Anugrah Grafika Residence
Jl. Cemara Raya, Sumurboto, Semarang, 50269, Jawa Tengah
peta

Detail

Nama Properti
Anugrah Grafika Residence
tipe properti
Rumah
Pengembang
N/A
Sertifikat
Other
per m²
N/A
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Anugrah Grafika Residence merupakan perumahan di Banyumanik. Wilayah ini merupakan kecamatan yang berada di wilayah Kota Semarang bagian selatan yang merupakan daerah perbukitan yang sejuk. Berada di antara dua jalan tol, kawasan ini menjadi magnet bagi perusahaan pengembang perumahan sehingga banyak komplek perumahan dibangun. Seperti perumahan yang dibangun PT Telaga Reksajaya di Jl Grafika Raya, Kelurahan Banyumanik, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah ini.

Perumahan AGR terletak di wilayah Semarang Selatan, di Kota Atas, berada dekat dengan jalan Tol Tembalang-Ungaran di Timur dan Tol Srondol-Jatingaleh di Utara. Tol Tembalang-Ungaran mengarah ke Kota Bawen, Yogyakarta, Solo bahkan hingga Surabaya. Sementara Tol Srondol-Jatingaleh mengarah ke Kota Semarang bagian Utara. Tol ini terkoneksi dengan Tol Jatingaleh-Krapyak yang terusannya adalah Tol Semarang Batang yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa.

Pintu tol terdekat AGR adalah gerbang tol Banyumanik (3,1 km) masuk ke Tol Tembalang-Ungaran, butuh waktu sekitar 8 menit dengan kendaraan pribadi. Sementara masuk Tol Srondol-Jatingaleh dari gerbang tol Srondol (4,1 km) dengan lama perjalanan 9-10 menit. Dengan jalan tol ini akses dari dan ke AGR ke kawasan lain lebih singkat dan mudah.

Berbanding terbalik dengan akses jalan, transportasi umum di AGR aksesnya termasuk jauh. Mungkin karena AGR dan sekitarnya merupakan kawasan perumahan menengah ke atas sehingga angkutan umum tidak diijinkan masuk. Angkutan umum online, ojek dan taksi online, menjadi alternatif untuk warga Banyumanik dan penghuni AGR.

Akses transportasi umum terdekat ada beberapa, di Jl. Jati Raya F16 (1,2 km) ada angkot C10 (Terminal Rejomulyo-Perumnas Banyumanik), dan Halte Jl Perintis Kemerdekaan 20 Pudakpanjang (1,6 km) ada bus R8D (Undip Tembalang-Terminal Sisemut), halte ini sekaligus Halte BRT bus Trans Jateng 1 (Tawang-Bawen) dan Trans Semarang Koridor 2 (Terminal Terboyo-Terminal Sisemut). 

Kawasan Jl. Raya Grafika bukanlah daerah perniagaan, melainkan  kawasan hunian yang tenang. Jadi tidak banyak toko atau tempat makan. Di sepanjang jalan ini hanya ada Indomaret Grafika (180 m), Ayam & Bebek Goreng D’Joyo (140 m), Bakso Mie Ayam Nugroho Asli (350 m) dan  Tahu Gimbal Mantap Pak Oci (400 m).

Tidak jauh dari hunian, terdapat Kolam Renang Kodam Diponegoro (2,3 km) di dalam komplek Perumahan Perwira Diponegoro, Terminal Bus Banyumanik (2,9 km), Lapangan Futsal Calcio (1,7 km), Transmart Carrefour Setiabudi (2,1 km), Pizza Hut Setiabudi (2,5 km), KFC Setiabudi (2,3 km), dan Museum Rekor Dunia Indonesia (1,9 km).

Fasilitas umum di Banyumanik termasuk lengkap. Fasilitas pendidikan di sekitar AGR antara lain TK Barokah Semarang (800 m), TK Purwanida (220 m), Kelompok Bermain Agape (1,7 km), PG-TK-SD-SMP-SMA Nusaputera (1,1 km), SDN Banyumanik 02 (1,4 km), SDN Banyumanik 04 (1,1 km), SDIT Al Kamilah (900 m), SMPN 21 Semarang (1,1 km), SMP Eka Sakti (600 m), SMKN 11 Semarang (80 m), SMK Hidayah (650 m), SMAN 4 Semarang (1,4 km) dan SMAN 9 Semarang (850 m).

Layanan kesehatan bisa diperoleh dari RS Banyumanik 2 (2 km), Puskesmas Banyumanik (2,1 km), RS Hermina Banyumanik (1,4 km), Klinik Pratama St Elizabeth (700 m), Praktek dr Paulus Yogyartono SpKK (1 km). Rumah sakit besar dengan peralatan lengkap berada di pusat Kota Semarang yang jaraknya cukup jauh. Di antaranya  RS Elizabeth Semarang (9,7 km) dan RS Dr Kariadi Semarang (11,8 km).

Sangat mudah menemukan perumahan AGR karena letaknya persis di depan SMK 11 Semarang, dan ada tulisan besar di tembok tepi jalan “Ruko Anugrah Grafika”.

Perumahan ini sangat rapi, jalanan di dalamnya lebar muat dua mobil. Model rumahnya mirip, dengan warna dominan gradasi warna abu-abu dan putih.

Konsep rumahnya tanpa pagar. Setiap unit ada taman kecil berumput hijau di teras depan dan carport. Terlihat rapi dan bersih. Tanah perumahan ini berkontur tinggi dan rendah sehingga tinggi bangunan satu sama lain tidak sama.

Luas lahan di area depan perumahan yaitu 120 m² dan 144 m², bila berada di hoek lahannya bisa mencapai 163 m², 167 m² dan 200 m². Sedangkan luas bangunan asli dari pengembang berukuran 65 m², 75 m², dan 85 m². Sementara di area belakang dibangun beberapa unit lebih kecil dengan tipe LT/LB 98/70 dan 87/48. Harga yang ditawarkan dari Rp 600 juta sampai Rp 1,85 M.

AGR dibangun PT Tlaga Reksajaya pada 2013, dan secara perlahan area tanahnya dibangun unit-unit baru. Perusahaan ini didirikan pada September 1987 dengan nama PT Tlaga Sari Indah di Yogyakarta. Dua bulan kemudian nama perusahaan diganti jadi PT Tlaga Reksajaya berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Tidak ada catatan proyek properti selain AGR yang dibangun perusahaan ini.

Bila berminat memiliki hunian di Semarang, beberapa pilihan ini bisa Anda pertimbangkan, yaitu Pedurungan Baru, Semarang Indah, Bukit Sari, Puri Anjasmoro dan Graha Padma.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Cemara Raya, Sumurboto, Semarang 50269N/AN/A