Wisma Kosgoro
Jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta, 10310, DKI Jakarta
peta

Detail

Nama Properti
Wisma Kosgoro
tipe properti
Ruang Usaha
Pengembang
N/A
Sertifikat
Other
per m²
N/A
Tahun Selesai
1990
Jumlah Lantai
N/A
Total Unit
N/A

Deskripsi

Wisma Kosgoro merupakan gedung perkantoran yang berada di Jl. M.H. Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, yang dibangun pada tahun 1976 dan telah menyewakan ruang kantor sejak tahun 1990.

Masuk dalam kategori Grade C, gedung berlantai 20 ini merupakan gedung perkantoran berukuran medium dengan luas 13.836 meter persegi dan rata-rata floor plate 692 meter persegi. Dilengkapi dengan empat unit passenger lift yang dibagi menjadi dua unit low zone dan satu unit high zone, serta satu service lift. Terdapat juga area parkir yang memadai dengan kapasitas sekitar 189 lot. Toilet yang tersedia berupa tiga male urinal, dua male cubical, serta dua female cubical. Fasilitas penunjang lain adalah ATM dan bank.

Pada tahun 2015, gedung ini mengalami kebakaran. Sang pemilik, Hayono Isman, yang juga salah satu menteri di era Presiden Soeharto berencana membangun ulang Wisma Kosgoro dengan motivasi ingin menumbuhkan semangat gotong royong dan tidak ingin kalah bersaing dari gedung lain. Pembangunan yang perkiraannya menghabiskan dana lebih dari satu triliun rupiah ini juga didanai oleh Pimpinan Daerah Kolektif (PDK) Kosgoro se-Indonesia. Selain membangun ulang, juga sedang dipertimbangkan untuk mengganti nama Wisma Kosgoro menjadi Graha Kosgoro atau Menara Kosgoro.

Sebelumnya, gedung yang beroperasi Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 ini dihuni oleh banyak perusahaan besar, termasuk Kedutaan Besar Filipina. Meskipun biaya sewanya tergolong murah, fasilitas dan kondisi gedung masih sangat layak dan berkualitas. Apalagi, lokasinya di kawasan Thamrin yang sudah sangat dikenal sebagai kawasan bisnis dan hiburan.

Beberapa perusahaan yang pernah berkantor di sini, antara lain perusahaan IT, Jatis Solutions Ecom yang menempati lantai lima, bersama Multi Indocitra Tbk yang salah satu bidang usahanya adalah memproduksi kosmetik. Lalu, di lantai tujuh terdapat Indonusa Computer System yang bergerak di bidang software dan hardware komputer, serta Sinar Palem Abadi, produsen bahan baku tekstil.

Satu lantai di atasnya terdaat konsultan manajemen Eldridge Gunaprima Solution, perusahaan pengiriman kargo Limin Marine & Offshore, dan beberapa organisasi, yakni Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) serta Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI). Di lantai sembilan terdapat CIM Investment Management dan di lantai sepuluh terdapat Otri Technology yang menyediakan solusi IT dan perusahaan investasi Roundhil Nusantara.

Sementara itu, perusahaan kontraktor Eraska Nofa dan Media Dian Sejahtera yang merupakan perusahaan media (khususnya majalah) menempati lantai sebelas. Perusahaan konstruksi telekomunikasi Solusindo Kreasi Pratama memilih untuk berkantor di lantai 12. Di lantai 15 ada Kalpataru Semesta yang bergerak di bidang kelapa sawit dan Prima Cable Indo yang menangani transmisi dan kabel listrik. Ada juga kantor dari pemilik gedung, Hayono Isman, yang berada di lantai 17. Sedangkan di lantai 18 terdapat Notaris Karin Christiana Basoeki SH. Perusahaan pengeboran minyak Diamond Offshore Netherland BV menempati lantai 19 bersama Nutrasweet Indonesia yang memproduksi bahan kimia untuk bahan makanan.

Karena berada di salah satu pusat bisnis, maka tak heran jika di sekitar Wisma Kosgoro akan dijumpai sejumlah gedung perkantoran lain, seperti Sinar Mas Land Plaza (100 m), Oil Centre Building (100 m), dan The Plaza Office Tower (750 m), serta terdapat juga kantor Kedutaan Besar Prancis (200 m) dan Kedutaan Besar Jepang (800 m). Beberapa intansi pemerintah lain yang bisa Anda jumpai di sini adalah Gedung BPPT I (700 m) dan Kementerian Agama RI (800 m).

Kawasan ini juga dilengkapi dengan sejumlah hotel berbintang, seperti Pullman Hotel (280 m), Kempinski Hotel (650 m) dan Hotel Ibis Jakarta Tamarin (850 m). Juga ada pusat pendidikan, yakni SMP Santo Bellarminus (900 m) dan Sekolah Katolik Santa Theresia (700 m), serta Gereja Katolik Santa Theresia (550 m). Ada pula Institut Français d'Indonésie (180 m) yang merupakan salah satu pusat kebudayaan Prancis terbesar di dunia dan berada di bawah naungan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia.

Terdapat pula beberapa pusat kesehatan, yakni RSIA YPK Mandiri (1 km), RS Abdi Waluyo (1,1 km), dan Biotest Lab Klinik (650 m). Yang menarik, dari gedung ini Anda juga bisa berjalan kaki untuk berkunjung ke sejumlah pusat perbelanjaan populer, seperti Sarinah Plaza  (400 m), Plaza Indonesia (500 m), dan Grand Indonesia Shopping Town (900 m), serta nonton film terbaru di Djakarta Theater XXI (500 m).

Anda juga bisa berjalan kaki untuk bisa mengakses transportasi umum melalui Halte Sarinah (290 m). Atau, jika ingin naik kereta, Anda bisa menuju Stasiun Sudirman (1,4 km) dan Stasiun Gondangdia (1,7 km). Akses tol terdekat dari kawasan ini adalah gerbang Tol Senayan (4,6 km).

Beberapa pilihan hunian menarik untuk Anda pertimbangkan di sekitar Wisma Kosgoro ini, antara lain Thamrin City Cosmo Residence, Thamrin Residences , Apartemen 1 @ Cik Ditiro, Eksekutif Menteng Apartemen, T Plaza Residences, Apartemen Menteng Prada, dan Shangri La Residence.

Baca Selengkapnya

Sarana & Prasarana

Fasilitas

  • Aircon Facilities
  • Tempat Parkir Basement
  • Cafes
  • Lift lobby
  • Keamanan 24 Jam

Detail Bangunan

Gedung # Floors # Units
Wisma KosgoroN/AN/A