Lokasi Favorit Rumah Masih Jabodetabek Ditambah Kawasan Bintaro Dan Serpong

Wahyu Ardiyanto31 Mei 2022

RumahCom – Masyarakat meminati ajang pameran properti yang diselenggarakan secara offline setelah selama pandemi dilaksanakan virtual (online). Masyarakat banyak mencari rumah untuk dihuni dengan lokasi di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya khususnya rumah subsidi dan rumah dengan harga di atas Rp1 miliar.

Bonus demografi yang ditandakan dengan populasi penduduk mayoritasnya dari kalangan muda produktif berdampak langsung pada sektor properti tanah air. Besarnya segmen kalangan muda pekerja berimbas pada kebutuhan produk hunian yang juga besar dan harus bisa dipenuhi.

Besarnya pasar properti khususnya untuk produk hunian ini juga yang membuat pandemi Covid-19 sejak beberapa tahun lalu tidak membuat pasar untuk segmen ini berkurang. Seiring terus membaiknya situasi pandemi dan pameran properti mulai dilaksanakan secara langsung (offline) terus meningkatkan minat masyarakat yang mencari hunian pertamanya.

Saat ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022 yang digelar dua minggu lalu oleh Bank BTN dan penyelenggara pameran PT Adhouse Clarion Events, telah sukses menarik minat masyarakat yang mendatangi berbagai both peserta pameran untuk mencari kebutuhan propertinya.

Menurut Senior Marketing Manager Adhouse Abdi Fajrin, ajang IPEX 2022 lalu telah menarik pengunjung tidak kurang dari 53.060 orang selama delapan hari berpameran. Puluhan ribu orang yang berkunjung langsung ini sebanyak 3.600 orang menyatakan minat serius untuk membeli produk properti dengan membayar booking fee.

“Dari 3.600 orang yang melakukan transaksi di ajang IPEX 2022 lalu, 78,9 persennya dari kalangan generasi milenial yang mencari hunian pertama atau kalangan first time home buyer. Dari sisi pengunjung saja sudah melebihi ekspektasi karena kami menargetkan sebanyak 50 ribu orang,” ujarnya.

Bila dirinci lagi, kalangan first time home buyer ini mencapai porsi 89,6 persen dengan pilihan lokasi mayoritasnya masih berada di kawasan Jabodetabek. Kalangan ini selain menyukai wilayah Jabodetabek secara khusus juga berburu hunian dengan lokasi di kawasan Bintaro, Serpong, dan wilayah sekitarannya.

Untuk lokasi lain juga banyak dicari khususnya untuk menyesuaikan dengan kemampuan daya beli. Bila dipersentasikan, wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur menjadi yang tertinggi dengan porsi mencapai 13 persen. Kemudian Jakarta Utara 11 persen, Jakarta Pusat 10 persen, Jakarta Barat dan Tangerang 10 persen. Wilayah lainnya yaitu Depok 8 persen, Serpong 6 persen, Bekasi 5 persen, Bogor 4 persen, Cikeas dan Bojong Gede 3 persen, dan Cilebut 2 persen.

Saat IPEX 2022 lalu juga Bank BTN memberikan banyak kemudahan pembiayaan (KPR) dengan suku bunga ekstra ringan mulai 2,22 persen yang membuat antusiasme masyarakat semakin meningkat. Kemudahan lain yaitu dengan pembebasan berbagai biaya seperti adiministrasi, provisi, appraisal, dan sebagainya.

Selain itu ada beberapa kebiasaan dari pengunjung yang berubah khususnya saat pameran sebelum adanya pandemi. Umumnya, pengunjung yang serius membeli maupun mencari informasi bisa berkali-kali datang ke ajang pameran tapi kali ini datang satu kali langsung survei ke lokasi perumahan dan datang lagi ke pameran untuk melakukan booking.

“Perubahan lainnya dari sisi range harga produk yang dibeli mulai banyak ditransaksikan untuk rumah dengan range harga di atas Rp1 miliar yang banyak dicari pengunjung. Rumah Rp1 miliar dan produk rumah subsidi akhirnya menjadi produk yang paling banyak dicari konsumen,” imbuh Abdi.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

PPN Jadi 11 Persen Masih Oke Untuk Produk Residensial

RumahCom – Pemerintah telah menaikan PPN dari 10 menjadi 11 persen termasuk untuk produk properti. Kenaikan ini disebut kontra produktif dengan tren peningkatan bisnis yang mulai terjadi untuk sekto

Lanjutkan membaca30 Mei 2022

Rusun Untuk Anggota Polri Gorontalo Ini Dilengkapi Hydrant Hingga Smoke Detector

RumahCom – Kementerian PUPR kembali menyerahkan fasilitas rusun untuk anggota Polri di Provinsi Gorontalo. Sarana rusun seperti ini terus diperbanyak untuk memaksimalkan fungsi lahan, edukasi berhun

Lanjutkan membaca30 Mei 2022

Pengembang Catatkan Penjualan Tinggi Justru Saat Pandemi

RumahCom – Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu tidak mengurangi minat masyarakat untuk membeli rumah. Pengembang Dwicitra Land berhasil membukukan penjualan tinggi hingga mencapai Rp350 mili

Lanjutkan membaca31 Mei 2022

Pentingnya Kebijakan Risiko Bencana Diintegrasikan Pada Bangunan

RumahCom – Potensi bencana yang tinggi di Indonesia harus disikapi secara menyeluruh termasuk diintegrasikan pada setiap bangunan. Kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan untuk mempersiap

Lanjutkan membaca31 Mei 2022

Beberapa Hal Supaya KPR Disetujui Bank

RumahCom – Membeli rumah dengan pembiayaan KPR bank harus dipastikan penghasilan serta kemampuan mencicil tiap bulan. Mengajukan kredit secara joint income juga lebih potensial untuk disetujui bank

Lanjutkan membaca31 Mei 2022

Masukan