15 Rumah Idaman yang Menginspirasi, Lengkap dengan Desain dan Denahnya

Wahyu Ardiyanto
RumahCom – Semua orang punya standar ideal tentang rumah idaman. Masing-masing orang juga punya gaya dan selera yang berbeda terkait rumah idamannya. Namun, pada prinsipnya, faktor mendasar yang jadi pertimbangan banyak orang ketika bicara tentang rumah yang diidamkan nyaris sama, seperti lokasi yang strategis berdasarkan kepentingan masing-masing, ukuran luas tanah dan bangunan, jumlah lantai, desain bangunan, desain interiornya.
Untuk membantu mewujudkan cita-cita seputar rumah yang Anda idamkan di masa depan, berikut 15 ide desain rumah idaman pilihan yang bisa Anda jadikan acuan:
  1. Arsitektur Modern, Desain Kekinian
  2. Rumah Tapak Berkonsep Apartemen (Aparthouse)
  3. Rumah Futuristik Ala Jepang
  4. Rumah Tumbuh Sesuai Kebutuhan
  5. Bergaya Modern dan Elegan
  6. Bergaya Arsitektur Klasik
  7. Modern Minimalis Australian Tropis
  8. Modern Minimalis dengan Sentuhan Tropis
  9. Urban Futuristik
  10. Rumah Bali Modern Minimalis
  11. Jepang Modern
  12. Elegan Kontemporer
  13. Mediterania Modern
  14. Modern Hijau
  15. Klasik Modern

1. Arsitektur Modern, Desain Kekinian

Rumah Idaman: Arsitektur Modern, Desain Kekinian
Desain unit Trevista Rempoa yang didesain arsitek ternama Atelier Riri dengan gaya arsitektur modern dan kekinian mungkin bisa jadi acuan untuk rumah impian Anda.
Denah rumah Grand Trevista Rempoa (Foto: Rumah.com)
Denah rumah Grand Trevista Rempoa (Foto: Rumah.com)
Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan hidup di atas lahan yang tidak terlalu luas, plus tampilan hunian yang kekinian, desain unit Grand Trevista Rempoa, Ciputat, yang didesain arsitek ternama Atelier Riri mungkin bisa jadi acuan untuk rumah impian Anda. Rumah-rumahnya didesain compact dan sehat, di mana sirkulasi udara dan cahaya berlimpah ke dalam rumah.
Desain rumah Grand Trevista Rempoa menggunakan material yang berkualitas serta bata merah. Rumah dua lantai ini kental nuansa arsitektur modern dengan desain kekinian. Bukan hanya unik, tapi juga terlihat kokoh.

2. Rumah Tapak Berkonsep Apartemen (ApartHouse)

Rumah Idaman Rumah Tapak Berkonsep Apartemen
Aparthouse sendiri umumnya mengusung konsep smart living dan smart home, di mana dari sisi desain mengutamakan kepraktisan ruang.
Denah aparthouse 2,5 lantai dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. (Foto: Rumah.com)
Denah aparthouse 2,5 lantai dengan 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi. (Foto: Rumah.com)
Lokasi strategis di Jakarta identik dengan harga tanah yang mahal. Konsekuensi punya rumah di tengah kota dengan lahan dan dana yang terbatas adalah mengadaptasi konsep apartemen pada rumah tapak yang belakangan dikenal dengan istilah aparthouse.
Aparthouse sendiri umumnya mengusung konsep smart living dan smart home serta mengutamakan kepraktisan ruang dari sisi desain. Luas lahan yang memang tidak besar, umumnya di bawah 50 meter persegi, dimaksimalkan ke atas sehingga menjadi tiga lantai.
Konsep rumah seperti ini cocok diaplikasikan pada rumah Anda jika memiliki lahan yang terbatas.

3. Desain Rumah Futuristik Ala Jepang

Rumah Idaman Rumah Futuristik Ala Jepang
Desain unit Savasa Deltamas mengedepankan kecanggihan teknologi, sehat, dan ramah lingkungan. Perumahan futuristik khas Jepang.
Banyak orang umumnya berkutat seputar estetika dari sisi desain, tapi tidak begitu halnya untuk desain rumah yang satu ini.
Desain unit Savasa Deltamas, Cikarang, mengedepankan kecanggihan teknologi, sehat, dan ramah lingkungan. Gaya yang ditampilkan adalah perumahan futuristik khas Jepang.
Unit huniannya dibangun dengan metode W-PC dan instalasi perangkat smart home. Rumah juga didesain agar berudara sejuk dan bersih dengan filtrasi Puretech. Selain itu, rumah ini ramah lingkungan berkat sistem Cross-Ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara sehingga membuat rumah lebih sejuk.
Rumah Idaman Rumah Futuristik Ala Jepang 2
Rumah jadi ramah lingkungan berkat sistem Cross-Ventilation yang meningkatkan sirkulasi udara sehingga membuat rumah lebih sejuk.
Yang menarik, rumah ini dilengkapi dangan perangkat-perangkat canggih dari Panasonic Home Network System. Dengan demikian keamanan, pengaturan dan monitoring rumah bisa dikendalikan dari tangan pemiliknya. Pengaturan smart home ini mencakup CCTV (kamera outdoor dan indoor), motion sensor, door/window sensor, digital cordless handset, dan smart plug.

4. Rumah Tumbuh Sesuai Kebutuhan

Rumah Idaman Rumah Tumbuh Sesuai Kebutuhan
Ide desain rumah tumbuh ini dapat dikembangkan dikemudian hari seiring dengan bertambahnya jumlah penghasilan dan anggota keluarga.
Ide desain dengan konsep rumah tumbuh ini tentunya cocok bagi keluarga muda yang ingin segera punya rumah. Untuk bangunan memang tidak besar, namun terdapat lahan tanah yang luas di belakangnya sehingga dapat dikembangkan dikemudian hari seiring dengan bertambahnya jumlah penghasilan dan anggota keluarga.
Sebagai acuan adalah unit pada perumahan Visenda One Residence di Serang yang mengincar pembeli kalangan milenial, profesional muda, serta pembeli yang fokus pada bujet. Contoh rumah tumbuh di perumahan ini adalah tipe Saphire.
Rumah Idaman Rumah Tumbuh
Ide desain ini cocok untuk Anda yang ingin punya rumah besar, namun bujetnya masih terbatas.
Luas bangunannya hanya 38 meter persegi, terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi, dan ruang tengah. Namun, luas tanahnya mencapai 120 meter persegi. Ide desain ini cocok untuk Anda yang ingin punya rumah besar, namun bujetnya masih terbatas.

5. Desain Rumah Idaman Bergaya Modern dan Elegan

Denah lantai dasar, lantai mezanin, dan lantai dua tipe 188/259 di Simatupang Residence. (Foto: Rumah.com)
Denah lantai dasar, lantai mezanin, dan lantai dua tipe 188/259 di Simatupang Residence. (Foto: Rumah.com)
Bagi Anda yang mendambakan rumah bergaya modern dan elegan, unit di Simatupang Residence, hunian premium di kawasan TB Simatupang, pusat bisnis baru di Jakarta Selatan, bisa dijadikan acuan. Konsep desain rumahnya modern dan mewah dengan pilihan luas bangunan mulai dari 253 meter persegi hingga 400 meter persegi.
Material yang digunakan berkualitas premium dengan sentuhan finishing yang detail. Semua unit juga punya lantai mezanin yang bisa digunakan sebagai ruang keluarga, sehingga terlihat semakin berkelas dan elegan.
Hampir 50% dinding fasadnya dipasangi kaca dan terdapat kolam renang pribadi di belakang rumah. Hal ini menambah kemewahan pada tampilan desain rumah. Material yang digunakan berkualitas premium dengan sentuhan finishing yang detail, dan semua unit juga punya lantai mezanin yang bisa digunakan sebagai ruang keluarga, sehingga terlihat semakin berkelas dan elegan.
Dan hampir 50% dinding fasadnya dipasangi kaca, hal ini menambah kemewahan pada tampilan rumah. Tambah lagi terdapat kolam renang pribadi yang berada tepat dibelakang rumah.

6. Desain Rumah Idaman Bergaya Arsitektur Klasik

Rumah Idaman Bergaya Arsitektur Klasik
Detil kurva melengkung terlihat di fasadnya, sementara kesan kokoh dihadirkan dari tiang pilar yang ada di balkon.
Selera tiap orang memang berbeda-beda, dan jika Anda ingin tampil beda maka ide desain rumah bergaya arsitektur klasik mungkin bisa diterapkan untuk rumah Anda. Nah, unit di Angel Residence, Jakarta Barat, yang nampak begitu berkelas mungkin bisa jadi acuannya.
Unit di Angel Residence ini hadir dengan arsitektur bergaya klasik. Pulasan kombinasi warna krem dan putih, plus detil ukiran klasik, semakin menguatkan kesan mewah dan berkelas.
Denah rumah di Angel Residence (Foto: Rumah.com)
Denah rumah di Angel Residence (Foto: Rumah.com)
Dari luar, kesan rumah klasik modern juga nampak dari pemilihan model rangka jendela dan ventilasinya. Detil kurva melengkung terlihat di fasadnya, sementara kesan kokoh dihadirkan dari tiang pilar yang ada di balkon.

7. Desain Modern Minimalis Australian Tropis

Rumah Idaman Modern Minimalis Australian Tropis
Nuansa Modern Minimalis Australian Tropis ini begitu kental terasa lewat sentuhan aksen kayu dan penggunaan bata ekspos.
Tren desain rumah bergaya minimalis saat ini masih banyak digemari orang. Dan salah satu type di perumahan Jati Asih Central City bisa Anda jadikan inspirasi. Cluster Green Garden di perumahan ini hadir dengan konsep Modern Minimalis dengan konsep Australian Tropis di atas lahan 7 x 12 meter persegi atau dengan luas tanah 84 meter persegi.
Denah rumah Cluster Green Lake di Jati Asih Central City (Foto: Rumah.com)
Denah rumah Cluster Green Lake di Jati Asih Central City (Foto: Rumah.com)
Nuansa Modern Minimalis Australian Tropis ini begitu kental terasa lewat sentuhan aksen kayu dan penggunaan bata ekspos. Selain itu gaya kontemporer juga terasa dari pemilihan elemen kayu dan batu pada setiap bagian rumah yang juga mampu menegaskan kesan hangat bagi siapapun yang berada di dalamnya.

8. Modern Minimalis dengan Sentuhan Tropis

Rumah Idaman Modern Minimalis dengan Sentuhan Tropis
Dari luar arsitektur bangunannya bukan hanya terlihat cantik tapi juga unik efek diaplikasikannya model atap beton yang datar.
Ide desain rumah berdasarkan inspirasi dari unit Botanica Residence yang berlokasi di Depok ini juga layak dipertimbangkan. Hunian ini mengusung desain modern minimalis dengan sentuhan tropis berkat penggunaan material batu alam di bagian fasadnya.
Denah rumah tipe Titania di Botanica Residence. (Foto: botanica-residence.com)
Denah rumah tipe Titania di Botanica Residence. (Foto: botanica-residence.com)
Dindingnya yang dipulas warna cat putih krem bukan hanya memberi kesan bersih, tapi juga modern. Dari luar arsitektur bangunannya bukan hanya terlihat cantik tapi juga unik efek diaplikasikannya model atap beton yang datar. Desain pintunya juga dibuat bukaan dua sisi supaya terlihat mewah dan lebih lebar.

9. Desain Urban Futuristik

Rumah Idaman Urban Futuristik
Urban dan minimalis adalah konsep yang tengah naik daun, dengan ciri khas simpel tapi luas.
Harus diakui, saat ini belum banyak desain hunian yang merepresentasikan gaya hidup masyarakat urban, khususnya kaum milenial. Dan The Anggana Village yang berlokasi di Cibinong setidaknya bisa dijadikan referensi dengan menghadirkan hunian yang futuristik dan terkonsep rapi.
Dengan slogan Urban, Smart dan Livable, perumahan ini menyasar generasi millenial sebagai target konsumennya. Konsep Urban diimplementasikan di setiap unitnya lewat arsitektur yang didesain urban dan minimalis. Urban dan minimalis adalah konsep yang tengah naik daun, dengan ciri khas simpel tapi luas.
Denah rumah tipe 72/105 di The Anggana Village (Foto: Rumah.com)
Denah rumah tipe 72/105 di The Anggana Village (Foto: Rumah.com)
Unit-unit pada perumahan ini didesain dengan atap beton flat dengan sentuhan elemen kayu pada fasadnya. Desain bangunannya bergaya kontemporer perpaduan minimalis dan rumah cottage yang unik. Meski banyak dipasang kaca jendela, namun komposisi yang tepat memberi kesan rumah yang nyaman dan hangat.

Tips Rumah.com

Urban dan minimalis adalah konsep yang tengah naik daun, dengan ciri khas simpel tapi luas.

10. Rumah Bali Modern Minimalis

Rumah Idaman Rumah Bali Modern Minimalis
Perumahan yang semua unitnya terdiri dari dua lantai ini mengusung konsep rumah Bali yang modern dan minimalis.
Inspirasi desain rumah juga bisa Anda dapatkan lewat rumah adat. Seperti unit Bali Tropical, Bintaro yang desain unitnya terinspirasi dari rumah adat Bali. Perumahan yang semua unitnya terdiri dari dua lantai ini mengusung konsep rumah Bali yang modern dan minimalis.
Sesuai dengan namanya, unit rumah di Bali Tropical Bintaro ini mengadopsi sentuhan rumah adat Bali yang khas dengan atap limas, meskipun sekilas desain arsitektur dan fasadnya nampak serupa dengan gaya modern minimalis.
Perumahan yang semua unitnya terdiri dari dua lantai ini mengusung konsep rumah Bali yang modern dan minimalis. (Foto: Rumah.com)
Perumahan yang semua unitnya terdiri dari dua lantai ini mengusung konsep rumah Bali yang modern dan minimalis. (Foto: Rumah.com)
Bagaimanapun, desain arsitektur dan fasadnya tampak serupa dengan gaya modern minimalis. Sementara itu, fasadnya didominasi kaca jendela lebar yang dibingkai alumunium putih yang memperkuat kesan minimalis.

11. Desain Rumah Jepang Modern

Dibangun oleh pengembang asal Negeri Sakura, Anabuki Residence menerapkan gaya Jepang dalam desain rumah sampai pengelolaan air di perumahannya. (Foto: Rumah.com)
Dibangun oleh pengembang asal Negeri Sakura, Anabuki Residence menerapkan gaya Jepang dalam desain rumah sampai pengelolaan air di perumahannya. (Foto: Rumah.com)
Kawasan Jati Asih kini semakin berkembang pesat, Salah satu perumahan yang menarik untuk dicek adalah Anabuki Residence dari pengembang asal Negeri Sakura.
Perumahan ini memiliki sistem pengolahan air Sekisui Crosswave Rain Water Harvesting System. Dengan demikian, penghuninya tidak kekurangan air saat musim kemarau dan tidak mengalami banjir saat musim hujan.
Desain rumah di Anabuki Residence mengusung gaya Jepang modern. Di unit 72-nya, kamar tidur di lantai satu dijadikan ruang kerja khas Jepang. Lengkap dengan alas tatami atau tikar tradisional khas Jepang pula!

12. Desain Rumah Elegan Kontemporer

Aksen kayu dan batu alam menjadi ciri gaya elegan kontemporer di Naira Residence. (Foto: Rumah.com)
Aksen kayu dan batu alam menjadi ciri gaya elegan kontemporer di Naira Residence. (Foto: Rumah.com)
Naira Residence mengusung konsep elegan kontemporer. Ini terlihat dari desain fasad yang ditawarkan, dengan aksen kayu dan batu alam. Tampilan rumah jadi terlihat lebih berkelas dan tidak membosankan dibanding fasad minimalis untuk menekan biaya produksi.
Satu hal yang menarik dari tipe Jade adalah masih banyaknya lahan kosong di bagian belakang rumah, yakni sekitar 24 m2. Karena itu, desain rumah ini cocok dijadikan rumah tumbuh.

13. Desain Mediterania Modern

Taman Arcadia Mediterania cluster tahap 1 dan 2 dibangun dengan arsitektur gaya Mediterania. Desain rumahnya identik dengan material dari unsur alam dan palet warna natural cenderung hangat seperti cokelat dan terakota.
Cluster de Arcadia tetap dihadirkan dengan gaya arsitektur Mediterania, tapi diberi sentuhan lebih modern melalui dominasi elemen warna putih. Konsep rumah dengan banyak bukaan yang menyatu dengan alam tetap dipertahankan sebagai identitas cluster ini.
Cluster de Arcadia menerapkan konsep rumah tumbuh dengan sisa tanah di belakang rumah yang cukup luas. Tujuannya untuk dikembangkan lagi sesuai kebutuhan penghuni di masa mendatang, misalnya memperluas bangunan.

14. Desain Rumah Idaman Modern Hijau

Fasad minimalis menjadi keunikan desain rumah di Azara Residence. (Foto: Rumah.com)
Fasad minimalis menjadi keunikan desain rumah di Azara Residence. (Foto: Rumah.com)
Azara Residence merupakan cluster eksklusif dengan konsep modern hijau yang berada di jalur Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok. Modern Green Living” yang menjadi tagline Azara Residence dituangkan dalam konsep arsitektur modern minimalis dengan dominasi warna putih kombinasi krem yang tak lekang oleh waktu.
Untuk menciptakan suasana yang nyaman sebagai tempat tinggal serta lingkungan yang asri, sentuhan hijau dari tanaman tak luput menjadi elemen penting dalam perumahan ini.
Keunggulan lain Azara Residence adalah memberikan kebebasan bagi konsumen untuk menata ulang tata letak ruang dalam rumah sesuai kebutuhan dan keinginannya, tanpa mengubah bangunan bagian luar.

15. Desain Klasik Modern

Klasik dengan warna putih gading yang anggun namun menampilkan simplisitas khas desain rumah modern. (Foto: Rumah.com)
Klasik dengan warna putih gading yang anggun namun menampilkan simplisitas khas desain rumah modern. (Foto: Rumah.com)
Granada adalah produk terbaru persembahan Paramount Land yang berada di kawasan Alicante, Gading Serpong, Tangerang. Konsep yang diusung adalah Serenity, Elegance, dan Modern.
Denah rumah tipe 12 di perumahan Granada. (Foto: Rumah.com)
Denah rumah tipe 12 di perumahan Granada. (Foto: Rumah.com)
Rumah-rumah di Granada hadir dengan 3 pilihan tipe, yaitu L8, L10, dan L12. Di setiap tipe memiliki halaman belakang rumah yang luas dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama orang-orang tercinta.
Desain rumahnya menampilkan perpaduan klasik dan modern dengan dominasi warna putih gading yang anggun.
Tonton video berikut ini untuk mengetahui cara mengetahui tips memilih asuransi rumah yang tepat!
Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini