rentang harga jual
Rp 1,4 M Rp 7,500000256 M
rentang harga sewa
Rp 55 jt Rp 65 jt
Kota Baru Parahyangan Mayang Sunda
Jl. Raya Padalarang, Kertajaya, 40553, Jawa Barat
peta

Detail

Nama Properti
Kota Baru Parahyangan Mayang Sunda
tipe properti
Rumah
Pengembang
N/A
Sertifikat
N/A
per m²
Rp 7.204.611 - Rp 19.823.788
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Kota Baru Parahyangan (KBP) dibangun The Lyman Group di Padalarang, menyasar kalangan menengah ke atas. Dekat dengan akses tol, dan fasilitas lengkap, KBP punya banyak cluster yang disebut tatar, salah satunya Tatar Mayangsunda yang berlokasi di Jl Bandung Tempo Dulu, Kelurahan Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten bandung Barat, Jawa Barat.

The Lyman Group (TLG) yang didirikan tahun 1959 ini telah membangun banyak properti mewah. Salah satu proyek prestisiusnya adalah Kompleks Kota BNI yang terdiri dari Shangri La Hotel, Shangri La Residence dan gedung Wisma BNI 46.

TLG juga membangun Puri Park Residence, Simprug Park Residence, Taman Resort Mediterania, dan kawasan komersial Puri Kencana.

Kawasan hunian tapak besar yang dibangun TLG adalah Kota Baru Parahyangan seluas 1.250 ha di Padalarang. Perumahan yang dibangun pada 2002 ini berada di tiga kelurahan di Padalarang yaitu Cipeundeuy, Kertamulya, dan Kertajaya.

Gerbang masuknya unik, berada di Jl Raya Padalarang, berkonsep astronomi dalam bentuk konstelasi tata surya dimana di pintu masuk di Jl Raya Padalarang terdapat 12 tiang melambangkan 12 Bulan yang masing-masing terukir penanggalan kuno. Di tengah tiang-tiang itu ada bola dunia terbuat dari batu Padalarang melambangkan Bumi yang menjadi pusat rotasi bulan. Keduanya terhubung oleh Jl Parahyangan sejauh 600 m masuk ke perumahan ke Gedung Sundial Puspa Iptek yang melambangkan  Matahari sebagai pusat tata surya. Gedung ini merupakan jam matahari terbesar di Asia.

Sepanjang Jl Parahyangan yang menjadi jalan utama KBP, ditanami pohon sejenis pinang yang sangat tinggi di trotoar tengah jalan yang lebar, dan di trotoar tepi jalan hingga dua lapis pohon. Ditambah pepohonan hijau lain, perumahan ini terlihat asri dan hijau. Jalannya sangat lebar, satu ruas jalan mencapai 8 m, dan kondisinya mulus.

Perumahan ini berada di ketinggian 650m - 900m di atas permukaan laut sehingga udaranya sejuk. Apalagi di beberapa area berada dekat dengan Waduk Saguling, yang pecahan airnya mengalir dalam bentuk sungai kecil hingga ke kawasan KBP, menambah kesan alami.

Sampai 2019 terdapat 20 tatar di KBP, hunian maupun komersial. Selain Mayangsunda, antara lain juga ada Tatar Candraresmi, Ratnasasih, Lokacitra, Kamandaka, Purbasari, Rambutkasih, Naganingrum, Kumalasinta, Wangsakerta, dan Pitaloka. Semuanya menggunakan nama yang berakar dari budaya Sunda. Tatar Mayangsunda berada 6 km dari gerbang utama. 

KBP dibangun dengan konsep Kota Mandiri Pendidikan karena di dalam perumahan ini terdapat banyak sekolah dari tingkat play group hingga perguruan tinggi. Jadi penghuni tidak perlu lagi susah mencari sekolah hingga keluar perumahan.

Di dalam KBP ada Al-Irsyad Satya Islamic School (3,8 km/10 menit berkendara dari Mayangsunda), yang menyelenggarakan pendidikan dari pre-school sampai SMA termasuk program pre-university. Juga ada TK-SD Kristen BPK Penabur (2,7 km/7 menit), Bandung Alliance Intercultural School/BAIS 2,6 km/7 menit), Damian School (2,9 km/8 menit) dari preschool sampai SMP, dan Cahaya Bangsa Classical School (2,5 km/7 menit).

Beberapa perguruan tinggi juga ada di dalam KBP, seperti STIKes St Borromeus (3,4 km/9 menit), Akademi Bahasa Asing Internasional (4,4 km/11 menit), Universitas Maranatha (2 km/6 menit).

Pendidikan non formal bisa didapatkan dari beberapa fasilitas di perumahan ini seperti dari Bale Seni Barli (4,6 km), Sundial Puspa Iptek (6 km), serta taman tematik yang ada di setiap tatar. 

Fasilitas lain yang ada di dalam perumahan ini adalah RS Cahaya Kawaluyan (3 km dari Mayangsunda), Giant Supermarket (6,3 km), IKEA (2,6 km), Bumi Pancasona Sport Club (2 km), Masjid Al Irsyad Satya (3,7 km), Pemadam Kebakaran (4,6 km), Kantor Polisi Kota Baru Parahyangan (4,7 km), Hotel Mason Pine (3,9 km), rekreasi air Theme Park, dan Golf Parahyangan (7,8 km).

Juga terdapat kawasan kuliner Bale Pare (5,8 km), yang punya Sembilan restoran dan enam kafe. Di dekatnya juga ada SPBU Pertamina, KFC, dan KBP 4D Theater. 

Lokasi KBP sangat strategis, dekat dengan akses Tol Purwakarta-Cileunyi (Purbaleunyi) dari Gerbang Tol Padalarang (6,8 km/15 menit), mengarah ke arah Purwakarta yang terkoneksi dengan Tol Cipularang dan Jakarta-Cikampek, juga ke Cileunyi yang terkoneksi dengan Tol Trans Jawa.

Akses transportasi ke KBP juga mudah, dari Halte Bale Pare (5,3 km) ada angkutan umum jurusan Alun-alun-Ciburuy, Alun-alun-Kota Baru, dan Cimahi-Padalarang.

Tatar Mayangsunda berada jauh dari pusat keramaian. Suasana perumahannya sangat tenang dan sunyi. Sama seperti tatar yang lain, kawasan ini tidak terlalu padat rumah, artinya banyak kawasan hijau sehingga bangunan rumah tidak terlihat padat. Luas lahan unitnya termasuk besar, mulai 126 m² sampai  500 m², luas bangunan mulai 80 m² sampai 500 m². Harga jual yang ditawarkan mulai Rp 1,35 M sampai Rp 8,5 M. Dijual juga kavling kosong seluas 613 m² seharga Rp 4 M.

Bila berminat tinggal di kawasan ini ada beberapa pilihan hunian lain, diantaranya Kota Baru Parahyangan Tatar Larangtapa, Kota Baru Parahyangan Tatar Naga Ningrum, Kota Baru Parahyangan Ruko Jingga Niaga, Kota Baru Parahyangan Ruko Pita Niaga, Kota Baru Parahyangan Tatar Rambutkasih, Citra Padalarang Indah, dan Permata Padalarang, KBP- Tatar Ratna Sasih.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Raya Padalarang, Kertajaya 40553N/AN/A