Ruko Selokan Mataram
Jl. Selokan Mataram, 55281, DI Yogyakarta
peta

Detail

Nama Properti
Ruko Selokan Mataram
tipe properti
Ruko
Pengembang
N/A
Sertifikat
Other
per m²
N/A
Tahun Selesai
N/A
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Ruko Selokan Mataram terletak di kawasan Depok. Persisnya di Jl Selokan Mataram No 168, Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Jalan Selokan Mataram merupakan kawasan yang ramai dan padat kendaraan. Selain dikelilingi pemukiman, di sepanjang jalan terdapat banyak pusat perniagaan

 

Selokan Mataram adalah nama populer dari Saluran Mataram, yaitu kanal irigasi yang menghubungkan Kali Progo di Barat dan Sungai Opak di Timur. Selokan Mataram dibangun pada masa pendudukan Jepang.

 

Selain sebagai irigasi, selokan ini juga menjadi tujuan wisata, dan di sisinya dibangun Jalan Selokan Mataram yang berada di Kabupaten Sleman. Di jalan yang ramai ini berdiri beberapa kawasan komersial, salah satunya Ruko Selokan Mataram (RSM), bangunan kokoh yang menarik perhatian karena gedungnya dominan warna merah.

 

Luas Sleman 574,8 km2, terdiri dari 17 kecamatan, 86 desa, dan 1.212 dusun. Dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) lebih dari Rp 52 M pada 2005, menjadikan Sleman Kabupaten terkaya di DI Yogyakarta. Salah satu faktor Sleman memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik adalah adanya fasilitas infrastruktur.

 

Kawasan ini dilalui Jalan Lingkar Utara, Jalan Raya Yogya-Wates, Jl. Raya Magelang-Yogyakarta, dan Jl Raya Solo-Yogya. Pada 2019 akan dibangun jalan tol Yogyakarta-Bawen (Semarang) yang akan melewati Sleman Barat. Berbeda dengan jalan tol Semarang-Solo yang banyak memangkas bukit, jalan tol Yogyakarta-Bawen ini akan lebih ramah lingkungan karena bentuknya terowongan underpass.

 

RSM berada dekat dengan Jl. Raya Solo-Yogyakarta lewat Jl. Laksda Adisucipto (1,7 km), yang terusannya adalah Jalan Lingkar Utara. Ke Jalan Lingkar Utara/Jl Pajajaran juga bisa melalui Jl Seturan Raya (1,9 km). Dekat pula dengan Bandara Adisucipto (4,7 km) dan Stasiun Maguwo (4,8 km), keduanya berada di Kabupaten Sleman.

 

Akses angkutan umum ke RSM terbilang mudah dengan adanya bus TransJogja (TJ), dari halte terdekat TPB BRI Seturan (160 m jalan kaki, 500 m berkendara) ada Bus TJ Koridor 5A (Jombor-Monjali). Bus ini juga masuk Terminal Condongcatur (2,9 km), dimana akan terkoneksi dengan bus TJ lain.

 

Faktor lain yang membuat Sleman lebih berkembang dari kawasan lain, karena banyaknya kampus. Di Sleman terdapat 26 perguruan tinggi dari universitas, institut, dan sekolah tinggi. Yang terbesar adalah Universitas Gajah Mada yang jaraknya 4,9 km dari RSM.

 

Dalam radius jarak 4 km dari RSM ada Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Universitas Islam Indonesia, Institut Pertanian Yogyakarta, Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata API,  dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Guna Bangsa.

 

Selain itu di Sleman juga punya banyak tempat wisata di antaranya  Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Monumen Yogya Kembali, Museum Affandi, dan Museum Gunung Berapi.

 

Selain perguruan tinggi, di kawasan ini juga berdiri sekolah yang sangat terkenal, SMA Kolese De Britto (4,7 km), yang muridnya semua lelaki. Karena merupakan kawasan bisnis dan komersial, di dekat RSM tidak ada sekolah lain, baru ada dalam radius 4 km ke atas.

 

Dekat pula dengan beberapa rumah sakit, seperti RS Hermina Yogya (4,7 km), RS Siloam Yogyakarta (3,7 km), RSIA Ummi Khasanah (4,7 km), RSUP Sardjito (5,8 km) dan RS Panti Rapih (5,6 km).

 

Karena relatif dekat dengan banyak perguruan tinggi, di dekat Jl Selokan Mataram banyak ruko, toko, hunian mahasiswa, kafe, resto, bahkan hotel. Seperti Circle K Seturan (110 m jalan kaki), Toko Eiger Ruko Raflesia (350 m), SPBU Pertamina Barbasari (350 m), Warung Steak & Shake Seturan (1,4 km), Depok Sport Centre (600 m), Sahid J-Walk (1,5 km), dan Kolam Renang Salsabila (1,3 km).

 

Di sekitar RSM ada beberapa hunian vertikal seperti Student Park Hotel Apartment (150 m), apartemen Student Castle (850 m), Rusunawa Dabag (2 km), dan Apartemen Malioboro City (2,6 km). Jarak ke Bandara Adisucipto juga dekat hanya 4,7 km, dan Stasiun Maguwo 4,8 km. Tak heran bila lokasi ini sangat disukai pengembang properti. 

 

RSM adalah ruko dua lantai yang memiliki balkon. Setengah balkon diberi pagar setinggi dada, dan setengahnya diberi tembok dengan hiasan garis-garis merah. Kalau mau menjadikan ruko ini sebagai tempat tinggal juga, cukup representatif karena dilengkapi kamar mandi, kamar tidur, dapur dan ruang tamu, dengan luas bangunan sekitar 100 m2. RSM hanya punya lima bangunan ruko dengan ukuran dan desain sama. Dilengkapi lahan parkir terbuka tanpa pagar.

 

Tidak ada data mengenai harga jual Ruko Selokan Mataram. Sebagai perbandingan, Ruko Rafflesia (650 m dari RSM), di Babarsari Square 2, ruko dua lantai dengan LT/LB  126/117, harga jualnya Rp 2,6 M. Sementara di Jl Raya Kabupaten, depan RS UGM (9 km), ruko dua lantai berukuran LT/LB 72/100 harga jualnya Rp 900 juta.  

           

Bila tertarik punya hunian di kawasan ini dan sekitarnya, ada beberapa pilihan lain. Antara lain Casa Grande, Citra Sun Garden, Sleman Sembada, Perumahan Minomartani, Griya Pesona Mulya, Hyarta Residence.

 

 

 

 

 

 

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Selokan Mataram 55281N/AN/A