rentang harga jual
Rp 555 jt Rp 11,000000512 M
Griya Wonorejo Asri
Jl. Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya, 60293, Jawa Timur
peta

Detail

Nama Properti

Griya Wonorejo Asri

tipe properti

Rumah

Pengembang

N/A

Sertifikat

Other

per m²

Rp 7.848.837 - Rp 17.343.750

Tahun Selesai

N/A

Jumlah Lantai

N/A

Total Unit

N/A

Deskripsi

Untuk memenuhi kebutuhan hunian untuk karyawan dan dosen, Universitas Airlangga membangun kawasan perumahan di Rungkut. Bekerjasama dengan PT Yekape sebagai pengembang, dibangun komplek hunian yang berada di Jl Wonorejo Selatan, Kelurahan Wonorejo, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Perumahan itu dinamakan Griya Airlangga-Perumahan Griya Wonorejo Asri. 

Nama Griya Airlangga menunjukkan identitas penghuninya, dari Universitas Airlangga. Namun PT Yekape memberi nama Perumahan Griya Wonorejo Asri, sebagai cluster dari perumahan yang telah dibangunnya di Wonorejo. Dua nama ini terpampang di gapura gerbang masuknya, 

Luas lahan Perumahan Wonorejo Asri  ini sekitar 1 ha, dan selesai dibangun pada 2010. Tentu tak bisa menampung karyawan Unair yang mencapai 1.700 dosen dan 1.600 karyawan. Karena itu akan dibangun komplek perumahan lain, masih bekerja sama dengan PT Yekape. 

PT Yekape adalah pengembang di bawah Yayasan Kas Pembangunan (YKP) Kota Surabaya. Yayasan ini dibentuk oleh Pemkot Surabaya melalui persetujuan DPRD Gotong Royong pada 1954, dengan tujuan memberikan perumahan kepada pegawai negeri sipil, militer dan pegawai swasta lainnya di Surabaya. Sebagian besar lahan yang dipakai adalah milik Pemkot Surabaya. 

Beberapa perumahan yang dikembangkan YKP adalah YKP Griya Kencana Asri, Griya Pesona Asri YKP Tahap II.  Termasuk kawasan perumahan superluas Rungkut Asri. Saking luasnya perumahan ini dibagi menjadi beberapa wilayah: Rungkut Asri Timur, Tengah, dan Utara. Ada pula perumahan Rungkut Mapan Timur dan Rungkut Harapan

Rungkut terkenal dengan kawasan industrinya yaitu SIER atau Surabaya Industrial Estate Rungkut yang luasnya 330 ha, dan punya ribuan tenaga kerja. Tak heran bila YKP membangun banyak hunian di kawasan ini. SIER letaknya cukup jauh dari Griya Wonorejo Asri, sekitar 6 km, sehingga tidak terlalu bising. 

Akses ke Rungkut sangat mudah, di dekat Griya Wonorejo Asri ada Jl. Tol Surabaya-Waru. Dari Bundaran Pondok Tjandra (5,3 km/12 menit) bisa masuk ke kedua arah tol ini. Ke arah Waru, atau sebaliknya ke arah Bandara Juanda (11 km) yang bisa ditempuh dalam waktu 18 menit. . Dari tol ini akan terkoneksi dengan jalan tol lainnya.

Akses angkutan umum tidak ada yang lewat depan perumahan, tapi dari beberapa titik perlintasan. Terdekat adalah simpang Jl Pandugo-Wonoayu (800 m) ada angkutan Pasar Wonokromo-Wisma Gunung Anyar. Angkutan ini akan bersimpangan dengan angkutan lain dalam perlintasannya. 

Griya Wonorejo Asri termasuk pemukiman lama yang telah memiliki lingkungan sosial dan infrastruktur. Lingkungan perumahan cukup nyaman, tenang, bersih  dan teduh dengan banyak pohon rindang untuk menangkal sinar matahari di siang hari. Jalan perumahan menggunakan paving block dan bisa dilalui kendaraan roda empat. 

Berada di lokasi yang strategis menjadi keuntungan bertempat tinggal di Griya Wonorejo Asri karena dekat dengan berbagai fasilitas sosial dan umum. 

Fasilitas pendidikan misalnya, ada beberapa yang bisa dijangkau dari Griya Wonorejo Asri. Antara lain TK Pengawas II (450 m), TK-SD Khadijah Wonorejo (350 m), MI Muhammadiyah 27, SDN Wonorejo 274 (350 m), Madrasah Tsanawiyah-SMP-MA-MTs Nurul Khoir (450 m), SMPN 30 Surabaya (4,4 km), dan SMAN 20 Surabaya (4,2 km). Juga ada Sekolah Tinggi Teologi Anugrah/STTAI (220 M).

Untuk fasilitas kesehatan, di sekitar perumahan ada beberapa apotek, klinik, dan praktik dokter. Seperti Praktik Dokter Umum dr Hagnyanawati (1,8 km), Dr Abdurachman Acupuncturist (1,7 km), Dr Nyilo Purnami Sp THT (1,6 km), Apotik 24 Pandugo (1,7 km), dan Puskesmas Medokan Ayu (1,5 km). 

Bila memerlukan pelayanan medis yang lebih lengkap, bisa mendapatkannya di rumah sakit, antara lain RS Royal Surabaya (6,9 km), RS Premier Surabaya (6,4 km), dan RS Gotong Royong (5,1 km). 

Tempat belanja bertebaran beragam toko dan tempat makan, namun jauh dari mal dan pertokoan besar. Terdekat ada Alfamidi Wonorejo Selatan (130 m), Indofrozen Food (600 m). 

Lebih jauh sedikit ada Pasar Surya Pasar Rungkut (3,7 km) dan Transmart Kalirungkut (6,7 km). 

Sementara mal terdekat berada dalam jarak kurang lebih 10 km dari perumahan yaitu Royal Plaza.  

Griya Wonorejo Asri termasuk dekat dengan lokasi wisata Eco Wisata Mangrove Wonorejo (3,8 km) dan Kebun Bibit Wonorejo (2,3 km). 

Unit rumah di Griya Wonorejo Asri  dibangun di atas lahan mulai 100 m² sampai 264 m², dengan luas bangunan mulai 85 m² sampai 264 m². Harga jualnya berada dalam kisaran Rp 830 juta sampai Rp 3,2 M. 

Rungkut berada dekat laut, dekat pula dengan jalan tol dan bandara, punya fasilitas lengkap, pun tak jauh dari kawasan industri. Bila berminat punya hunian di tempat ini untuk ditempati sendiri maupun investasi ada beberapa pilihan lain. Di antaranya adalah Sinar Medayu Selatan, Tira Medayu, Griya Pesona Asri 2, Medokan Dian Regency, Rungkut Asri Timur, Green Lake Natural Living, Wisma Penjaringan Sari, dan Wisma Indah



Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Medokan Ayu, Rungkut, Surabaya 60293N/AN/A
Unsure about this property? AskGuru’s experts are ready to help you with your questions.
Have a question about this property?
Our AskGuru’s experts are ready to help you.
Ajukan Pertanyaan Anda