Pondok Indah Banguntapan
Jl. Pleret, 55198, DI Yogyakarta
peta

Detail

Nama Properti

Pondok Indah Banguntapan

tipe properti

Rumah

Pengembang

N/A

Sertifikat

Other

per m²

N/A

Tahun Selesai

N/A

Jumlah Lantai

N/A

Total Unit

N/A

Deskripsi

Pondok Indah Banguntapan merupakan salah satu perumahan bersubsidi yang dikembangkan oleh PT Jogja Graha Selaras Land. Lokasinya berada di Jl. Pleret, Mertosanan Wetan, Banguntapan, Bantul. Perumahan yang mengusung konsep hunian modern minimalis ini tidak jauh dari perbatasan wilayah Bantul dan wilayah administrasi Yogyakarta.

Berjarak 12 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, bila Anda mengarah dari Solo, perumahan ini bisa diakses melalui Jl. Kusumanegara, Jl. MT Haryono, dan Jl. Janti. Bila dari arah luar kota, akan lebih cepat melalui jalur Lingkar Luar (Ring Road) Barat dan Selatan. Jika Anda lebih suka menggunakan bus atau kendaraan umum seperti TransJogja, Anda bisa turun di Terminal Giwangan (6,2 km). Hanya memerlukan waktu 15 menit dengan angkutan umum lain untuk sampai ke perumahan.

Bila hendak bepergian keluar kota menggunakan kereta api, Anda bisa menuju Stasiun Tugu (12 km) atau Stasiun Lempuyangan (10 km). Jika Anda dari luar kota menuju perumahan ini, dari kedua stasiun tersebut Anda bisa menggunakan kereta api lokal Prambanan Ekspres jurusan Solo, dan turun di Stasiun Maguwo (8,7 km). Stasiun ini tepat berada di depan Bandara Internasional Adi Sucipto.

Walau berada di perbatasan wilayah, Banguntapan merupakan kawasan pemukiman yang cukup ramai. Sudah banyak sarana umum yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk pendidikan anak, misalnya, di sekitar perumahan bisa dijumpai beberapa PAUD dan KB. Alternatif lain adalah Sekolah Taman Siswa (7,9 km) di Kota Gede, yang memiliki jenjang pendidikan dari TK hingga SMA. Untuk jenjang perguruan tinggi, yang terdekat adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surya Global Yogyakarta (2,1 km) dan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (3,6 km).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, toko kelontong, warung tradisional, dan minimarket bertebaran di sekitar perumahan. Namun, tempat-tempat itu tidak menjual bahan makanan segar. Bila membutuhkan bahan pangan, ada dua pasar tradisional yang bisa dituju, yaitu Pasar Ngipik (2 km) dan Pasar Kota Legi Gede (3,9 km), yang merupakan salah satu pasar tertua di Yogyakarta, bahkan sejak zaman Kerajaan Mataram. Di kawasan Banguntapan ini Anda juga bisa menemukan banyak industri rumahan kerajinan batik dan kulit.

Pondok Indah Banguntapan juga cukup dekat dengan taman-taman rekreasi di Yogyakarta, seperti Kebun Binatang Gembiraloka (5 km) dan Museum 3D, 4D, 5D De Mata Trick Eye Museum (5,8 km) di Pandeyan. Ada pula sejumlah wahana bermain anak, seperti kolam renang Kids Fun Park, Galaxy Waterpark, dan Balong Waterpark.

Perumahan ini bisa diakses dari Jl. Raya Wonosari untuk menuju Gunung Kidul, sehingga cepat mencapai tempat-tempat wisata hutan pinus di Wonosari, antara lain Hutan Pinus Puncak Becici, Hutan Pinus Asri, Hutan Pinus Pengger, dan Bukit Bintang. Lebih jauh ke arah Gunung Kidul, Anda bisa mengeksplorasi Goa Jomblang, Goa Pindul, Goa Karst, wisata tubing, dan pantai-pantai di pesisir Gunung Kidul yang berhadapan dengan Samudera Hindia.

Untuk mendapatkan produk kesehatan, beberapa apotek dan klinik kesehatan berada tak jauh dari perumahan. Namun, jika memerlukan fasilitas kesehaan yang lebih lengkap, rumah sakit paling dekat adalah RSU Rajawali (2,5 km), RS PKU Muhammadiyah (4,5 km), dan RSUD Yogyakarta, yang dikenal juga dengan nama RS Wirosaba (8,1 km).

Demi memberikan kenyamanan kepada penghuni, perumahan ini memberlakukan one gate system dengan satu gerbang masuk yang dijaga oleh petugas keamanan. Jalan masuk dilapisi aspal dan beton cor. Beberapa bagian dilapisi dengan paving block. Pengembang juga membuat saluran jalur resapan air untuk mengurangi risiko terjadinya genangan saat hujan. Beberapa fasilitas lain yang bisa Anda nikmati adalah taman dan area terbuka hijau, lapangan olahraga, dan musala.

Pondok Indah Banguntapan dibangun dilahan seluas 1,5 hektar. Total unit yang dibangun adalah 127 unit terdiri dari empat tipe, yaitu 36/72, 40/80, 45/90, dan 60/126 meter persegi. Semua tipe merupakan bangunan satu lantai dengan rancangan serupa. Rumah-rumah dibangun dengan banyak jendela kaca yang bisa menjadi alternatif penghematan energi pada siang hari. Pembagian ruang di dalamnya pun sama, yaitu dua kamar tidur, satu kamar mandi, halaman terbuka di bagian belakang, dapur, serta halaman depan yang dibiarkan tanpa pagar pembatas. Dari keempat tipe ini, hanya tipe 45/90 dan 60/126 meter persegi yang dirancang dengan carport. Unit-unit tersebut dipasarkan dengan harga jual Rp130 juta – Rp270 juta.

Sebelum memutuskan untuk membeli unit di perumahan ini, tak ada salahnya Anda melihat hunian lain yang tersedia di kawasan Banguntapan, seperti Agatama Regency Banguntapan. Sementara itu, ada hunian lain di area Bantul yang juga bisa dipertimbangkan sebagai tempat tinggal atau investasi, antara lain Pesanggrahan Wirokerten dan Quantum Royale yang merupakan perumahan mewah.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Pleret 55198N/AN/A
Have a question about this property?
AskGuru’s experts are ready to help you.
Ajukan Pertanyaan Anda