Kawasan Dengan Banyak Pengembangan Township Punya Banyak Kelebihan, Nih Buktinya

Wahyu Ardiyanto18 Jul 2023

RumahCom – Sebuah kawasan yang didukung dengan infrastruktur maupun sarana dan fasilitas lain akan terus berkembang seiring peningkatan populasi dan kegiatan masyarakat. Kawasann yang dikembangkan oleh banyak developer memiliki kelebihan terkait potensi maupun value produk propertinya.

Perkembangan sebuah kawasan akan seiring dengan peningkatan populasi hingga aktivitas masyarakat. Kota Jakarta misalnya, dari sebuah kawasan yang berpusat di sekitaran Monas, dalam beberapa puluh tahun terus berkembang ke segala arah: utara dengan reklamasi, selatan untuk kawasan residensial, hingga timur-barat yang berkembang menjadi kawasan industri, bisnis, hingga residensial.

Menyebut koridor barat Jakarta yang saat ini banyak dikembangkan kota mandiri atau township, hal itu telah berlangsung sejak era awal tahun 1990-an yang menciptakan kawasan Gading Serpong, BSD City, hingga Alam Sutera yang semuanya berlokasi di kawasan Tangerang Raya (Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang).

Lebih khusus lagi bila menyebut Kota Gading Serpong, kawasan ini berkembang pesat selain terus berprogres menjadi kota mandiri kawasannya juga bersisian dengan pengembangan township besar lainnya seperti BSD, Alam Sutera, hingga Lippo Karawaci. Hal ini membuat Kota Gading Serpong dipadati oleh penduduk yang menetap maupun transit.

Situasi ini juga membuat value produk properti kawasannya terus meningkat. data Indonesia Property Market Index 2020 dari Rumah.com menyebut, wilayah Tangerang memiliki harga yang paling tinggi di wilayah Bodetabek yang disebabkan oleh aktivitas pembangunan infrastruktur mulai jalan tol, transportasi publik, fasilitas umum, dan sebagainya.

“Bukti lain dari peningkatan value sebuah kawasan yaitu terus meningkatnya segmen produk yang dihadirkan baik residensial maupun komersial karena peningkatan harga lahan yang memang semakin tinggi. Saat ini pengembangan kami di Gading Serpong hanya untuk produk yang menyasar pasar high end dan itu selalu mendapatkan respon positif dari pasar,” ujar M. Nawawi, Presiden Direktur Paramount Land, pengembang Gading Serpong.

Kembali ke kawasan Kota Gading Serpong, wilayah ini awalnya merupakan kawasan penyangga yang menopang perkembangan Kota Jakarta khususnya di wilayah sebelah barat. Dengan pembangunan infrastruktur Kota Gading Serpong terus berkembang dari kawasan penopang menjadi hub dan saat ini kota mandiri untuk tujuan bisnis maupun lifestyle bahkan untuk kawasan yang lebih luas dari seluruh area Jabodetabek.

Ada banyak fenomena yang terjadi di Kota Gading Serpong dan itu tidak terlepas dari perkembangan kawasannya. Misalnya betapa cepatnya muncul kegiatan bisnis-bisnis baru kendati banyak pula yang sifatnya hanya sesaat, muncul sebentar kemudian mati tapi selalu ada yang bertahan maupun menggantikan bisnis yang mati tersebut.

Keberadaan banyak developer juga akhirnya berdampak positif untuk perkembangan kawasannya karena bukannya bersaing tapi malah saling mengisi dan itu kembali menambah potensi value kawasannya. Kota Gading Serpong saat ini berkembang tidak terlepas dari pengembangan yang dilakukan Paramount Land, Summarecon, dan BSD.

“Kami melihat kawasan seperti ini memiliki banyak potensi yang akan terus berkembang hingga tahun-tahun mendatang. Tidak menutup kemungkinan kawasan ini menjadi kota metropolitan baru seperti juga yang terjadi pada perkembangan Kota Jakarta atau bisa juga di sini dibuat semacam kawasan khusus dan itu perlu campur tangan pemerintah,” pungkas Nawawi.

Di mana saja 7 lokasi sunrise property yang memiliki potensi investasi tinggi? temukan jawabannya di video berikut ini.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lokasi Hingga Konsep Tepat Bisa Dorong Progres Proyek Lebih Cepat

RumahCom – Proyek residensial rumah tapak membutuhkan pendapat personal dari calon penghuninya. Dengan produk yang ditunjang lokasi tepat, konsep, penyediaan fasilitas, hingga harga yang tepat bisa

Lanjutkan membaca17 Jul 2023

Berbagai Upaya Untuk Wujudkan IKN Sebagai Kota Zero Carbon

RumahCom – Seluruh stakeholder dituntut untuk bisa memberikan solusi transisi energi hijau di IKN yang diarahkan untuk menjadi kota zero carbon pertama di Indonesia hingga bisa menjadi percontohan k

Lanjutkan membaca17 Jul 2023

Beli Rumah Memang Harus Nekat, Milenial Bisa Ikuti Cara Ini

RumahCom – Mayoritas kalangan milenial akan kesulitan mengakses hunian pertama namun sebagai kebutuhan pokok dan instrumen investasi, membeli rumah harus diutamakan. Ada beberapa cara yang bisa dila

Lanjutkan membaca17 Jul 2023

Demand Besar, Pengembang Terus Hadirkan Landed House di Penyangga Jakarta

RumahCom – Perkembangan proyek infrastruktur yang diikuti berbagai sarana maupun fasilitas di wilayah-wilayah penyangga Jakarta banyak dicari untuk lokasi hunian. Pengembang terus menghadirkan produ

Lanjutkan membaca17 Jul 2023

Andil Pengembang Kawakan dalam Mewujudkan Impian Masyarakat Punya Rumah

ADVERTORIAL –  Sentimen positif terhadap industri properti semakin terlihat pada kuartal pertama 2023, baik dari sisi penjual maupun konsumen. Sentimen positif ini terutama terlihat pada indeks har

Lanjutkan membaca18 Jul 2023

Masukan