Plaza Permata
Jl. M.H. Thamrin, 10210, DKI Jakarta
peta

Detail

Nama Properti
Plaza Permata
tipe properti
Perkantoran
Pengembang
N/A
Sertifikat
N/A
per m²
N/A
Tahun Selesai
1991
Jumlah Lantai
13
Total Unit
N/A

Deskripsi

Jalan M.H. Thamrin merupakan area bisnis premium di Jakarta dan merupakan bagian dari  kawasan segitiga emas Thamrin-Sudirman-Kuningan. Di kanan-kiri jalan sepanjang 2,5 kilometer itu berdiri puluhan gedung pencakar langit yang merupakan bangunan komersial dan gedung perkantoran. Satu diantaranya adalah Plaza Permata yang terletak di Jl. M.H. Thamrin No 57, Menteng, Jakarta Pusat.

            Plaza Permata dibangun pada tahun 1989 dan mulai beroperasi pada 1991. Gedung berlantai 14 ini memiliki atrium tinggi yang memungkinkan cahaya matahari masuk dan membias ke ruang-ruang perkantoran yang ada di dalam bangunan ini. Selain menampilkan pemandangan luas, penempatan atrium ini juga menghadirkan kesan elegan melalui penempatan langit-langit yang tinggi. Lantai lobi Plaza Permata yang terbuat dari marmer impor kian menambah kesan mewah dan elegan.

            Bangunan seluas 12.872 meter persegi ini memiliki desain modern dengan seluruh dinding eksterior berlapis kaca. Penggunaan material kaca ini menguntungkan karena terbilang mudah dibersihkan dibandingkan material konvensional lainnya. Pemakaian kaca juga mampu menghemat energi karena minimnya pemakaian lampu di siang hari. Bukan itu saja, pada saat matahari bersinar terang, lapisan kaca tersebut memantulkan siluet bangunan di sekitarnya bagai cermin, termasuk memantulkan bias cahaya kekuningan pada saat matahari terbenam. Jika dilihat dari luar, persis seperti lukisan yang indah.

            Di antara banyak perusahaan yang berkantor di gedung ini, salah satunya adalah PT Artotel, perusahaan yang membangun jaringan hotel Artotel dengan konsep yang unik, menggabungkan fungsi hotel dengan galeri. Bekerja sama dengan seniman lukis Indonesia, hotel ini menjadi semacam etalase untuk menampilkan hasil karya para seniman tersebut. Perusahaan lain dari berbagai bidang bisnis yang juga berkantor di Plaza Permata adalah PT Post Energy, PT Trigatra Kimunikatama, PT Aditama Finance, PT Chubb Life Insurance, dan PT Emori.

            Gedung yang dikelola oleh PT Mitra Permata Indah ini dilengkapi dengan 4 lift, yang pemakaiannya terbagi atas 2 lift untuk lantai zona tinggi dan 2 lift untuk lantai zona rendah, serta ditambah 1 lift servis. Lahan parkir gedung yang bisa memuat 281 kendaraan ini terletak di lantai 2 sampai lantai 6. Dengan luas lantai rata-rata 1430 meter persegi, ruang kantor yang disewakan berukuran mulai 76 meter persegi sampai 1000 meter persegi. Sebagai bukti keseriusan upaya memberi layanan profesional kepada penghuni, manajemen gedung mendapatkan sertifikat ISO (international standard of operation) pada 2008 dengan sertifikasi Quality Excellence.

Untuk menambah kenyamanan pengguna gedung, di Lantai Dasar terdapat minimarket, kantor pos, sentra ATM, serta sejumlah restoran sebagai alternatif makan siang karyawan. Di Lantai Basement terdapat restoran India Queen’s Tandoor yang cukup populer di kalangan warga Jakarta. Selain menjadi tempat makan favorit, Queen’s Tandoor juga dikenal sebagai perusahaan katering yang memasok makanan pada pesta pernikahan dan acara-acara lain yang diadakan oleh warga keturunan India. Restoran ini terkenal dengan makanan otentik India seperti Dahi Puri, Chicken Tandoori, Lamb Sheekh Kebab, Chicken Handi Curry, dan Lamb Dum Biryani.

            Di seputaran Jl. M.H. Thamrin terdapat banyak gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi untuk urusan pribadi maupun  pertemuan bisnis. Dalam radius jalan kaki dari Plaza Permata, ada Grand Indonesia Shopping Town (970 m), Plaza Indonesia (350 m), Hotel Mandarin Oriental (450 m), Hotel Indonesia Kempinski (500 m), Keraton at The Plaza (600 m), Hotel Grand Hyatt (350 m), dan  Hotel Pullman (120 m).

            Jika sewaktu-waktu perlu berobat ataupun membutuhkan layanan kesehatan lainnya, ada beberapa rumah sakit yang bisa diakses dengan mudah dari Plaza Permata. Beberapa di antaranya adalah RS Jakarta (3,4 km), Sahid Sahirman Memorial Hospital (3,5 km), MRCCC Siloam Hospital Semanggi (3,2 km), RS Bunda Menteng (2,2 km), dan RSIA YPK Mandiri (1,6 km).

Plaza Permata mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun transportasi publik. Jl. M.H. Thamrin dilalui oleh bus TransJakarta koridor 1 dengan rute Blok M-Kota. Halte terdekat dari Plaza Permata adalah Halte Busway Sarinah (450 m) dan Halte Tosari (700 m). Untuk sementara, Halte Bundaran HI belum bisa digunakan karena sedang ada proyek pembangunan MRT (mass rapid transportation). Plaza Permata juga dekat dari Stasiun Tanah Abang (2,3 km), Stasiun Cikini (2,4 km), dan Stasiun Gondangdia (1,8 km).

Berhubung terletak di kawasan bisnis dan niaga, mayoritas hunian di sekitar Plaza Permata terdiri dari rumah susun, apartemen, dan townhouse. Bila berminat untuk menghuni atau memiliki investasi properti di daerah yang strategis ini, ada beberapa alternatif kawasan hunian yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Thamrin City Cosmo Residence, Menteng Aarden Townhouse, Apartement Pavillion, Apartment Istana Sahid, dan Thamrin City Cosmo Mansion.

 

 

Baca Selengkapnya

Sarana & Prasarana

Fasilitas

  • Tempat Parkir Basement
  • Lift lobby
  • Sepen
  • Keamanan 24 Jam

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Plaza Permata 13N/A