Pasar Atas Baru
Jl. Raya Kolonel Matsuri, Padasuka, 40525, Jawa Barat
peta

Detail

Nama Properti
Pasar Atas Baru
tipe properti
Ruang Usaha
Pengembang
N/A
Sertifikat
N/A
per m²
N/A
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Kota Bandung yang semakin padat penduduk membuat orang bergeser memilih Cimahi sebagai tempat tinggal. Cimahi adalah kota yang berbatasan langsung dengan Bandung. Saat ini, kawasan Cimahi lambat laun menjadi semakin berkembang dan ramai. Tak hanya perumahan, banyak pusat perbelanjaan dan sentra niaga yang dibangun di kawasan ini. Jika Anda ingin memulai usaha sendiri atau mengembangkan usaha Anda di Cimahi, salah satu lokasi yang tepat adalah Pasar Atas Baru.

Pasar Atas Baru terletak di Jl. Raya Kolonel Matsuri, Padasuka, Cimahi, Jawa Barat. Jalan Raya Kolonel Matsuri merupakan jalan utama dan menjadi urat nadi perekonomian Cimahi. Di jalan ini terdapat Restoran Ramayana (260 m), SDN Cimahi Mandiri 2 (450 m), dan Kantor Dewan Kota Cimahi (450 m).

Pasar Atas Baru yang telah direnovasi pada Maret 2019 dan mulai beroperasi pada 1 April 2019 ini merupakan bangunan pasar yang terdiri dari tiga lantai. Bagian bawah dimanfaatkan sebagai lahan parkir dan bangunan di atasnya ditempati oleh deretan kios.

Jumlah keseluruhan kios yang tersedia di Pasar Atas Baru Cimahi ini sebanyak 507 kios, dan yang telah ditempati atau dibeli oleh para pedagang sebanyak 433 kios. Untuk biaya operasional harian, setiap pedagang diwajibkan membayar retribusi sebesar Rp3.200 per hari. Biaya ini termasuk sangat murah, jika dibandingkan dengan sewa kios di sentra niaga atau ruko.

Pasar Atas Baru terdiri dari tiga zona. Zona pertama adalah basahan, terdiri dari sayur-mayur, buah-buahan segar, bumbu masak, dan kebutuhan memasak lain. Zona kedua adalah area daging, yang menawarkan daging ayam, sapi, dan kambing. Zona ketiga adalah produk kering berupa alat dapur, alat rumah tangga, pakaian wanita dan anak, sandal, sepatu, dan lain sebagainya.

Kelebihan belanja di pasar adalah harganya yang sangat murah, jika dibandingkan dengan belanja di supermarket atau pusat perbelanjaan. Untuk baju-baju Anda tak perlu menawar lagi, karena meskipun tanpa diskon, harga di Pasar Atas Baru ini sudah terkenal murah. Tak heran, banyak orang dari penjuru Bandung berbelanja ke mari.

Sebelum direnovasi, bangunan Pasar Atas Baru memang termasuk bangunan lama namun masih kokoh dan tidak begitu kotor. Warna awalnya adalah oranye dengan desain sederhana seperti pasar-pasar tradisional pada umumnya. Setelah direnovasi, Pasar Atas Baru menggunakan desain minimalis yang lebih modern. Pemilihan warna-warna cerah abu-abu muda berpadu dengan warna merah membuat pasar ini lebih menarik. Sentuhan ornamen berwarna oranye di fasad pasar menambah kesan modern, sehingga tak ada kesan kumuh sama sekali. Pun begitu masuk ke dalam pasar, lantai sudah menggunakan keramik. Bagian zona daging juga terlihat bersih.

Untuk menambah kenyamanan pembeli, Pasar Atas Baru dilengkapi dengan sarana penunjang. Misalnya, lahan parkir yang memadai, tenaga kebersihan, tenaga keamanan, dan penjaga toilet. Anda tak perlu khawatir akan keamanan kendaraan Anda, karena petugas keamanan bertugas sesuai dengan jam buka pasar ini.

Menariknya, paguyuban pedagang pasar di sini bersedia secara swadaya membayar tenaga kebersihan sendiri. Dari 25 tenaga kebersihan, 14 orang telah dibayar pemerintah, sementara sisanya 11 dibayar oleh paguyuban pedagang sesuai perjanjian yang telah disepakati antara mereka.

Selesainya renovasi Pasar Atas Baru diharapkan mampu menaikkan ekonomi masyarakat sekitar dan menjadi pasar kebanggaan masyarakat Cimahi. Saat ini Pasar Atas Baru mampu menampung lebih dari 4.000 pengunjung setiap hari dan bertambah banyak pada hari-hari libur. Ke depannya, pemerintah setempat akan membuat pasar ini dapat beroperasi 24 jam untuk memenuhi permintaan masyarakat.

Untuk mencapai Pasar Atas Baru Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi. Namun, menggunakan transportasi umum juga tidak masalah. Anda bisa menggunakan angkot jurusan Cimahi – St. Hall yang melewati Terminal Pasar Antri, Tagog, Cibabat, hingga Stasiun Bandung. Angkutan lain adalah rute Cimahi – Leuwipanjang yang melalui Cimindi, Soekarno Hatta, hingga Perempatan Kopo.

Fasilitas umum sekitar Pasar Atas Baru terbilang cukup lengkap. Pasar ini bersebelahan dengan Terminal Pasar Atas Cimahi 140 m) dan Alun-alun Cimahi (550 m) yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki saja. Jika mencari mesin ATM, Anda juga tidak perlu berjalan terlalu jauh. Dalam radius kurang dari 500 meter, Anda bisa menemukan  ATM BNI (200 m), ATM BRI (270 m), dan ATM Bank BJB (470 m).

Lelah berbelanja dan ingin mencari makan siang? Di sekitar pasar ini terdapat beberapa pilihan kedai makan, seperti Cuanki Laksana (140 m), Rumah Makan Permata (430 m) dan California Fried Chicken (520 m).

Pasar Atas Baru ini juga dikelilingi oleh perumahan lama dan baru. Anda bisa membandingkan beberapa hunian, seperti Griya Asri Cahaya Cipageran, Permana Utara, Taman Bumi Prima, Cihanjuang Indah, dan Permata Cimahi.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Raya Kolonel Matsuri, Padasuka 40525N/AN/A