Pentingnya Mengasuransikan Rumah

Wahyu Ardiyanto23 Sep 2022

RumahCom – Selain sebagai kebutuhan papan, rumah maupun produk properti lainnya merupakan aset yang sangat berharga dan karena itu perlu diasuransikan. Ada cukup banyak produk asuransi untuk properti dengan kebutuhan maupun premi yang fleksibel dan disesuaikan dengan kemampuan.

Di Indonesia yang umum diasuransikan adalah kesehatan dan kendaraan baru khususnya yang masih dalam periode kredit. Semua orang paham dengan konsep asuransi untuk melindungi kerugian finansial namun untuk produk rumah atau properti lainnya yang justru sangat berharga masih sangat jarang yang mengasuransikannya.

Karena itu perusahaan asuransi terus mengedukasi dan melakukan sosialisasi pentingnya mengasuransikan produk properti terlebih dengan pesatnya pembangunan kawasan yang menyediakan residensial, ruang usaha, komersial, pergudangan, perkantoran, hotel, rumah sakit, sarana pendidikan, dan sebagainya.

Menurut Marketing Director PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika Christian Putra, permintaan yang tinggi akan produk properti belum diiringi dengan pemahaman masyarakat terkait pentingnya untuk memproteksi aset properti sehingga terbebas dari bencana maupun musibah.

“Salah satu kerugian yang sering kali terjadi pada properti yaitu kebakaran khususnya untuk kawasan permukiman. Musibah seperti bencana alam gempa maupun lainnya tentu tidak dapat diprediksi dan untuk melindungi aset properti kita sangat baik untuk memberikan perlindungan terhadap aset itu sehingga kita terbebas dari kekhawatiran finansial bila terjadi risiko yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, tahun 2022 terjadi bencana kebakaran sebayak 938 kasus. Dari musibah ini 568 kasus kebakaran terjadi akibat listrik dan beberapa penyebab lainnya seperti gas, lilin, rokok, dan lainnya.

Untuk mencegah dan mengatasi kebakaran tentunya bukan hanya menjadi tugas Dinas Pemadam Kebakaran tapi kita semua sebagai masyarakat wajib ikut serta dalam aktivitas pencegahan. Beberapa hal yang harus dipahami yaitu mematikan alat elektronik yang tidak digunakkan, tidak menyalakan api sembarangan, menjauhkan benda yang mudah terbakar dari sumber api, rutin melakukan pemeriksaan dan perawatan kabel listrik, dan sebagainya.

Bencana yang bisa terjadi seperti kebakaran akan mengakibatkan kerugian yang besar khususnya untuk aset properti. Karena itu sangat penting menerapkan cara-cara untuk pencegahan hingga pemahaman atas kesadaran melindungi aset properti dari berbagai risiko yang tidak bisa diprediksi.

“Asuransi properti menjadi modal awal untuk membantu kita melindungi aset yang sangat penting dan berharga serta mengindari kerugian yang lebih besar apabila terjadi bencana seperti kebakaran pada aset properti yang kita miliki. Saat ini ada banyak pilihan dengan premi yang juga fleksibel untuk program perlindungai aset properti,” jelas Christian.

Sebagai informasi, PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika merupakan perusahaan asuransi umum yang telah beroperasi sejak tahun 2012 memiliki tiga jenis produk perlindungan properti seperti asuransi kebakaran, asuransi terhadap semua risiko atau property all risk, dan asuransi gempa bumi.

Selain mendapatkan ganti rugi ketika properti terkena musibah kebakaran, bencana alam, atau kerusakan akibat perbuatan kejahatan, pemegang polis asuransi juga akan mendapatkan jaminan ganti rugi apabila terjadi kerugian terhadap aset yang didaftarkan ke dalam asuransi properti.

Konsep TOD merupakan program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal. Selengkapnya simak di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rp2,11 Triliun Anggaran Infrastruktur Bidang Permukiman Serap Tenaga Kerja 60.466 Orang

RumahCom – Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR memiliki alokasi anggaran mencapai lebih dari Rp2 triliun untuk berbagai program infrastruktur dasar perumahan dan permukiman di 694 lokasi Indonesia.

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Masalah Perumahan Yang Klasik Dan Selalu Berulang

RumahCom – Sektor yang sangat strategis seperti perumahan harus ditangani oleh lembaga khusus dengan SDM kuat dan dukungan anggaran memadai. Selama ini sektor perumahan selalu menghadapi permasalaha

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Penguatan Permodalan Bank Penyalur KPR Harus Jamin Perbanyak Akses Milenial Beli Rumah

RumahCom – Bank BUMN yang fokus di pembiayaan perumahan akan kembali mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) untuk memperkuat permodalannya. Dengan penguatan permodalan kalangan Anggota DPR menega

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Menengok Upaya Jakarta Jadi Kota Global, Rumah Bisa 4 Lantai Hingga Fleksibilitas Aturan Hunian

RumahCom – Kota Jakarta terus melanjutkan berbagai upaya untuk mewujudkan kota global berbasis transit dan digital. Salah satu upayanya dengan menghadirkan RDTR yang lebih fleksibel untuk berbagai p

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Fitur Sustainable Living Kian Digemari

RumahCom – Rumah dua lantai dengan fitur khusus yang menawarkan kenyamanan hunian kian digemari. Kalangan pengembang terus menghadirkan produk ini dengan menawarkan hunian sehat berkonsep alam untuk

Lanjutkan membaca23 Sep 2022

Masukan