Wisma BII
Jl. Pemuda, 60262, Jawa Timur
peta

Detail

Nama Properti

Wisma BII

tipe properti

Rumah

Pengembang

N/A

Sertifikat

N/A

per m²

N/A

Tahun Selesai

N/A

Jumlah Lantai

N/A

Total Unit

N/A

Deskripsi

WISMA BII Surabaya adalah sebuah gedung perkantoran yang berada di Kelurahan Tegalsari, Surabaya, Jawa Timur. Gedung perkantoran ini dibangun oleh Sinarmas Land diperuntukkan kantor wilayah Bank Internasional Indonesia untuk wilayah Indonesia Timur. Pembangunan Wisma BII dimulai Juli 1990 dengan Wijaya Karya sebagai pemborong. Pembangunan Wisma BII berlangsung hingga Oktober 1992. Dalam hitungan bulan setelah rampung, gedung perkantoran ini pun mulai beroperasi.

Sebagai salah satu gedung pencakar langit yang sudah cukup lama berdiri, Wisma BII mencatat sejarah insiden yang tidak terlupakan oleh warga Surabaya. Pagi, 21 Juni 2009, gedung perkantoran ini terbakar hingga menghanguskan lantai 11. Termasuk menghanguskan sebagian lantai 12-17 Wisma BII. Untuk pertama kalinya di Surabaya, kebakaran melanda sebuah gedung pencakar langit. Setelah menjalani perbaikan, Wisma BII mulai beroperasi kembali di tahun 2010. Hikmah dari musibah ini, muncullah ide pengadaan mobil pemadam kebakaran khusus gedung pencakar langit. Ide ini terwujud Sembilan tahun kemudian.

Terletak di Jl. Pemuda No. 60-70, Wisma BII Surabaya memiliki lokasi yang strategis. Terutama karena jalan ini berada di kawasan bisnis Kota Surabaya. Kondisi strategis ini membuat Wisma BII terjangkau dari berbagai kawasan dan mudah diakses maupun mengakses beragam fasilitas. Apalagi didukung dengan adanya berbagai fasilitas transportasi umum.

Selain mudah diakses, nilai strategis Wisma BII antara lain juga ditunjukkan dengan keberadaan berbagai fasilitas komersial di sekitar gedung perkantoran ini. Wisma BII Surabaya dikelilingi oleh sejumlah hotel berbintang, restoran bergengsi, dan pusat perbelanjaan. Wisma BII juga tidak jauh dari Stasiun Gubeng Baru. Hanya berjarak 2,9 km dan dapat dicapai dalam waktu 9 menit berkendara. Fakta ini tentu saja turut meningkatkan nilai komersial Wisma BII Surabaya.

Apabila membutuhkan fasilitas akomodasi sementara yang mudah diakses dari Wisma BII, ada beberapa alternatif. Untuk hotel berbintang, antara lain Bumi Surabaya City Resort yang berjarak 1,4 km dan dapat dicapai dalam waktu 3 menit, Hotel Wyndham Surabaya yang berjarak 1,8 km dan dapat dicapai dalam waktu 4 menit berkendara, Sheraton Surabaya Hotel & Towers yang berjarak 2 km dan dapat dicapai dalam waktu 6 menit berkendara, serta Hotel Majapahit Surabaya yang berjarak 3,6 km dan dapat dicapai dalam waktu 9 menit berkendara,

Selain itu, ada pula hotel bintang empat yang dapat dicapai dalam waktu 1-4 menit berkendara dari Wisma BII, yaitu Hotel Aria Centra Surabaya, Garden Palace Hotel Surabaya, dan Crown Prince Hotel Surabaya. 

Untuk pusat perbelanjaan, ada beberapa yang berada dalam jangkauan lokasi Wisma BII. Diantaranya Delta Plaza yang berjarak 1,3 km dan dapat dicapai dalam waktu 4 menit berkendara, WTC yang berjarak 1,6 km dan dapat dicapai dalam waktu 5 menit berkendara, Tunjungan Plaza Surabaya yang berjarak 1,6 km dan dapat dicapai dalam waktu 4 menit, dan Grand City Mall Surabaya yang berjarak 2 km dan dapat dicapai dalam waktu 5 menit.

Fasilitas pendukung yang terjangkau dari Wisma BII dan tidak kalah pentingnya adalah fasilitas kesehatan. Fasilitas kesehatan terdekat diantaranya Siloam Hospitals Surabaya yang berjarak 1,5 km dan dapat dicapai dalam waktu 4 menit berkendara dan RS Husada Utama yang berjarak 3,7 km dan dapat dicapai dalam waktu 11 menit berkendara.

Selain berbagai fasilitas pendukung yang mengelilinginya, Wisma BII Surabaya juga dikelilingi berbagai Gedung Perkantoran, antara lain BRI Tower, Grapari Telkomsel, dan Bumi Mandiri Tower.

Wisma BII Surabaya dibangun di atas lahan seluas 4.300 meter persegi. Gedung pencakar langit ini memiliki 20 lantai dengan ketinggian gedung mencapai 78 meter. Dibangun dengan gaya modern dan efisien oleh tim arsitek Atelier 6, Wisma BII memiliki luas lantai sekitar 28.000 meter persegi. Gedung ini juga dilengkapi dengan gedung parkir 10 lantai yang dapat memuat 300 mobil.

Aktivitas bisnis di gedung perkantoran Wisma BII didukung oleh berbagai fasilitas seperti ruang meeting, ruang pantry, dan lounge. Selain itu, juga terdapat berbagai unit usaha penunjang seperti fasilitas perbankan (ATM), layanan kurir, pujasera, dan lain sebagainya. Untuk menjamin kelancaran aktivitas penyewa gedung, Wisma BII dilengkapi genset yang dapat melayani kebutuhan tenaga listrik di saat darurat. Selain itu, diberlakukan sistem keamanan 24 jam untuk menjamin keamanan gedung dan para penyewanya.

Meskipun saat ini Wisma BII sudah beralih nama menjadi Sinarmas Land Plaza, nama ini masih terus melekat. Selain Wisma BII, masih banyak lagi properti komersial pilihan di kawasan Tegalsari yang tidak hanya untuk Anda gunakan sendiri, tapi juga sebagai investasi. Beberapa yang bisa Anda pertimbangkan antara lain Graha HSBC, Plaza Tunjungan, Trillium Office & Residence, Bumi Mandiri Tower 2, Gedung Ekonomi, dan Gedung GBS.

Baca Selengkapnya

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Building @ Jl. Pemuda 60262N/AN/A
Unsure about this property? AskGuru’s experts are ready to help you with your questions.
Have a question about this property?
AskGuru’s experts are ready to help you.
Ajukan Pertanyaan Anda