12 Mei 2022

Sektor Properti Terus Membaik Menarik Minat Asing Untuk Masuk

RumahCom – Bisnis properti di Indonesia yang terkendala karena pandemi Covid-19 terus menunjukan perbaikan. Hal ini membuat minat perusahaan asing makin banyak yang tertarik masuk untuk berkolaboras

Lanjutkan membaca12 Mei 2022

Solusi Rumah Pekerja Tidak Perlu Di Dalam Kota Yang Penting Dekat Transportasi Publik

RumahCom – Pemerintah terus mencari cara untuk mendekatkan kalangan pekerja dengan fasilitas huniannya. Salah satunya dengan mendorong pengembangan TOD sehingga hunian tidak perlu dekat di pusat kot

Lanjutkan membaca12 Mei 2022

Pemanfaatan Zona Nilai Tanah Untuk Tingkatkan PAD Hingga Pencegahan Korupsi

RumahCom – Kementerian ATR/BPN mendorong pemerintah daerah untuk mengoptimalkan peta zona nilai tanah (ZNT). Peta ZNT dan nilai bidang tanah (NBT) bisa memaksimalkan pendapatan asli daerah di sisi l

Lanjutkan membaca12 Mei 2022

Masukan