Bukan Hanya Salurkan Pembiayaan Perumahan, Bank Ini Juga Ciptakan Developer

Wahyu Ardiyanto29 Agu 2022

RumahCom – Untuk memperbesar suplai perumahan perlu terus didorong ekosistem bisnis yang komprehensif mulai dari pembangunan, konsep pemasaran, hingga pembiayaan di sektor properti. Secara aktif bank BUMN ini bukan hanya menyalurkan pembiayaan tapi juga pelatihan bisnis properti untuk menjadikan generasi milenial pengusaha di sektor properti.

Sebagai bank BUMN yang fokus pada pembiayaan perumahan (KPR) khususnya yang menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), Bank BTN bukan hanya meningkatkan penyaluran produk KPR-nya tapi seluruh ekosistem untuk mendorong peningkatan bisnis perumahan.

Salah satunya melalui Housing Finance Center (HFC) Bank BTN yang mendorong anak-anak muda milenial untuk mengembangkan potensinya untuk menjadi developer atau pengembang perumahan. Bank BTN menggandeng kerja sama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB) dengan mengadakan pelatihan Mini MBA di bidang properti.

Menurut Direktur Finance Bank BTN Nofry Rony Poetra, tantangan sektor perumahan kita masih sangat besar salah satunya backlog yang mencapai 12,75 juta unit yang harus terus diupayakan solusinya. Salah satu peran aktif itu dengan menyelenggarakan pelatihan sehingga suplai rumah bisa terus diperbanyak dan mengurangi angka backlog.

“Supaya suplai rumah melimpah dibutuhkan banyak peran developer yang melakukan pembangunan rumah. Inisiatif ini yang menjadi concern Bank BTN untuk menciptakan developer-developer muda di berbagai daerah dengan menggandeng kalangan akademisi untuk menyelenggarakan pendidikan di bidang bisnis properti,” ujarnya.

Penandatanganan kerja sama dengan SBM-ITB sendiri merupakan kelanjutan kerja sama yang telah dilakukan sebelumnya yang telah sukses menggelar pelatihan Mini MBA in Property yang mencetak sekitar 1.000 lulusan dari 15 batch yang diselenggarakan.

Melalui kerja sama ini Bank BTN berharap program pelatihan dan pendidikan di bidang properti bisa terus berlanjut dan mencetak kalangan pengembang baru yang lebih banyak setiap tahunnya untuk melengkapi mortgage ecosystem yang dibangun Bank BTN.

Pengembangan kewirausahaan di bidang properti sendiri telah mendorong pertumbuhan bisnis pembiayaan perumahan Bank BTN. Karena itu edukasi terhadap kalangan generasi milenial supaya tertarik menjadi pengusaha di bidang bisnis properti akan terus dilakukan.

Sebelumnya berbabagai pelatihan seperti ini juga telah diselenggarakan seperti BTN Santri Developer, School of Property Developer, Ruang Temu Property Developer, dan Mini MBA in Property. Dari berbagai pelatihan ini telah dihasilkan sekitar 2.353 pengusaha properti dan jumlah ini yang akan terus ditingkatkan.

“Selain kerja sama dengan SBM-ITB kami juga bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, dan dengan beberapa universitas di dalam negeri lainnya. Kami juga menjajaki program serupa untuk bekerja sama dengan universitas di luar negeri dan saat ini masih dalam proses seperti universitas di kawasan Asia dan Australia,” imbuhnya.

HFC Bank BTN akan mengedepankan empat pilar pembelajaran yang komprehensif mencakup aspek land (pertanahan), legal (perizinan), capital (pembiayaa), dan skillset (penjualan). Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Jaka Sembiring mengungkapkan, inisiatif kerjasama SBM ITB dengan Bank BTN dalam penyelenggaran pelatihan dan pendidikan properti ini diharapkan dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin bagi semua pihak.

“Mini MBA ini merupakan satu langkah strategis karena kita bisa dengan cepat memberikan adaptasi terhadap tantangan perubahan yang begitu cepat. Sementara untuk jangka panjang dalam bidang properti akan memberikan landasan-landasan yang kuat secara akademis yang tentunya disertai dalam bentuk-bentuk penelitian dan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Strategi Pemerintah Untuk Kurangi Backlog Perumahan

RumahCom – Program perumahan yang dihadirkan pemerintah memiliki masterplan untuk memenuhi pasar yang besar dan mengurangi angka backlog perumahan. Berbagai permasalahan sektor perumahan juga membut

Lanjutkan membaca26 Agu 2022

Program Sejuta Rumah Jadi Andalan Untuk Kurangi Backlog, Efektif?

RumahCom – Program sejuta rumah merupakan gerakan di sektor perumahan untuk mendorong seluruh stakeholder meningkatkan perannya sehingga bisa mengurai berbagai permasalahan di sektor perumahan. Kola

Lanjutkan membaca29 Agu 2022

Penjualan Rumah Tapak Bagus, Pengembang Terus Hadirkan Produk Premium

RumahCom – Tipe rumah luxurious mulai banyak dihadirkan seiring penjualan rumah tapak yang terus mencatatkan peningkatan. Segmen yang menyasar konsumen menengah ke atas ini menjadi momentum kalau pr

Lanjutkan membaca29 Agu 2022

Seksi Terakhir Tol Cijago Segera Tuntas, Aksesibilitas Jabodetabek Makin Ngacir

RumahCom – Jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) merupakan ruas penting yang akan memperlancar lalu lintas di kawasan Jabodetabek. Dua ruas tol Cijago telah beroperasi pada tahun 2012 dan 2019 lalu dan

Lanjutkan membaca29 Agu 2022

Jakarta Jadi Ajang Kumpul Pemimpin Kota-Kota Dunia, Apa Yang Dibahas?

RumahCom – Rangkaian event Urban U20 Mayors Summit dilaksanakan di Kota Jakarta yang merupakan bagian dari event G20 yang puncaknya berlangsung di Bali. Ada berbagai agenda permasalahan perkotaan ya

Lanjutkan membaca29 Agu 2022

Masukan