Pemerintah Harus Perkuat Program Rumah Subsidi

Wahyu Ardiyanto7 Jun 2023

RumahCom – Pemerintah telah menetapkan program perumahan sebagai salah satu program prioritas. Kalangan pengembang berharap kejelasan seluruh aturan sehingga pelaksanaan program perumahan di berbagai daerah bisa lancar termasuk peningkatan harga patokan rumah subsidi.

Kalangan pengembang terus mendorong pemerintah untuk segera menaikkan patokan harga rumah subsidi yang selama tiga tahun terakhir belum juga disesuaikan sementara harga bahan bangunan hingga upah tenaga kerja terus naik. Sebagai gambaran, harga bahan bangunan besi sejak tiga tahun lalu hingga saat ini telah mengalami kenaikkan mencapai 90 persen.

Situasi ini memberatkan kalangan pengembang karena margin keuntungan yang semakin tipis hingga berpotensi mengurangi pasokan rumah subsidi yang akan berdampak pada aksesibilitas masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Berdasarkan data Badan Pengelola Tabungan Perumahan (BP Tapera) misalnya, telah terjadi penurunan pasokan yang akan memengaruhi realisasi KPR rumah subsidi.

Menurut Ketua Umum DPP Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Endang Kawidjaja, pemerintah seperti abai terkait kebutuhan perumahan dan tidak memprioritaskan program perumahan yang telah dicanangkan yaitu program sejuta rumah per tahun.

“Di sisi lain kami pengembang dituntut untuk menandatangi perjanjian peningkatan kualitas rumah. Bagi kami ini tidak masalah tapi patokan harga juga harus disesuaikan minimal mengikuti peningkatan inflasi 6-7 persen atau 10 persen per tahun jadi kami juga bisa menjamin peningkatan kualitas,” ujarnya.

Pengembang juga tidak menutup mata terkait aturan khusus untuk segmen rumah subsidi karena akan memakan anggaran negara. Karena itu pemerintah harus bisa menjamin terkait aturan khusus itu dari hulu ke hilir sehingga tidak menghambat suplai rumah subsidi untuk masyarakat.

Menyoal aturan PP No. 4 tahun 2016 tentang pembangunan perumahan MBR misalnya, Endag menyebut ada semangat yang baik dalam pelaksanaan program pembangunan rumah subsidi. Namun aturan ini terkendala dengan terbitnya PP No. 12 Tahun 2021 tentang perubahan atas PP No. 4 Tahun 2016 ditambah dengan UU No. 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

“Dengan adanya regulasi ini malah tidak ada lagi kekhususan dan banyaknya aturan namun pelaksanaannya tidak spesifik yang malah membingungkan pelaksanaannya di lapangan. Pemerintah harus menunjukan prioritasnya kalau menyebut program perumahan memang menjadi prioritas dan itu amanat UU supaya tidak memberikan dampak yang malah merugikan masyarakat,” pungkasnya.

Ingin punya rumah lewat KPR tapi sering ditolak? Simak informasinya di video berikut ini agar lolos KPR bank!

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Pekerja Kementerian PUPR Di Yogyakarta Bisa Tinggal Di Rusun Rp300 Ribu Per Bulan

RumahCom – Sarana hunian rusun untuk kalangan ASN terus diperbanyak salah satunya di Yogyakarta untuk pekerja Kementerian PUPR. Hunian rusun ini bak apartemen lengkap dengan berbagai fasilitas terma

Lanjutkan membaca6 Jun 2023

Ekonomi Makin Kuat, Pengembang Pede Hadirkan Properti Premium Di Karawang

RumahCom – Koridor timur Jakarta khususnya wilaya Karawang terus meningkat ekonominya seiring banyaknya investasi yang masuk. Situasi ini membutuhkan produk properti untuk segmen premium dengan daya

Lanjutkan membaca6 Jun 2023

IKN Dijadikan Inspirasi Tempat Kehidupan

RumahCom – Untuk memperkuat ikhtiar dan upaya pembangunan IKN sebagai kota masa depan, pemerintah meresmikan logo IKN yang merupakan hasil pilihan dari ratusan ribu masyarakat Indonesia. Logo Pohon

Lanjutkan membaca6 Jun 2023

Efek “Indonesia CEO & Leaders Forum 2023”, Kejelasan Aturan Kepemilikan Properti Bagi Asing Temui Titik Terang

RumahCom - Berbagai isu, tantangan, dan solusi mengenai interpretasi serta implementasi aturan kepemilikan properti bagi orang asing di Tanah Air dibahas secara tuntas dalam Indonesia CEO & Leader

Lanjutkan membaca7 Jun 2023

Tol Cisumdawu Hampir Jadi, Akses Wilayah Jawa Barat Kian Lancar

RumahCom – Jalan tol Cisumdawu sepanjang 62 km akan segera beroperasi khususnya pada bagian seksi 4-6. Jalan tol ini akan memperlancar aksesibilitas barang dan masyarakat khususnya di wilayah Subang

Lanjutkan membaca7 Jun 2023

Masukan