Kementerian PUPR Dorong Pembangunan Rusun Untuk Pondok Pesantren

Wahyu Ardiyanto25 Mei 2022

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyelesaikan pembangunan rusun yang ditujukan untuk Pondok Pesantren Al Hidayah di Temanggung. Rusun merupakan salah satu bagian program perumahan yang terus didorong untuk meningkatkan sarana hunian sekaligus sosialisasi berhunian vertikal.

Rumah susun (Rusun) Pondok Pesantren Al Hidayah di Kabupaten Temangggung, Jawa Barat, yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berbiaya Rp2,6 miliar telah selesai dan diresmikan. Rusun satu tower ini dibangun untuk menghadirkan fasilitas pendukung pendidikan kalangan santriwati yang dibangun satu tower tipe barak lengkap dengan berbagai perangkat seperti furnitur dan fasilitas lainnya.

“Rusun Pondok Pesantren Al Hidayah ini bisa menampung puluhan santriwati dan dibangun dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Dengan adanya rusun ini diharapkan para santriwati bisa belajar dengan lebih baik dan semakin bersemangat menuntut ilmu di pondok pesantren ini,” ujar Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto.

Pembangunan rusun ini merupakan bagian dari program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2015 lalu. Konsep rusun dibangun untuk memaksimalkan fungsi lahan yang semakin terbatas sekaligus sosialisasi kepada kalangan pelajar dan anak muda dengan lifestyle hunian vertikal.

Kalangan santriwati yang bisa menempati sarana hunian yang sehat dan nyaman juga diharapkan bisa terus meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang semakin unggul. Pondok Pesantren Al Hidayah juga diharapkan bisa segera membentuk tim untuk mengelola fasilitas dan sarana rusun sehingga bisa tetap terjaga kebersihan dan hal teknis lainnya sehingga operasional gedung ini bisa berjalan lama.

Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Jawa III Salahudin Rasyidi menerangkan, Rusun Pondok Pesantren Al Hidayah ini dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Tengah Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III secara single year contract project pada tahun 2021. Kontraktor pelaksana pembangunan adalah PT Yudha Perkasa Utama dan manajemen konsultan (MK) PT Cipta Artha Kreasi Konsultan.

“Pembangunan rusun ini dimulai sejak bulan Juli tahun 2021 dan bisa diselesaikan sesuai jadwal. Beberapa fasilitas juga disediakan mulai tempat tidur susun, lemari pakaian, meja belajar, kamar mandi, hingga tempat wudhu yang memadai. Rusun satu tower dua lantai ini bisa untuk menampung 56 orang santriwati,” katanya.

Agar mobilitas setiap hari berjalan lancar, mencari hunian dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mal Baru Hadir Di Mixed Use Tanjung Barat

RumahCom – Pengembang terus menghadirkan fasilitas untuk menunjukan progres pengembangan proyeknya. Pengembang SML melakukan grand opening untuk Aeon Mall di proyek mixed use Souhgate Tanjung Barat.

Lanjutkan membaca24 Mei 2022

Ruko Hingga Business Loft Banyak Dicari Di Township Gading Serpong

RumahCom – Produk komersial di kawasan prospektif seperti Gading Serpong masih dibutuhkan pasar. Pengembang Paramount Land kembali menghadirkan produk komersial Maggiore Junction dan Maggiore Busine

Lanjutkan membaca24 Mei 2022

Pengembang Kembali Hadirkan Hunian Post Pandemic

RumahCom – Township Asya, Jakarta Timur, menghadirkan hunian yang dikonsep post pandemic terkait pandemi Covid-19. Beberapa penerapannya antara lain memaksimalkan sirkulasi udara-cahaya hingga penye

Lanjutkan membaca24 Mei 2022

Bisnis Properti Asia Pasifik Naik 20 Persen

RumahCom – Bisnis properti untuk kawasan Asia Pasifik terus menunjukan penguatan. Riset JLL Capital Tracker untuk periode kuartal pertama 2022 menunjukan sektor real estat di kawasan ini meningkat h

Lanjutkan membaca25 Mei 2022

Sinergi Dan Kolaborasi Bank-Pengembang Harus Terus Ditingkatkan

RumahCom – Bank BTN mengajak kalangan pengembang yang tergabung di asosiasi REI untuk terus meningkatkan sinergitas terkait pengembangan perumahan. Sinergi yang baik antara bank dan pengembang bisa

Lanjutkan membaca25 Mei 2022

Masukan