rentang harga jual
Rp 10 jt Rp 14 M
Manyar Jaya
Jl. Menur Pumpungan, 60118, Jawa Timur
peta

Detail

Nama Properti

Manyar Jaya

tipe properti

Rumah

Pengembang

N/A

Sertifikat

Other

per m²

Rp 22.222 - Rp 72.222.224

Tahun Selesai

N/A

Jumlah Lantai

N/A

Total Unit

N/A

Deskripsi

Kecamatan Sukolilo dikenal sebagai kawasan pendidikan. Tercatat ada sekitar 11 perguruan tinggi yang berdiri di daerah ini. Jauh dari area industri, lingkungannya sangat tenang, membuat banyak orang tertarik membeli properti di sini. Salah satu perumahan yang terletak di Sukolilo adalah Manyar Jaya. Tepatnya di Jl. Manyar Jaya V, Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

            Kecamatan Sukolilo terletak di wilayah Timur Kota Surabaya. Bagian Timur kecamatan ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa, sehingga sebagian besar area di wilayah tersebut merupakan daerah tambak. Kelurahan Menur Pumpungan terletak di tengah kecamatan. Tidak dekat dengan laut, namun masih kuat menghembuskan angin dan udara laut. Sangat cocok buat orang yang memang suka atau membutuhkan udara laut.

Pembangunan infrastruktur Kota Surabaya membawa perubahan pada seluruh bagian kota termasuk bisnis properti. Saat ini sedang dibangun Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) dan Jalan Lingkar Luar Timur (JLLT) untuk mengurai kemacetan di Kota Surabaya dan mempersingkat waktu tempuh antar kawasan.

Selain kedua ruas jalan tersebut, sedang dibangun pula Jalan Lingkar Timur Tengah/middle east ring road (MERR) yang menyusuri pinggir pantai kawasan Timur Surabaya berawal di Kenjeran sampai pinggir pantai Selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sidoarjo, hingga ke Bandar Udara Internasional Juanda (15,2 km). Ditargetkan proyek ini selesai pada 2019. MERR ini nantinya akan terkoneksi dengan JLLB dan JLLT. Bila MERR sudah jadi, maka akses menuju bandara akan lebih cepat dari daeerah-daerah yang dilewatinya, termasuk Sukolilo.

Selain dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa mengakses Manyar Jaya dengan kendaraan umum. Hanya saja, akses transportasi umum tidak ada yang langsung masuk ke perumahan Manyar Jaya. Kalau mau menggunakan angkutan umum, Anda bisa menunggu di beberapa titik terdekat dari gerbang perumahan. Misalnya, di Jl. Nginden Semolo 49 (500 m) lewat angkot JBM (Joyoboyo-Gunung Anyar), di STIE Perbanas (800) lewat angkutan jurusan Joyoboyo-Kenjeran dan Joyoboyo-Keputih, di Halte Gunawangsa Apartemen (1,1 km) ada angkot WB (Bratang-Wonosari).

Perumahan Manyar Jaya berbentuk klaster yang terletak di tengah-tengah daerah Manyar. Gerbangnya terletak di Jl. Manyar Jaya V, di pinggir jalan antara Jl. Manyar Jaya Praja II dan Jl. Manyar Jaya Praja III. Di Utara ada jalan besar Menur Pumpungan dan Jl. Arief Rahman Hakim (900 m), sementara di Selatan ada jalan besar Nginden Semolo dan Jl. Semolowaru (500 m). Kedua jalan ini berujung di Jl. Dr. Ir. Soekarno di Timur dan Jl. Raya Manyar di Barat.

Sukolilo merupakan daerah yang sudah berkembang, punya sarana dan pra sarana lengkap. Fasilitas pendidikan juga banyak dan mudah diakses. Ada dua sekolah bertaraf internasional di dekat perumahan Mayar Jaya yaitu Surabaya Montessori School (450 m) dan Sekolah Anak Bangsa (450 m), keduanya bersebelahan, terletak di jalan buntu Manyar Kartika Timur.

Sekolah lainnya adalah PG&TK Yunior (350 m), TK Al Amin (1,1 km), TK Raden Fatah (1,6 km), SDN Menur Pumpungan V (1 km), SDN Menur Pumpungan IV (800 m), dan SDN Katolik Santa Melania Surabaya (1,4 km). Untuk jenjang pendidikan menengah, ada SMP Dr Soetomo (1,4 km), SMP 17 Agustus 1945 (550 m), SMP Panglima Sudirman (1 km), SMA 17 Agustus 1945 (150 m), dan SMA Dr Soetomo (1,6 km).

Di Sukolilo juga banyak terdapat perguruan tinggi, seperti Universitas 17 Agustus Surabaya (300 m), Universitas Dr Soetomo (600 m), STIE Perbanas Surabaya (850 m), STIE Indonesia Surabaya (1,4 km), dan Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (1,9 km). Selain itu ada pula Institut Teknologi  Sepuluh November kampus Manyar (2,2 km), Universitas Narotama (2 km), Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (2 km), Politeknik Kesehatan Kemenkes Surabaya (2,6 km), dan Universitas WR Supratman (2,4 km). Semuanya bisa dicapai dengan berkendara selama kurang dari 10 menit.

Layanan kesehatan juga mudah didapat di sekitar perumahan. Ada banyak praktek dokter pribadi di sekitar Manyar Jaya, di antaranya Praktik dr. Retnowati (220 m), Praktek pribadi dr. Tuti (600 m), serta beberapa klinik dan rumah sakit seperti Klinik Medis Jenggolo (1,5 km), RS Bedah Surabaya (2,1 km), Yayasan Kesehatan Gotong Royong (1,2 km), RSIA Putri Surabaya (2,3 km), dan RS Premier Surabaya (1,7 km).

Karena letaknya jauh dari jalan raya, lingkungan perumahan Manyar Jaya terasa tenang dan nyaman. Di dalam kawasan perumahan, hanya ada beberapa penghuni yang membuka kafe seperti Montana Ice Cream di Jl. Manyar Jaya VIII dan Dapoer Ummi-Frozen Food and Cakes Specialist di Jl. Manyar Jaya XI, serta butik, toko pakaian, salon, dan ada pula beberapa rumah yang dijadikan kantor.

Tak jauh dari perumahan ada sarana ibadah berupa Gereja Kristen Indonesia-Bukit Zion (550 m), Masjid Ulil Albaab (400 m), serta Vihara Budha Vajra Bumi Arama (350 m). Jadi memang perumahan ini berusaha memenuhi kebutuhan penghuninya yang beragam.

Sepanjang jalan kawasan di perumahan Manyar Jaya ditanami pepohonan sehingga kesannya asri dan rindang. Jalanan utama kawasannya lebar, bisa menampung tiga mobil yang berjajar. Jalan sekundernya juga lebar, bisa menampung dua mobil yang berpapasan. Keamanan di dalam perumahan diterapkan selama 24 jam, dengan petugas keamanan yang berjaga di pos keamanan. Setiap tamu juga diminta meninggalkan identitas agar lalu-lintas dari dan menuju perumahan bisa lebih terpantau.

Unit rumah di perumahan ini dibangun di atas lahan seluas minimal 120 meter persegi, dengan luas bangunan minimal 100 meter persegi. Setiap rumah berbeda satu sama lain, karena sebagian besar sudah direnovasi sesuai kebutuhan. Unit terkecil ditawarkan mulai dari Rp 2 miliar. Untuk unit yang lebih besar, misalnya tipe 225/190, dipasarkan dengan harga Rp 3,6 miliar.

Selain Manyar Jaya, masih ada beberapa kawasan hunian lain di daerah Menur Pumpungan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan tempat tinggal, antara lain Galaxy Bumi Permai, Kertajaya Indah Regency, Klampis Sacharosa, Manyar Kartika, dan Manyar Indah.

Baca Selengkapnya

Sarana & Prasarana

Fasilitas

  • Car Park
  • Pintu Masuk Utama
  • Keamanan 24 Jam

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Manyar JayaN/AN/A
Have a question about this property?
AskGuru’s experts are ready to help you.
Ajukan Pertanyaan Anda