Graha Merah Putih
Jl. Surapati, Cipaganti, 40131, Jawa Barat
peta

Detail

Nama Properti
Graha Merah Putih
tipe properti
Perkantoran
Pengembang
PT Graha Sarana Duta
Sertifikat
N/A
per m²
N/A
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
8
Total Unit
1

Deskripsi

Graha Merah Putih merupakan gedung perkantoran yang terletak di di daerah Coblong. Tepatnya di Jl. Japati No 1, Sadang Serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Pada 2016, Graha Merah Putih yang merupakan bangunan 8 lantai ini mendapat penghargaan sebagai satu dari 25 perusahaan yang gedung kantornya berkonsep eco design dan eco friendly untuk sub kategori bangunan besar.

            Gedung ini merupakan kantor pusat PT Telkom dan anak-anak perusahaannya, serta beberapa yayasan. Di lantai 1 ada kantor Koperasi Pegawai Telkom (KOPEGTEL) yang juga mengelola kantin Graha Merah Putih di lantai 1. Pada lantai 8 yang merupakan lantai teratas, ditempatkan Aula Infokom yang sering dijadikan tempat pertemuan anak perusahaan maupun kegiatan Telkom lainnya. Di lantai 2 ada tempat karyawan bersantai dan relaks, pusat kebugaran, serta mushala berukuran besar sehingga karyawan tidak perlu ke luar kantor untuk menjalankan ibadah harian.

Graha Merah Putih mengalami renovasi pada tahun 2017. Dinding yang tadinya berwarna putih dan lantai yang dilapisi keramik biasa, diubah menggunakan aksentuasi warna sesuai logo Telkom yaitu, merah, putih dan abu-abu Kombinasi ini disebut sebagai red shades of grey. Dibangun pula perpustakaan mini, lounge dan playground yang lantainya sebagian terbuat dari rumput buatan.

Agar memenuhi konsep desain ramah lingkungan, sumber pencahayaan lebih diutamakan secara alami dengan memperluas ukuran jendela kaca tanpa dihalangi oleh meja atau perabot lain. Lampu-lampu di dalam gedung juga dipilih dari jenis yang ramah lingkungan, begitu pula dengan mebel dan pemilihan material bangunan.

Manajemen gedung GMP dikelola oleh anak perusahaan PT Telkom, yaitu Telkom Property. Bukan sekadar mengelola properti milik Telkom, Telkom Property juga merambah pada usaha properti di luar Telkom. Selain membangun empat gedung perkantoran yang mengusung nama Telkom di empat kota, yaitu Graha Merah Putih Medan, Graha Merah Putih Pekan Baru, Graha Merah Putih Buah Batu Bandung, dan Telkom Smart Office di Surabaya, Telkom Property juga membangun kawasan perumahan dan kondominium.

            Di sekitar Graha Merah Putih terdapat banyak gedung bersejarah. Salah satunya adalah Gedung Sate (1,3 km), yang menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat. Gedung lainnya adalah Perpustakaan dan Museum Geologi (1,3 km), serta Gedung Radio Republik Indonesia Bandung (1,6 km).

Di sepanjang Jl Japati dan Jl. Surapati ada banyak kedai, warung, kafe, dan restoran, sebagai alternatif tempat makan siang bagi karyawan. Ada Bakso Fosil Naura, Warung Gazebo, Rica Rica Enthok, Baso Japati, Warung Bebek Kalio Padang, Milky MILK Café, Outcrop Coffee, Orange Zupa Zupa, Bubur Ayam Abah Aceng.  Tak jauh dari Jl. Japati, yaitu di sepanjang Jl. Cisangkuy (2,1 km) dan Jl. Cilaki (2,2 km) juga banyak terdapat kafe dan restoran yang populer sebagai destinasi kuliner, salah satunya adalah Yogurt Cisangkuy.

Graha Merah Putih juga dekat dengan sejumlah fasilitas umum, salah satunya layanan kesehatan. Rumah sakit terdekat adalah RS Borromeus (1,4 km) yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda, Dago. Ada pula RS Advent (2,7 km) di Jl. Sampurna, Pasteur, dan RS Khusus Ginjal Ny RA Habibie (1,7 km) di Jl. Tubagus Ismail, Sekeloa.

Untuk fasilitas pendidikan, terdapat beberapa sekolah di sekitar lokasi, antara lain SDN 103 Coblong (2,7 km), SMP Nasional (1,7 km), SMP Bunga Bangsa Bandung (4,7 km), SMA Bunga Bangsa (4,4 km), SMAN 5 Bandung (2,3 km), dan SMAN 1 Bandung (1,3 km). Graha Merah Putih juga dekat dengan Kampus Universitas Pajajaran (1 km) dan Kampus Institut Teknologi Bandung (1,6 km). 

Beberapa pusat perbelanjaan dan factory outlet juga ada di sekitar lokasi, seperti Bandung Indah Plaza (3,3 km), Riau Junction (3,3 km), The Secret Factory Outlet (2,7 km), dan Cihampelas Walk (2,8 km). Agak jauh sedikit ada Trans Studio Mall (7,8 km) dan Paris Van Java (6,5 km).

Berbeda dengan kawasan perkantoran Asia Afrika yang jauh dari keramaian, daerah sekitar Gasibu selalu banyak orang. Entah pagi ataupun sore hari, selalu ada warga sekitar yang berolahraga di lapangan Gasibu. Di akhir pekan, tempat ini juga selalu ramai dengan pasar kaget. PT Telkom juga sering mengadakan acara, baik itu di halaman gedung maupun di Gasibu dan Monumen PRJB.

Lokasi Graha Merah Putih sangat strategis. Aksesnya mudah dijangkau karena dekat dengan Jalan Layang Pasupati, yang mengarah ke Jalan Tol Pasteur dan terhubung ke Jalan Tol Purbalenyi. Akses angkutan umum ke sekitar gedung juga mudah dengan adanya bus Trans Metro Bandung. Halte terdekat adalah Halte TMB Surapati 4 (450 m). Ada juga bus wisata Dinas Perhubungan Kota Bandung yang disebut Bandros (Bandung tour on bus).

Di sekitar Jl. Japati banyak terdapat kawasan pemukiman yang sudah berdiri sejak lama. Jika berminat tinggal di wilayah sekitar Gasibu, ada beberapa perumahan yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain Resor Dago Pakar, Cikutra Baru, Cikutra Highland, dan Resor Dago Pakar Cluster Forrest Hill.

Baca Selengkapnya

Sarana & Prasarana

Fasilitas

  • Aircon Facilities
  • Ruang Rapat
  • Tempat Parkir Terbuka
  • Sepen
  • Keamanan 24 Jam

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Graha Merah Putih8N/A