Sektor Perumahan Terbukti Tahan Banting

Wahyu Ardiyanto14 Mar 2023

RumahCom – Di tengah situasi bisnis lokal maupun global yang terkendala pandemi, sektor properti khususnya perumahan terbukti tetap bertahan bahkan tetap mencatatkan pertumbuhan. Hal ini yang mendorong pemerintah terus memberikan berbagai stimulus maupun insentif untuk menggerakkan perekonomian.

Pemerintah mengakui bisnis properti merupakan sektor bisnis yang penting bahkan merupakan salah satu sektor yang tidak terkena dampak berarti saat pandemi Covid-19. Itu yang membuat pemerintah banyak memberikan stimulus maupun insentif untuk terus mendorong kinerjas sektor ini terlebih dengan banyaknya industri ikutan di bawah bisnis properti.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong sektor ini dan menjadikannya program strategis nasional. Pentingnya sektor properti khususnya perumahan juga terbukti sejak tahun 2020 lalu minat terhadap perumahan tidak berkurang di tengah situasi pandemi.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di angka 5 persen, tapi kalau kita melihat khusus pada sektor properti situasinya pasti lebih baik. Bukti nyatanya saat situasi pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020 lalu, sektor perumahan tetap tumbuh positif di tengah yang lainnya negatif,” ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur.

Hal ini membuat industri properti menjadi salah satu sektor bisnis yang paling tahan banting dalam situasi maupun kondisi apapun. Salah satu penunjangnya yaitu kebutuhan yang besar dari segmen kalangan pekerja muda ditambah literasi bisnis properti yang kian baik yang disadari masyarakat kalau sektor ini juga merupakan instrumen investasi yang menarik.

Anggota Komisi XI DPR M. Misbakhun menyebut, program perumahan subsidi menjaddi salah satu wujud keberpihakan pemerintah kepada kelompok golongan ekonomi rendah atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk mengakses sarana hunian yang sehat dan layak.

“Rumah subsidi dengan skema bantuan yang besar mulai subsidi uang muka hingga suku bunga ringan selama tenor kreditnya merupakan jawaban bagi segmen MBR bisa mengakses kebutuhan papannya. Melalui program ini juga membantu kalangan pengembang yang membangun karena ada kepastian pasarnya,” katanya.

Program rumah subsidi telah terbukti bisa mengangkat banyak masyarakat dari yang kesulitan mengakses perumahan menjadi mendapat sokongan untuk mulai mendapatkan fasilitas rumah pertamanya. Untuk mendorong sektor properti, Bank Indonesia (BI) juga mengeluarkan beerbagai kelonggaran seperti suku bunga 0 persen dan berbagai kemudahan lainnya.

Agar mobilitas setiap hari berjalan lancar, mencari hunian dekat stasiun menjadi pilihan terbaik. Simak tipsnya pada video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Aset PSU Di 88 Lokasi Perumahan Subsidi Diserahterimakan

RumahCom – Aset penunjang prasarana, sarana, utilitas (PSU) di 88 perumahan subsidi di seluruh Indonesia diserahterimakan kepada pemerintah daerah-kota. Program PSU merupakan program stimulan untuk

Lanjutkan membaca10 Mar 2023

Koridor Timur Jakarta Terus Dikembangkan Rumah Segmen Menengah Ke Bawah

RumahCom – Perkembangan infrastruktur dioptimalkan kalangan pengembang untuk menghadirkan berbagai produk properti. Kawasan industri Subang misalnya, kembali digarap pengembang untuk produk residens

Lanjutkan membaca10 Mar 2023

Saatnya Produk Highrise Banyak Dicari

RumahCom – Salah satu segmen bisnis properti yang terus meningkat pasca pandemi Covid-19 adalah produk highrise seperti perkantoran, apartemen, hotel, hingga pusat perbelanjaan. Situasi lainnya yait

Lanjutkan membaca13 Mar 2023

Perkuat Digital Hingga Promo Jadi Langkah Bank Gaet Pembeli Rumah

RumahCom – Pasar yang besar untuk produk perumahan disasar khusus oleh bank guna meningkatkan penyaluran KPR-nya. Didominasi kalangan muda, bank mendorong penguatan teknolgi digital hingga skema pem

Lanjutkan membaca13 Mar 2023

100 Rumah Tahan Gempa Dibangun Di Natuna

RumahCom – Kementerian PUPR kembali membangun hunian tetap dengan teknologi rumah instan sederhana sehat (Risha) di kawasan bencana longsor Kabupaten Natuna. Risha merupakan hasil pengembangan Kemen

Lanjutkan membaca13 Mar 2023

Masukan