Masyarakat Harus Dapat Manfaat Maksimal Dari Program Perumahan

Wahyu Ardiyanto20 Mei 2022

RumahCom – Kemeterian PUPR dalam menyusun program perumahan selain dilakukan upaya maksimal juga evaluasi untuk menghasilkan program perumahan yang lebih baik. Fokusnya yaitu mempercepat pembangunan dengan kualitas dan mempercepat masyarakat merasakan dampak dari program perumahan.

Berbagai program perumahan yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan pembiayan APBN terus didorong untuk mendapatkan hasil yang optimal bagi masyarakat. Salah satunya yaitu dengan segera mengoperasionalkan produk yang dibangun sehingga masyarakat bisa menempati rumah yang layak huni.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, seluruh pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR harus bisa segera dimanfaatkan dan dihuni oleh masyarakat yang berhak.

“Masyarakat yang belum memiliki hunian bisa segera memanfaatkan hasil pembangunan perumahan seperti rumah susun sewa (rusunawa) maupun rumah khusus (rusus) yang dibangun di berbagai wilayah Indonesia,” ujarnya.

Penyusunan program perumahan juga dilakukan dengan seksama untuk terus meningkatkan kinerja dan tata kelola yang lebih baik khususnya dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembangunan perumahan di lapangan. Selain itu setiap provinsi maupun kepala daerah harus terus meningkatkan koordinasi dengan para pemangku kepentingan bidang perumahan di daerah.

Dalam penyusunan program perumahan, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR juga melibatkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR, Inspektur Jenderal, Ditjen Bina Marga, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW), Balai Penyediaan Perumahan (P2P), Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan, serta pejabat fungsional di bidang perumahan lainnya.

Basuki juga menekankan untuk terus menggunakan dan memanfaatkan produk-produk perumahan dengan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang terus ditingkatkan. Selain itu dalam pembangunan perumahan baik di pusat maupun daerah harus terus meningkatkan kualitas bangunan sehingga masyarakat bisa merasakan manfaat yang optimal dari program perumahan pemerintah.

Dirjen Perumahan Iwan Suprijanto menambahkan, setidaknya akan terus ditingkatkan empat tujuan pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi di bidang perumahan yaitu konsolidasi percepatan progres pembangunan perumahan, peningkatan dan perbaikan tata kelola dan kualitas pembangunan.

“Tujuan lainnya untuk persiapan penyusunan program dan anggaran tahun 2023 mendatang serta persiapan mid-term review Kementerian PUPR tahun anggaran 2022. Saat ini Ditjen Perumahan memiliki Balai P2P di 19 provinsi dan satker yang tersebar di 34 provinsi sehingga ke depan kinerja pembangunan perumahan untuk masyarakat bisa terus ditingkatkan supaya bisa terus ditingkatkan juga akses kepada hunian yang layak,” katanya.

Statusnya sebagai karyawan lepasan mengganjal pengajuan KPR untuk miliki rumah. Lalu bagaimana cara ia bisa mewujudkan rumah idamannya? simak video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Fase Menuju Endemi, Pengembang Semakin Mantap Luncurkan Produk

RumahCom – Transisi dari pandemi Covid-19 ke fase endemi kini tengah dilakukan Pemerintah. Hal itu diperkuat oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK)

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Dapat Dana Triliunan, Bank Ini Optimalkan Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Pembiayaan perumahan non subsidi khususnya untuk pekerja muda bergaji di bawah Rp12 juta akan terus ditingkatkan oleh Bank BTN. Hal ini terkait bank yang fokus pada pembiayaan perumahan i

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Segmen Rumah Tapak Kuat, Pengembang Terus Hadirkann Klaster Baru

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan rumah tapak khususnya untuk kalangan keluarga muda. Kondisi pasar untuk segmen ini yang masih sangat kuat membuat pengembang Samara Land menghadirkan klaster

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Berani Kembangkan Proyek Saat Pandemi, Pengembang Mulai Rasakan Peningkatan Bisnis

RumahCom – Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu tidak membuat kalangan pengembang menghentikan bisnisnya. Berkat keberanian mengembangkan proyek properti sejak awal pandemi, pengembang APL sa

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Fitur KPR Kian Menarik, Fixed Panjang Hingga Bunga 0 Persen

RumahCom – Penyaluran pembiayaan perumahan (KPR) terus ditingkatkan oleh Bank CIMB Niaga baik konvensional maupun syariah. Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain kemudahan pengajuan melalui onli

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Masukan