DP 0 Rupiah Untuk Rumah Di Jakarta Targetkan 9.081 Unit

Wahyu Ardiyanto30 Sep 2022

RumahCom – Pandemi Covid-19 membuat program dp Pemprov DKI Jakarta direvisi. Dari target yang mencapai 200 ribu unit akhirnya dirasionalisasi menjadi kurang dari 10 ribu unit namun tetap dengan rencana maupun strategi yang jangka panjang.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merevisi target pembangunan hunian depe nol rupiah menjadi sebanyak 9.081 unit. Rasionalisasi target ini dilakukan untuk menyesuaikan situasi yang terdampak karena adanya pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu.

Rasionalisasi target ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Pemprov DKI Jakarta tahun 2023-2026 yang ditandatangani oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sejak medio Juni 2022 lalu.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali, kebijakan merasionalisasi target program kemudahan perumahan untuk masyarakat Jakarta ini tidak terlepas karena situasi pandemi namun pihak pemprov akan memastikan pembangunan hunian dengan program depe nol rupiah ini akan terus berlanjut.

“Program pembangunan ini tetap akan dilakukan secara berkelanjutan jadi kendati secara targetnya diturunkan itu sifatnya rasional karena selama dua tahun terakhir kita tidak bisa berbuat apa-apa karena pandemi, jadi dua tahun terakhir capaian program ini memang nol,” ujarnya.

Namun begitu selama dua tahun terakhir saat pandemi itu pihak pemprov juga bukannya tidak melakukan apapun. Berbagai persiapan, rencana, maupun strategi terus dikembangkan untuk mendorong program ini bisa lebih aplikatif dan berjalan dengan baik di lapangan.

Persiapan yang lebih baik membuat pelaksanaan program ini yang ditargetkan menjadi 9.081 unit hunian depe nol rupiah akan bisa dilakukan secara berkelanjutan paling tidak hingga tahun 2026 sesuai rencana. Untuk informasi, target hunian depe nol rupiah yang tertuang dalam RPJMD 2017-2022 mencapai 200 ribu unit.

“Pihak  pemprov merevisi target RPJMD itu dan menetapkan program depe nol rupiah jadi 10 ribu unit namun revisi itu tidak disetujui oleh DPRD. Akhirnya target terakhir pembangunan rumah depe nol rupiah kembali diturunkan menjadi 9.081 unit,” pungkas Marullah.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

1.951 Hunian Tetap Untuk Kawasan Bencana Bisa Dibangun Empat Bulan

RumahCom – Perusahaan BUMN Karya bisa membangun ribuan unit hunian tetap (Huntap) untuk masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Huntap dibangun dengan teknolo

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

LRT Hingga Kereta Cepat Jakarta-Bandung Perkuat Transportasi Masal Berbasis Rel

RumahCom – Perusahaan BUMN bidang transportasi KAI, terus memperkuat layanan untuk memberikan pengalaman transportasi yang lebih menyenangkan untuk masyarakat. KAI juga akan menggenjot proyek LRT Ja

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Maluku Sediakan 170 Unit Homestay Baru Bertarif Rp150 Ribu

RumahCom – Kawasan permukiman masyarakat yang tidak layak huni direvitalisasi menjadi lebih sehat dan layak huni dengan fungsi yang juga ditingkatkan menjadi homestay untuk kawasan wisata. Dengan fu

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Pemerintah Jaga Fungsi Bank Tanah Untuk Optimalkan Kesejahteraan Masyarakat

RumahCom – Berbagai aturan teknis terkait bank tanah terus disosialisasikan. Kementerian ATR/BPN selain sebagai land regulator juga akan bertindak sebagai land manager untuk memastikan pengadaan tan

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Simak Nih, Ada Tawaran Kemudahan Untuk Milenial Punya Rumah Di Jakarta

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan terus mengemas produknya untuk bisa diakses oleh kalangan milenial. Konsep hunian yang tepat dengan lokasi dan fasilitas ditunjang dengan skema pembiayaa

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Masukan