rentang harga jual
Rp 230 jt Rp 1,339000064 M
Perumnas Bekasi 3
Jl. Setia Mekar, 17510, Jawa Barat
peta

Detail

Nama Properti

Perumnas Bekasi 3

tipe properti

Rumah

Pengembang

N/A

Sertifikat

N/A

per m²

Rp 997.783 - Rp 8.340.278

Tahun Selesai

N/A

Jumlah Lantai

N/A

Total Unit

N/A

Deskripsi

Perumnas Bekasi 3 merupakan perumahan lama  di Bekasi Timur yang dikembangkan oleh Perum Perumnas.  Kawasan ini berkembang cukup pesat. Gencarnya proyek infrastruktur menjadi Bekasi Timur lahan empuk berinvestasi properti. Tak hanya perumahan baru, perumahan lama pun menjadi incaran. Seperti Perumahan yang mendiami Jl. Setia Mekar, Kelurahan Aren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat ini.

Wilayah timur Kota Jakarta sedang giat-giatnya dibangun dari Jakarta Timur, Kota Bekasi hingga Cikarang. Sebut saja Tol Layang Jakarta-Cikampek II, kereta rel listrik (KRL) Jakarta Kota-Cikarang, sampai dengan kereta LRT (Light Rail Transit) Jabodetabek Bekasi-Dukuh Atas. Ditambah lagi, ruas Jalan Tol Cipali (Cikokol-Palimanan) sudah beroperasi, dan bisa diakses dari Jalan Tol Cikampek.

Untuk infrastruktur Kota Bekasi, saat ini sedang dibangun lima TOD/Transit Oriented Development di sepanjang LRT di Bekasi. Yaitu TOD City Bekasi Timur-Eastern Green, TOD Jaticempaka-Gateway Park di Pondok Gede, keduanya sedang dalam pembangunan. Dan tiga lagi di Cikunir I, Cikunir II dan Bekasi Barat.

TOD adalah proyek memaksimalkan angkutan umum massal. Jadi di satu tempat, ada pemberhentian beberapa transportasi umum: busway, kereta api kota (MRT/Mass Rail Transit), kereta api ringan (LRT/Light Rail Transit), yang dilengkapi jaringan pejalan kaki/sepeda.

Jaringan infrastruktur ini sudah pasti memudahkan akses keluar masuk warga di sekitar infrastruktur itu dibangun. Khusus di Bekasi Timur dibangun pula jalan layang Bulak Kapal.

Letak Bekasi Timur yang berbatasan dengan kawasan industri Rawalumbu dan Medan Satria memberi kontribusi pada padatnya penduduk di kawasan ini. Sebuah industri memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja membutuhkan hunian yang dekat dengan lokasi kerjanya. Efek domino ini yang membuat kawasan Bekasi Timur jadi incaran pengembang.

Trans Corp, misalnya, mulai 2017 membangun proyek superbloknya di Bekasi Timur, tepatnya di Jl. Juanda-Kelurahan Margahayu, dekat dengan Stasiun Bekasi Timur. Di dalamnya akan ada apartemen, office tower, Trans Studio Snow Town, Transmart Carrefour, Ibis Hotel, Trans Studio Mini, dan kampus London School Public Relation. Bagian rekreasi dan pusat belanjanya bisa dinikmati warga Bekasi Timur. Jarak dari Perumnas Bekasi 3 ke lokasi kawasan Transmart (4,3 km) yang hanya sekitar 13 menit berkendara.

Perum Perumnas, perusahaan pengembang perumahan milik pemerintah, mengambil wilayah Aren Jaya untuk membangun perumahan Perumnas Bekasi 3 sekitar tahun 1980-an. Perumahan ini disebut juga Perumnas Setia Mekar karena berada di tepi Jl. Raya Setia Mekar.

Kawasan perumahan ini sangat mudah dijangkau. Dari Terminal Bekasi naik Koasi K 01 (Terminal Bekasi-Perumnas 3) turun di Jl. Nusantara Raya lalu berjalan kaki sejauh  450 m. Atau kalau malas ke terminal, turun di Pintu Tol Bekasi Timur (6,2 km) lalu naik ojek. Lama perjalanan dari pintu tol ini dengan kendaraan pribadi sekitar 20 menit, dengan angkot 50 menit.

Selain K 01, ada K 34 (Rawa Kalong-Terminal Bekasi) dan K45 (Metropolitan Mall/Tol Bekasi Barat –Lippo Cikarang). Anda bisa naik Koasi ini dari Pasar Rawa Kalong (450 m) yang berjarak 5 menit jalan kaki.  

Dekat juga ke Stasiun Bekasi Timur (5 km) yang berjarak sekitar 15 menit. Dari stasiun bisa naik K 01 untuk sampai di perumahan.

Bila ingin kendaraan umum yang nyaman, bisa naik Royal TransJakarta  di LRT City (5,6 km). Bus full AC ini ini menjemput penumpang dari beberapa kawasan perumahan, di Bekasi Timur di LRT City, dan baru melayanai rute: B23 (Bekasi Timur-Tebet) dan B24 (Bekasi Timur-Kalideres).

Fasilitas pendidikan banyak sekali di kawasan Perumnas ini. Antara lain PAUD Asoka (300 m), TK Assalam 2 (700 m), TK Al Barkah (130 m), SDN Aren Jaya 12,13,17 dan 21 (600 m), SMPN 11 Kota Bekasi (700 m), Yayasan Tadika Puri Perum III (90 m), SMKN Bekasi (1,9 km), dan SMA PGRI 1 Bekasi (2,9 km).

Layanan kesehatan bisa diperoleh dari beberapa rumah sakit/klinik/puskesmas di kawasan ini. Di antaranya UGD RS Setia Mekar (230 m), Klinik Setia Mekar (400 m), RSU Sentosa (900 m), RSIA Sentosa (900 m), RS Bella (4,8 km) dan Puskesmas Aren Jaya (1,2 km).

Karena kawasannya begitu luas, unit bangunannya beragam. Yang berada di jalan utama dan jalan raya unit rumahnya lebih besar. Sementara di jalan-jalan kecil unitnya lebih kecil. Namun banyak yang sudah  mengalami renovasi sehingga harga pun ikut terdongkrak. Luas lahannya beragam, mulai  90 m² sampai 400 m², dan luas bangunan mulai 45 m² sampai 220 m². Rentang harga jualnya cukup jauh dari Rp 398 juta sampai Rp 3,8 M.

Bila tertarik tinggal atau investasi properti di sini ada beberapa pilihan hunian. Di antaranya Duren Jaya, Taman Kota, Wisma Jaya, Emerald Spring, Puri Juanda Regency, dan Villa Meutia Kirana.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Setia Mekar 17510N/AN/A
Have a question about this property?
AskGuru’s experts are ready to help you.
Ajukan Pertanyaan Anda