Pemerintah Didorong Lakukan Terobosan Untuk Harga Rumah Subsidi

Wahyu Ardiyanto30 Sep 2022

RumahCom – Patokan harga rumah subsidi yang tidak naik selama tiga tahun terakhir di tengah situasi kenaikan harga bahan bangunan, upah tenaga kerja, hingga BBM kian memberatkan pasokan rumah untuk segmen MBR ini. Pemerintah didorong untuk melakukan terobosan supaya segmen ini tetap berproduksi.

Kalangan pengembang kembali mendorong pemerintah untuk melakukann terobosan terkait kebijakann patokan harga rumah subsidi yang baru. Pengembang yang tergabung di Real Estat Indonesia (REI) berharap patokan harga ini menjadi prioritas pemerintah untuk menjamin pasokan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan tidak terjadi stagnasi.

Menurut Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida, menjelang akhir tahun 2022 ini patokan harga jual rumah subsidi masih belum ada kejelasan sementara harga patokan yang saat ini sudah berlaku selama tiga tahun terakhir dan hingga saat ini belum mengalami kenaikan.

“Padahal harga material bahan bangunan, upah tenaga kerja, hingga yang terbaru BBM sudah mengalami kenaikan. Rata-rata material bahan bangunan saja kenaikannya mencapai 20-30 persen bahak besi naiknya lebih dari 100 persen dan kondisi itu diperparah dengan naiknya BBM pada 3 September lalu,” ujarnya.

Pasca kenaikan BBM, Totok menyebut material bahan bangunan langsung naik sebesar 15 persen dan ini menyebabkan biaya produksi untuk membangun rumah subsidi naik hingga 8-10 persen. Situasi ini tentunya sangat memberatkan kalangan pengembang untuk terus melanjutkan pembangunan proyek rumah subsidinya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama ini hanya memberikan wacana untuk patokan harga rumah subsidi yang terus disebut-sebut sejak awal tahun ini namun belum juga direalisasikan. Untuk sosialisasinya, kenaikan rumah subsidi ini disebut mencapai 7 persen pada tahun 2022 namun belum ada kepastian kapan penyesuaian ini diberlakukan.

Di sisi lain, Asosiasi REI juga mendapatkan informasi dari Kementerian Keuangan terkait aturan undang-undang (UU) perpajakan yang baru. Di aturan itu disebutkan kalau penetapan harga rumah subsidi termasuk batasan penghasilan penerima subsidi harus menunggu penetapan peraturan pemerintah (PP) sebagai aturan teknis dari UU harmonisasi peraturan perpajakan.

Belum jelasnya berbagai aturan teknis ini kian menambah patokan harga rumah subsidi yang baru justru semakin jauh dari harapan. Hal ini tentunya berpotensi untuk menghambat suplai rumah subsidi bagi kalangan MBR. Untuk menghindari hal ini dibutuhkan terobosan dari pemerintah supaya progres pembangunan di lapangan bisa kembali lancar.

“Kami menawarkan usul dengan pemerintah membebaskan pajak pertambahan nilai (PPN) untuk rumah dengan harga hingga Rp300 juta atau sambil menunggu PP terbit harga baru untuk rumah subsidi ditetapkan dengan merujuk pada aturan UU yang lama. Opsi lainnya pemerintah terbitkan saja harga baru rumah subsidi tanpa menunggu PP, kalau PPN yang dibebaskan untuk rumah seharga Rp2 miliar saja bisa seharusnya untuk rumah subsidi lebih bisa,” pungkasnya.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

LRT Hingga Kereta Cepat Jakarta-Bandung Perkuat Transportasi Masal Berbasis Rel

RumahCom – Perusahaan BUMN bidang transportasi KAI, terus memperkuat layanan untuk memberikan pengalaman transportasi yang lebih menyenangkan untuk masyarakat. KAI juga akan menggenjot proyek LRT Ja

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Maluku Sediakan 170 Unit Homestay Baru Bertarif Rp150 Ribu

RumahCom – Kawasan permukiman masyarakat yang tidak layak huni direvitalisasi menjadi lebih sehat dan layak huni dengan fungsi yang juga ditingkatkan menjadi homestay untuk kawasan wisata. Dengan fu

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Pemerintah Jaga Fungsi Bank Tanah Untuk Optimalkan Kesejahteraan Masyarakat

RumahCom – Berbagai aturan teknis terkait bank tanah terus disosialisasikan. Kementerian ATR/BPN selain sebagai land regulator juga akan bertindak sebagai land manager untuk memastikan pengadaan tan

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Simak Nih, Ada Tawaran Kemudahan Untuk Milenial Punya Rumah Di Jakarta

RumahCom – Kalangan pengembang dan perbankan terus mengemas produknya untuk bisa diakses oleh kalangan milenial. Konsep hunian yang tepat dengan lokasi dan fasilitas ditunjang dengan skema pembiayaa

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Masukan