Ribuan Hunian Dibangun Pasca Bencana Tsunami Dan Likuifaksi Di Sulteng

Wahyu Ardiyanto23 Mei 2022

RumahCom – Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 3.463 hunian tetap (huntap) di lokasi bencana tsunami dan likuifaksi Sulteng dan saat ini telah mulai dihuni. Targetnya akan dibangun sebanyak 7.682 unir huntap yang akan diselesaikan hingga akhir tahun 2023.

Sebagai upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana gempa bumi yang disertai tsunami dan likuifaksi yang terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Tengah (Sulteng) tahun 2018 lalu, berbagai program bantuan perumahan terus dikerjakan. Hingga saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) telah menyelesaikan sebanyak 3.463 unit hunian tetap (huntap).

Pembangunan huntap sebanyak ini merupaka target 45 persen dari total rencana yang akan dibangun sebanyak 7.682 unit huntap. Adapun saat ini 45 persen dari target yang telah dibangun ini seluruhnya telah digunakan dan dihuni oleh para penerima manfaat yaitu masyarakat yang berhak.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah, Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian pembangunan huntap pada akhir tahun 2023 dan untuk itu perlu dukungan dari semua piihak khususnya dari pemerintah daerah setempat.

“Kami membutuhkan dukungan pemerintah daerah khususnya untuk segera menyelesaikan permasalahan lahan paling tidak itu harus sudah selesai pada akhir tahun 2022 ini. Hal ini untuk mengejar target penyelesaian pembangunan pada akhir tahun 2023 sehingga seluruh hunian ini bisa diserahkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pembangunan sarana huntap sendiri dilaksanakan di tiga kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, dan Kota Palu. Di Kota Palu dibangun sebanyak 230 unit yang tersebar di kawasan Duyu sebanyak 1.056 unit, Tondo 2, 1.056 unit, Talise 663 unit, Petobo 52 unit, Satelit Balaroa 45 unit, dan Huntap Mandiri Kota Palu tahap satu 233 unit.

Di Kabupaten Sigi dibangun di Pombewe dibangun huntap tahap 1A sebanyak 400 unit, tahap 1B 205 unit, dan tahap 2A 40 unit. Di Huntap Satelit Tahap 1B di Lembara dan Salua sebanyak 125 unit, kemudian pembangunan Huntap Tahap 2B di Bangga, Sibalaya Utara dan Sibaya Selatan sebanyak 472 unit yang masih dalam tahap persiapan.

Di Kabupaten Donggala huntap satelit dan prasarana dasar permukiman tahap 1B sebanyak 622 unit telah selesai dibangun. Kemudian Huntap Satelit dan prasarana dasar permukiman tahap 2A sebanyak 377 unit dan Tahap 2B sebanyak 135 unit yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Di samping Kementerian PUPR, sarana huntap ini juga dibangun oleh LSM Yayasan Buddha Tzu Chi sebanyak 1.500 unit yang dibangun di Kawasan Tondo dan 500 unit di Kabupaten Sigi. Fatah mengapresiasi apa yang telah dilakukan Yayasan Buddha Tzu Chi untuk membantu masyarakat yang terkena bencana.

Sementara itu Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, untuk huntap yang masih dalam tahap pembangunan nantinya ketika selesai bisa langsung diserahterimakan kepada pemerintah daerah. “Hal ini supaya bisa dibuat regulasinya sebelum sarana huntap ini dihuni,” katanya.

Mau membeli apartemen, sebaiknya pahami langkah mengajukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dapat Dana Triliunan, Bank Ini Optimalkan Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Pembiayaan perumahan non subsidi khususnya untuk pekerja muda bergaji di bawah Rp12 juta akan terus ditingkatkan oleh Bank BTN. Hal ini terkait bank yang fokus pada pembiayaan perumahan i

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Segmen Rumah Tapak Kuat, Pengembang Terus Hadirkann Klaster Baru

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan rumah tapak khususnya untuk kalangan keluarga muda. Kondisi pasar untuk segmen ini yang masih sangat kuat membuat pengembang Samara Land menghadirkan klaster

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Berani Kembangkan Proyek Saat Pandemi, Pengembang Mulai Rasakan Peningkatan Bisnis

RumahCom – Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu tidak membuat kalangan pengembang menghentikan bisnisnya. Berkat keberanian mengembangkan proyek properti sejak awal pandemi, pengembang APL sa

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Fitur KPR Kian Menarik, Fixed Panjang Hingga Bunga 0 Persen

RumahCom – Penyaluran pembiayaan perumahan (KPR) terus ditingkatkan oleh Bank CIMB Niaga baik konvensional maupun syariah. Beberapa fitur yang dihadirkan antara lain kemudahan pengajuan melalui onli

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Masyarakat Harus Dapat Manfaat Maksimal Dari Program Perumahan

RumahCom – Kemeterian PUPR dalam menyusun program perumahan selain dilakukan upaya maksimal juga evaluasi untuk menghasilkan program perumahan yang lebih baik. Fokusnya yaitu mempercepat pembangunan

Lanjutkan membaca20 Mei 2022

Masukan