rentang harga jual
Rp 10 jt Rp 6,499999744 M
Jemursari Regency
Jl. Raya Prapen, Tenggilis Mejoyo, Surabaya, 60292, Jawa Timur
peta

Detail

Nama Properti
Jemursari Regency
tipe properti
Rumah
Pengembang
N/A
Sertifikat
Other
per m²
Rp 19.157 - Rp 29.411.764
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Menurut survey lembaga Colliers Indonesia, Surabaya bagian Timur menjadi penyumbang pembangunan properti terbanyak di Kota Surabaya, termasuk di Kecamatan Tenggilis Mejoyo. Di sana banyak dibangun kawasan perumahan, salah satunya Jemursari Regency di Jl. Prapen Indah Timur, Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

            Ada beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan tersebut. Pertama, adanya pembangunan Jalan Lingkar luar Timur (JLLT) yang terkoneksi dengan Tol Juanda sehingga akses ke Bandar Udara Internasional Juanda akan menjadi lebih cepat. Dalam waktu yang bersamaan, kini juga tengah dibangun ruas middle east ring road (MERR) yang akan menambah alternatif jalur mobilitas warga Surabaya. Faktor kedua, kondisi jalan di wilayah Timur Surabaya lebih lengang daripada bagian Barat yang seringkali padat, membuat mobilitas menuju kawasan ini relatif lebih mudah dan cepat.

            Kecamatan Tenggilis Mejoyo merupakan kawasan bisnis dan komersial yang ramai. Di wilayah ini ada banyak kompleks pertokoan, ruko, hotel, dan perkantoran. Dekat pula dengan Kawasan Industri Rungkut/Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER), yang hanya berjarak 5 kilometer dari lokasi. Di antara kecamatan di wilayah Timur Surabaya, Tenggilis Mejoyo yang paling mendekati pusat Kota Surabaya.

JLLT yang panjangnya 16 kilometer ini sebagian besar akan dibuat layang (flyover), menghubungkan kawasan Suramadu hingga Gunung Anyar. Sementara MERR yang juga sepanjang 16 kilometer akan menyusuri pinggir pantai Timur dari daerah Kenjeran sampai Sidoarjo hingga Bandara Juanda.

Pembangunan jalan lingkar luar ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan di dalam Kota Surabaya, sehingga daerah-daerah di luar Kota Surabaya bisa langsung terhubung tanpa harus melintasi dalam kota. JLLT akan terkoneksi dengan MERR dan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) sehingga memudahkan akses ke timur dan barat Surabaya. JLLT akan mulai dibangun pada 2018, targetnya selesai pada 2019. Begitu juga MERR ditargetkan selesai pada 2019. Gerbang tol terdekat dari perumahan adalah Waru 1 (8,8 km) yang bisa ditempuh dalam waktu 18 menit.

Perumahan ini termasuk dekat dengan Stasiun Wonokromo (4 km). Dari stasiun ini, Anda bisa naik Komuter SuPor (Surabaya Kota-Porong), KA Dhoho (Surabaya Kota-Kertosono-Blitar), KRD (Surabaya Kota-Kertosono), Penataran (Surabaya Kota-Malang-Blitar), Tumapel (Surabaya Kota-Malang); dan KRD (Bojonegoro-Pasar Turi-Sidoarjo).

Angkutan umum tidak ada yang langsung masuk ke dalam perumahan Jemursari Regency. Perhentian angkot terdekat berada di Jl. Prapen Indah 12, sekitar 500 meter dari gerbang perumahan. Anda bisa mencapainya dengan berjalan kaki selama 7 menit. Di sini ada angkutan umum GS jurusan Gunung Anyar-Sidorame.

Di beberapa titik sekitar perumahan, melintas angkot jurusan lain. Misalnya, di Halte SDN Prapen (550 m) melintas angkot jurusan Joyoboyo-Tambak Klangri, di Halte Toyota Yaris (550 m) ada angkot jurusan Purabaya-Bratang, di Halte Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya (1,9 km) ada angkot Joyoboyo-Wonorejo, dan di Halte Plaza Marina (1,3 km) ada angkot Joyoboyo-Medokan Ayu. Tarif angkot ini adalah Rp 8 ribu sekali jalan.

Perumahan Jemursari Regency terletak di antara Jl. Tenggilis Utara X dan Jl. Prapen Indah, gerbangnya berada di Jl. Prapen Indah Timur. Perumahan ini merupakan klaster dengan jumlah unit terbatas. Di dalamnya tidak ada pertokoan atau restoran. Yang ada hanya jalan yang luas, tepi jalan ditanami pepohonan, di sebagian sisi jalan ada pedestrian beratap, dan sebuah taman bermain anak.

Fasilitas umum dan sosial di kawasan Tenggilis Mejoyo terhitung banyak dan termasuk bagus sehingga bisa dinikmati penghuni perumahan Jemursari Regency. Di sekitar perumahan ini terdapat banyak kawasan komersial. Banyak toko dan restoran bertebaran di sepanjang jalan, bahkan ada pula hotel, kompleks ruko, dan gedung perkantoran.

Di Jl. Raya Jemursari, misalnya, ada Hotel Zest, Hotel Santika, Hotel Luminor, dan Hotel Cleo. Lewat jalan ini pula Anda bisa berkendara menuju Plaza Marina (1,4 km) di Margorejo Indah. Pusat perbelanjaan yang tidak begitu besar ini terkenal dengan toko gadget yang konon memberikan harga lebih murah dibandingkan tempat lain. Di sini juga ada banyak pilihan kafe dan resto yang enak, serta kolam renang untuk umum.

Di sekitar perumahan ada banyak sekolah yang bisa dipilih untuk si kecil, mulai dari jenjang PAUD sampai SMA. Sekolah yang ada antara lain TK Sekar Melati (2,7 km), TK Islam Al Ikhlas (1,9 km), SDN Tenggilis Mejoyo 1 (550 m), SD-SMP Kyai Hasyim (400 m), dan SD Nasional Kartika Plus (2,3 km). Untuk jenjang pendidikan menengah, ada SMP Tenggilis Jaya (1 km), SMPN 17 Surabaya (1,8 km), SMP Taruna (2,3 km), SMA Dharma Wanita (3,5 km), SMAN 16 (1,9 km), dan SMAN 14 Surabaya (2,3 km). Selain itu ada pula Goodwins School (2,7 km) dan Sekolah Sinar Mulia Indonesia (1,7 km) yang menyediakan pendidikan untuk jenjang PG hingga SMA.  

Layanan kesehatan bisa diperoleh dengan mudah dari puskesmas, klinik dan rumah sakit di sekitar Jemursari Regency. Di antaranya Puskesmas Tenggilis (1,6 km), Klinik Medis Fisioterapi Dr Subagjo Sp, RM (650 m), Klinik Sentra Medika (850 m), Klinik Pratama Yayaysan BK3S Jatim (1,8 km), dan RSIA Kendangsari (2,6 km). Rumah sakit besar letaknya sedikit jauh dari perumahan, antara lain RS Royal Surabaya (3,7 km), RS Islam Jemursari (3,7 km), RS Premier Surabaya (4 km) dan RSU Bhakti Rahayu Surabaya (5,3 km).

Perumahan Jemursari Regency hanya terdiri dari beberapa unit rumah, dengan jalan kawasan yang lebar sehingga muat dilalui tiga mobil yang berpapasan. Nama jalannya hanya satu, yaitu Jl. Prapen Indah Timur. Lahan perumahan ini tidak besar, dan di sekelilingnya tertutup tembok tinggi sehingga banyak unit rumah yang berada di jalan buntu mendapat bonus lahan berlebih.

Unit hunian di perumahan ini memiliki desain bergaya mediterania, berupa bangunan dua lantai tanpa pagar. Ada garasi untuk satu mobil dan carport satu mobil. Unit terkecil dibangun di atas lahan 120 meter persegi dengan luas bangunan minimal 190 meter persegi.

Rumah-rumah di sini terlihat nyaris sama, berhubung tidak ada unit yang memiliki perbedaan ukuran sangat drastis. Rata-rata rumah berukuran 190/160. Hanya unit-unit yang terletak di hoek yang memiliki luas lahan lebih besar, yaitu 209, 216, atau 240 meter persegi. Bangunan terbesar luasnya 280meter persegi. Unit hunian di sini dipasarkan seharga Rp 2,7 miliar sampai Rp 4,2 miliar.

Bila berminat tinggal di kawasan Tenggilis Mejoyo yang sedang berkembang ini, ada beberapa pilihan lokasi hunian lain di kawasan tersebut dan sekitarnya yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain Prapen Indah, Kendangsari, dan Pondok Nirwana.

Baca Selengkapnya

Sarana & Prasarana

Fasilitas

  • Car Park
  • Pintu Masuk Utama
  • Keamanan 24 Jam

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Jemursari RegencyN/AN/A