Platinum Residence
Soreang Banjaran, Banjaran Kulon, Banjaran, 40377, Jawa Barat
peta

Detail

Nama Properti
Platinum Residence
tipe properti
Rumah
Pengembang
N/A
Sertifikat
N/A
per m²
Rp 5.357.143 - Rp 5.357.143
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Platinum Residence merupakan perumahan di dekat daerah industri,  Cangkuang. Perumahan yang dibangun Sanggar Indah Group ini beralamat di Jl Raya Kamasan Banjaran/Jl Raya Soreang Banjaran, Desa Ciluncat, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Cangkuang merupakan pecahan dari Kecamatan Banjaran yang terletak di sebelahnya, dan diresmikan sebagai kecamatan pada 2003. Dengan luas wilayah 2.396,2 ha, setengah wilayah Cangkuang yang dekat dengan Soreang ikut menjadi wilayah pengembangan ibu kota Kabupaten Bandung.

Kondisi geografis Cangkuang yang berada di 653 m di atas permukaan laut, dan curah hujan rata-rata 260 mm/tahun, menjadikan tanah di kawasan ini cocok untuk ditanami padi dan tanaman pertanian lain. Cangkuang bisa dibilang berada di kaki Gunung Guntur dan Gunung Puntang.

Daerah persawahan dan pertanian inilah yang dimanfaatkan perusahaan developer untuk membangun perumahan berkonsep alam dengan view sawah dan kebun. Seperti Platinum Residence, yang bahkan di belakang perumahan ini ada Lumbung Desa Ciluncat di tepi persawahan yang luas.

Di sisi lain, Cangkuang juga dekat dengan kawasan industri terutama di Timur kawasan ini. Seperti pabrik perusahaan tekstil PT Surya Usaha Mandiri (3,7 km), pabrik industri kimia PT Bozetto Indonesia (3,2 km) keduanya berada di Desa Tarajusari, Banjaran.

Dekat dengan Soreang, fasilitas di Cangkuang termasuk lengkap. Di kota Soreang ada Toserba Samudra (3,9 km), Alfamidi (1,8 km), Indomaret (1,9 km), Taman Kota Soreang (2,9 km), dan Soreang Indah Plaza (4,1 km). Di Soreang pula ada kawasan kantor pemerintahan Kabupaten Bandung yang disebut Plaza Pemkab Bandung (4,3 km).

Di sekitar Cangkuang dan Banjaran dan Soreang ada Waterboom Cahaya Abadi (2,7 km dari Platinum Residence), Kolam Renang Lebak Asri (3,3 km), Kolam Renang Islami Ciherang Indah (2,1 km), Kolam Renang Wayan (1,3 km), Pesona Nirwana Water Park (4,7 km), Taman Kota Soreang (2,7 km), dan Resort Bukit Bukit Sukanagara (7 km).

Pusat belanja pun cukup banyak. Selain di Soreang, sepanjang Jl Kamasan Banjaran merupakan kawasan jalan yang ramai perniagaan, banyak toko, warung, restoran, apotek, bengkel, SBPU, toko elektronik, toserba, pegadaian dan jenis usaha lain. Di samping gerbang masuk Platinum ada Alfamart (16 m).

Fasilitas lainnya, seperti sekolah terdapat banyak di Cangkuang sampai di Soreang. Di antaranya TK dan PAUD Al Muklish (1,2 km), PAUD/TK/Kelompok bermain Nasywa Nur Kamillah (3,8 km), SDN Ciluncat 02 (350 m), SDN Malaka Sari 02 (800 m), SD Setragalih 02 Cangkuang (750 m), SMP Labschool Pulpen At Tarbiyah (1,2 km), SMPN 1 Cangkuang (1,5 km), SMP Pasundan 1 Cangkuang (1,8 km), SMA Islam Al Mukhlish (2,7 km), SMK Penida 2 Katapang (1 km), dan SMAN 1 Soreang (2,2 km).

Layanan kesehatan ada beberapa di sekitar Cangkuang. Antara lain Puskesmas Banjaran (3,2 km), Puskesmas Soreang (2,2 km), Ratnasari Clinic (400 m), dan RSUD Soreang (4,6 km).

Rumah sakit besar dengan peralatan lengkap ada di Kota Bandung yang jaraknya jauh, namun bisa dijangkau dalam waktu lebih singkat karena adanya akses jalan Tol Soreang-Pasir Koja (Soroja) yang terkoneksi dengan Tol Purbaleunyi. Sehingga ke RS Hasan Sadikin (27,1 km) bisa dijangkau dalam waktu 31 menit, dan RS Rajawali (19,5 km) bisa ditempuh dalam waktu 25 menit. Dengan catatan, kondisi lalu lintas lancar. Gerbang tol Soreang (5,4 km) menjadi pintu masuk dan keluar kendaraan Tol Soroja dari Soreang.

Fasilitas transportasi umum terhitung mudah karena di depan gerbang Platinum Residence lewat kendaraan umum Soreang-Banjaran.

Perumahan Platinum lahannya tidak luas, dan hanya ada beberapa unit rumah saja di dalamnya, jadi bisa dianggap perumahan cluster. Unit rumahnya tidak besar dibangun di atas lahan 60 m², 74 m², dan 90 m², dengan bangunan seluas 21 m², 36 m² dan 45 m². Unit rumahnya didesain sangat rapi bergaya modern minimalis.

Tidak ada catatan tentang harga rumahnya. Namun sebagai perbandingan, bisa dilihat dari harga unit  di tetangganya, perumahan Gading Tutuka. Desain rumah, luas lahan dan bangunannya serupa dengan Platinum Residence. Beberapa sudah direnovasi. Harga Rp 340 juta ditawarkan untuk unit satu lantai berukuran LB/LT 55/69, Rp 450 juta untuk rumah tipe dua lantai  berukuran 100/60 dan 75/70, sampai Rp 550 juta untuk unit baru satu lantai yang sudah direnovasi tipe 21/75 .

Platinum Residence merupakan proyek perumahan komersial dari Sanggar Indah Group, selain Damar Regency. Biasanya developer ini membangun rumah bersubsidi untuk memenuhi program Sejuta Rumah, yaitu perumahan Sanggar Indah Banjaran, Sanggar Mas Lestari, Sanggar Indah Lestari, dan Alam Sanggar Indah.

Cangkuang berhawa dingin, masih banyak persawahan dan fasilitas desanya  sangat lengkap karena bersebelahan dengan Soreang. Bila berminat tinggal di kawasan ini dan sekitarnya, ada beberapa pilihan rumah. Antara lain Sanggar Indah Banjaran, Taman Kopo Katapang, dan Griya Bunga Asri Soreang,

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl Soreang Banjaran, Banjaran Kulon, Banjaran 40377N/AN/A