Masih Banyak Proyek Jalan Tol Yang Akan Dibangun, Pengelola Harus Profesional

Wahyu Ardiyanto1 Jul 2022

RumahCom – Para pengelola jalan tol yang tergabung dalam Asosiasi Tol Indonesia diharapkan bisa terus meningkatkan perannya terkait kualitas dan layanan jalan tol di seluruh Indonesia. Kontribusi melalui jalan tol harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan pesan agar para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung dalam Asosiasi Tol Indonesia (ATI) dapat menyusun program ke depan untuk terus meningkatkan layanan jalan tol bagi para pengguna.

Di sisi lain, Basuki juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh BUJT yang telah berkontribusi mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2022 di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri.

“Apresiasi disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada Rapat Terbatas Kabinet serta dari Pimpinan dan Anggota Komisi V DPR-RI pada saat Raker Evaluasi Mudik Lebaran 2022 minggu lalu. Secara garis besar masyarakat puas dengan layanan jalan tol selama mudik Lebaran 2022 yang sudah lebih baik dari tahun sebelumnya namun dari hasil evaluasi masih terdapat kekurangan yang perlu kita perbaiki bersama untuk Mudik Lebaran 2023,” ujarnya.

Setiap BUJT selaku pengelola di masing-masing ruas jalan tol diminta untuk memulai penyiapan kantong parkir tambahan dan toilet umum di rest area. Keterbatasan area parkir menyebabkan banyak pengemudi yang memarkir kendaraan di bahu jalan sehingga mengakibatkan kemacetan.

Hal ini harus sudah bisa diatasi sebelum masa mudik Lebaran 2023 dengan kantong parkir tambahan. Bagian lansekap juga perlu terus ditata dan beautifikasi pada ruas-ruas tol operasional seperti pengecatan marka jalan, median atau pembatas (concrete barrier), gantry, pintu tol dan gardu agar lebih rapi, bersih, dan tidak kumuh.

Untuk informasi, pada periode 2015-2019 Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan jalan tol sepanjang 1.400 km termasuk tersambungnya tol Trans Jawa dan dimulainya pembangunan tol Trans Sumatera sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Pada periode 2020-2024 diharapkan target pembangunan jalan tol sepanjang 1.567 km dapat terwujud di mana dari tahun 2020 hingga Mei 2022 telah diselesaikan sepanjang 412 km dan akan menyusul 320 km jalan tol baru yang tersebar di 16 ruas hingga akhir tahun 2022 ini.

Basuki juga berpesan dengan sisa waktu 2,5 tahun ini seluruh anggota ATI dapat bekerja keras mempercepat penyelesaian berbagai ruas jalan tol yang sudah sangat ditunggu manfaatnya oleh masyarakat antara lain lanjutan backbone tol Trans Sumatera, tol Trans Jawa sampai Besuki, tol JORR II, tol Semarang-Demak, dan tol Cisumdawu.

“Selain itu kita juga telah memulai pembangunan beberapa ruas tol yang sangat penting untuk melengkapi sistem jaringan jalan nasional, antara lain Tol Yogyakarta-Solo, tol Yogyakarta-Bawen, tol Gilimanuk-Mengwi, tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap, termasuk tol akses ibukota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim),” imbuhnya.

Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, BPJT Kementerian PUPR terus berupaya mendorong seluruh BUJT untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur jalan tol beserta layanan kepada pengguna jalan secara berkelanjutan karena kebutuhan dan permintaan masyarakat yang semakin tinggi.

“Seiring dengan pembangunan jalan tol yang semakin masif, industri jalan tol juga dihadapkan pada tantangan konstruksi, pendanaan dan pengoperasian, hingga inovasi teknologi yang terus berjalan di setiap perkembanganan industri jalan tol 4.0 yang sejalan dengan komitmen pemerintah untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” katanya.

Bangun rumah tidak harus selalu mahal. Siasati trik bangun rumah dengan anggaran minim lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Suku Bunga Bakal Naik, Utak-Atik Strategi Cara Bayar Terus Dikreasikan

RumahCom – Situasi bisnis properti yang terus membaik dinilai masih cukup rawan terkait kondisi perekonomian global. Dalam waktu dekat suku bunga KPR juga akan naik dan hal itu diantisipasi perusaha

Lanjutkan membaca1 Jul 2022

Perkembangan Koridor Timur Bikin Kawasan Perumahan Jadi Township Urban Modern

RumahCom – Infrastruktur dan fasilitas yang terus berkembang kian mendorong perkembangan dan potensi sebuah kawasan. Cibubur yang merupakan wilayah di koridor timur Jakarta menjadi salah satu wilaya

Lanjutkan membaca1 Jul 2022

Transformasi Jakarta Timur Dirancang Jadi Lebih Baik, Seperti Apa?

RumahCom – Wilayah Jakarta Timur tengah disiapkan untuk menjadi kawasan yang sangat berkembang untuk kegiatan bisnis maupun kawasan hunian. Transformasi wilayah ini juga telah diatur dalam rancangan

Lanjutkan membaca1 Jul 2022

Anggaran Program Bedah Rumah Rp2,23 Triliun Untuk 103 Ribu Unit

RumahCom – Kementerian PUPR mendapatkan alokasi anggaran mencapai Rp2,23 triliun untuk program BSPS atau bedah rumah tahun 2022. Anggaran sebesar ini untuk membuat rumah tidak layak huni menjadi lay

Lanjutkan membaca1 Jul 2022

Jangan Terbuai Dengan Peningkatan Bisnis Properti, Bisa Tiba-Tiba Turun Lagi

RumahCom – Tren peningkatan bisnis termasuk sektor properti salah satunya didorong oleh membaiknya situasi pandemi Covid-19. Perekonomian yang tidak bisa dilepaskan dari situasi global nyatanya masi

Lanjutkan membaca1 Jul 2022

Masukan