Pemerintah Siapkan Aplikasi Untuk Antisipasi Rumah Yang Terkena Bencana Alam

Wahyu Ardiyanto23 Sep 2022

RumahCom – Aplikasi rumah terdampak bencana (Rutena) tengah disiapkan untuk pendataan dan antisipasi saat terjadi bencana alam pada rumah-rumah masyarakat. Potensi bencana alam yang besar di Indonesia diperlukan adanya antisipasi yang melibatkan berbagai sektor.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan akan terus meningkatkan koordinasi dalam proses penanganan kebencanaan bidang perumahan di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan sebuah aplikasi untuk memudahkan pendataan.                                                        

Menurut Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto, pada tahap tanggap darurat Ditjen Perumahan mengembangkan aplikasi rumah terdampak bencana (Rutena) untuk pendataan rumah terdampak bencana secara cepat dan sesuai dengan berbagai kriteria teknis penilaian kerusahan bangunan rumah.

“Aplikasi ini akan digunakan bersama oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dinas perumahan, dan balai-balai pelaksana penyediaan perumahan di lapangan saat terjadi bencana sehingga semuanya bisa lebih terkoordinasi dan penanganan bisa tepat dan cepat,” ujarnya.

Hal lainnya yang juga dilakukan yaitu meningkatkan koordinasi penanganan kebencanaan bidang perumahan. Melalui koordinasi yang baik diharapkan bisa terjalin komunikasi yang semakin erat antara balai-balai penyediaan perumahan (P2P), dinas yang menangani bidang perumahan, maupun BPBD di wilayah kerja masing-masing.

Dengan begitu bisa tercipta pemahaman tentang fungsi masing-masing pihak dalam penanggulangan bencana bidang perumahan. Setiap balai P2P juga akan diminta untuk menindaklanjuti koordinasi dengan dinas-dinas yang menangani perumahan dan BPBD di wilayah kerja masing-masing untuk menyiapkan strategi kesiapsiagaan dalam pemanfaatan aplikasi Rutenadi lapangan termasuk kesepakatan pengelolaan yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

“Dengan koordinasi dan komunikasi yang baik diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar dalam upaya kita mensinergikan peran dalam penanggulangan bencana di bidang perumahan. Termasuk juga pendataan yang cepat rumah terdampak bencana menuju satu data melalui pemanfataan aplikasi Rutena,” jelas Iwan.

Hal ini sangat penting karena Indonesia memiliki potensi kebencanaan yang cukup lengkap. Secara geologis, Indonesia memiliki wilayah paparan benua yang luas di mana dua jalur gunung api besar dunia bertemu di Indonesia. Jalur ring of fire ini membentang mulai dari Nusa Tenggara, Bali, Jawa, hingga Sumatera.

Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari hasil proses pertemuan tiga lempeng tektonik besar yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan lempeng Pasifik. Selain gunung berapi juga ditemukan banyak patahan aktif sebagai akibat pertemuan tiga lempeng tersebut yang bisa memicu untuk terjadinya bencana gempa bumi, likuifaksi, gunung meletus, dan potensi bencana lainnya.

Cek lima langkah mudah mengurus balik nama sertifikat rumah lewat video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Penguatan Permodalan Bank Penyalur KPR Harus Jamin Perbanyak Akses Milenial Beli Rumah

RumahCom – Bank BUMN yang fokus di pembiayaan perumahan akan kembali mendapatkan penyertaan modal negara (PMN) untuk memperkuat permodalannya. Dengan penguatan permodalan kalangan Anggota DPR menega

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Menengok Upaya Jakarta Jadi Kota Global, Rumah Bisa 4 Lantai Hingga Fleksibilitas Aturan Hunian

RumahCom – Kota Jakarta terus melanjutkan berbagai upaya untuk mewujudkan kota global berbasis transit dan digital. Salah satu upayanya dengan menghadirkan RDTR yang lebih fleksibel untuk berbagai p

Lanjutkan membaca22 Sep 2022

Fitur Sustainable Living Kian Digemari

RumahCom – Rumah dua lantai dengan fitur khusus yang menawarkan kenyamanan hunian kian digemari. Kalangan pengembang terus menghadirkan produk ini dengan menawarkan hunian sehat berkonsep alam untuk

Lanjutkan membaca23 Sep 2022

Pentingnya Mengasuransikan Rumah

RumahCom – Selain sebagai kebutuhan papan, rumah maupun produk properti lainnya merupakan aset yang sangat berharga dan karena itu perlu diasuransikan. Ada cukup banyak produk asuransi untuk propert

Lanjutkan membaca23 Sep 2022

Perusahaan BUMN Ini Terbitkan Obligasi Rp3 Triliun Untuk Disalurkan Pembiayaan Perumahan

RumahCom – Sebagai BUMN dengan penugasan khusus, PT SMF kembali menerbitkan obligasi PUB sebesar Rp3 triliun. Dana dari obligasi ini akan digunakan untuk menyalurkan pembiayaan perumahan ke bank pen

Lanjutkan membaca23 Sep 2022

Masukan