Peran Aktif Jakarta Untuk Menjadi Kota Yang Berkelanjutan

Wahyu Ardiyanto30 Sep 2022

RumahCom – Kota Jakarta mengikuti ajang WLC 2022 untuk menunjukan komitmen global dalam pembangunan kota yang berkelanjutan. Kota yang baik dikembangkan dengan tidak menyediakan ruang untuk kerusakan bahkan harus menjadi bagian dari perbaikan iklim global.

Ajang We Love Cities (WLC) tahun 2022 yang berlangsung hingga akhir Oktober 2022 di San Fransico, California, Amerika Serikat, diikuti juga oleh kota-kota dari Indonesia yaitu Jakarta, Balikpapan, dan Probolinggo. Ajang WLC tahun 2022 saat ini diikuti oleh 75 kota dari 32 negara.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, keikutsertaan Kota Jakarta di ajang WLC 2022 ini menjadi bukti nyata keinginan untuk maju di Kota Jakarta khususnya yang terkait dengan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik dan mengikuti ajang ini bisa menjadi pertukaran informasi yang sangat penting.

“Jadi ini bukan sekadar soal kompetisi tapi juga komitmen seluruh masyarakat global yang ingin mengadakan pembangunan berkelanjutan di wilayahnya. Kota yang baik tentunya harus terus maju tapi berbagai kegiatan yang dilakukan tanpa menyisakan kerusakan bagi lingkungan dan Jakarta menjadi bagian dari pendorong perbaikan iklim dunia,” katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto menjelaskan, WLC merupakan kompetisi dalam melaksanakan kampanye yang melibatkan masyarakat untuk mendorong masyarakat di seluruh dunia bertindak dan menyatakan dukungan bagi pembangunan perkotaan yang berkelanjutan.

“Pada ajang WLC ini akan ditetapkan dua pemenang secara global. Provinsi DKI Jakarta sendiri bersama 250 kota dari 50 negara termasuk 24 kota dan kabupaten dari Indonesia ikut berkompetisi dengan melaporkan data aksi iklim sejak tahun 2021 lalu,” jelasnya.

Nantinya tim juri yang hadir pada ajang tersebut terdiri dari pakar perkotaan internasional yang akan menilai aspek keselarasan rencana aksi iklim kota dengan target berbasis sains, keseimbangan aksi mitigas,i dan aksi adaptasi dalam mencapai target tersebut. Kota juga dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan guna memimpin dan berinovasi dalam menghadapi tantangan dalam perubahan iklim.

Program WLC ini merupakan kelanjutan dari program One Planet City Challenge (OPCC) yang merupakan kompetisi persahabatan global antar kota dan diselenggarakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) dalam rangka menanggulangi perubahan iklim. Pada pengumuman OPCC tanggal 31 Mei 2022, Jakarta terpilih sebagai pemenang nasional OPCC 2021-2022. Para finalis terpilih kemudian melanjutkan ajang WLC 2022 hingga 31 Oktober 2022 mendatang.

Ingin membeli apartemen, siapkan dulu biaya-biaya berikut ini agar pembelian apartemen menjadi lancar. Selengkapnya, yuk nonton video berikut ini.

 

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

1.951 Hunian Tetap Untuk Kawasan Bencana Bisa Dibangun Empat Bulan

RumahCom – Perusahaan BUMN Karya bisa membangun ribuan unit hunian tetap (Huntap) untuk masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Huntap dibangun dengan teknolo

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

LRT Hingga Kereta Cepat Jakarta-Bandung Perkuat Transportasi Masal Berbasis Rel

RumahCom – Perusahaan BUMN bidang transportasi KAI, terus memperkuat layanan untuk memberikan pengalaman transportasi yang lebih menyenangkan untuk masyarakat. KAI juga akan menggenjot proyek LRT Ja

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Pemerintah Jaga Fungsi Bank Tanah Untuk Optimalkan Kesejahteraan Masyarakat

RumahCom – Berbagai aturan teknis terkait bank tanah terus disosialisasikan. Kementerian ATR/BPN selain sebagai land regulator juga akan bertindak sebagai land manager untuk memastikan pengadaan tan

Lanjutkan membaca29 Sep 2022

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dikoneksikan Dengan Transportasi Publik Lain

RumahCom – Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung bukan hanya untuk mempermudah transportasi dua kawasan Jakarta dan Bandung. Sarana ini juga akan dikoneksikan dengan berbagai moda transportasi publik

Lanjutkan membaca30 Sep 2022

Pemerintah Didorong Lakukan Terobosan Untuk Harga Rumah Subsidi

RumahCom – Patokan harga rumah subsidi yang tidak naik selama tiga tahun terakhir di tengah situasi kenaikan harga bahan bangunan, upah tenaga kerja, hingga BBM kian memberatkan pasokan rumah untuk

Lanjutkan membaca30 Sep 2022

Masukan