15 Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern yang Disukai Pelanggan

Tim Editorial Rumah.com
15 Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern yang Disukai Pelanggan
RumahCom – Memiliki ruko dengan lahan terbatas atau tidak memungkinkan untuk melakukan renovasi total, serta lahan parkir terbatas hingga kesulitan membuat ruko yang Anda punya menarik perhatian pelanggan. Ini bukan alasan untuk tak memulai usaha dan mengubahnya dengan desain ruko 2 lantai minimalis modern.
Kini banyak usaha renovasi desain ruko 2 lantai minimalis modern agar tampilannya jadi tidak biasa. Bahkan ruko minimalis berfungsi tidak hanya sebagai rumah dan toko, tapi kafe, pusat kegiatan masyarakat, hingga hotel. Untuk mengetahui penerapannya, Anda bisa mencari tahu lebih dalam dan mempelajari contoh desainnya dalam artikel ini yang akan membahas tentang:
  1. Ruko Minimalis dengan Eksterior Menawan
  2. Desain Ruko Serba Kaca
  3. Ruko Dengan Area Parkir Luas
  4. Ruko dengan Tema Desain Warna-Warni
  5. Desain Ruko untuk Coffee Shop
  6. Kilau-Kilau Keramik
  7. Bermain Color Block
  8. Desain Bak Butik Ternama
  9. Desain 80-an
  10. Perpaduan Warna Energik Dan Lampu Gantung Bulat
  11. Ruko Minimalis Open Space
  12. Ruko Minimalis Green Space
  13. Ruko Minimalis 4x8
  14. Ruko Minimalis Fai Fah
  15. Hotel di Ruko Minimalis

1. Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern Eksterior Menawan

Desain eksterior ruko harus menampilkan karakter jasa atau barang yang ditawarkan. (Foto: design-milk.com)

Apa yang membedakan ruko Anda dengan ruko sebelah? Tentu saja penampilan eksterior rukonya. Oleh karena itu, jangan lupakan untuk mempercantik eksterior ruko Anda. Karena tak jarang, banyak calon pelanggan tertarik untuk masuk karena desain eksterior yang menawan. Anda bisa memilih material kayu, metal hingga batu alam. Pilih desain yang merepresentasikan karakter jasa atau barang yang Anda tawarkan.

Pembuatan atau pembelian ruko minimalis juga harus memperhitungkan biaya yang dikeluarkan dengan cermat agar sesuai dengan kemampuan ekonomi. Sebelum membuat desain, sebaiknya lakukan analisa tapak terlebih dahulu. Fungsinya untuk menentukan nilai atau harga jual ruko minimalis dibandingkan dengan beberapa bangunan yang ada. Untuk mulai mencari tahu harga ruko terbaik, cek rekomendasi ruko di DKI Jakarta mulai Rp1 miliar.

2. Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern Kaca

Ganti teralis dengan kaca untuk kesan minimalis modern. (Foto: Pexels)
Untuk menampilkan kesan modern minimalis, Anda bisa mengganti teralis ruko dengan kaca. Teralis membuat ruko terkesan penuh dan kurang modern. Pilihlah kaca berkualitas baik dan lengkapi keamanan toko dengan CCTV.

3. Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern dengan Area Parkir Luas

Pastikan pelanggan memiliki area parkir yang cukup dan aman. (Foto: Borey Peng Houth)

Salah satu yang menjadi pertimbangan pelanggan rela berlama-lama “nongkrong” di coffee shop atau butik Anda yang berada di ruko itu adalah ruko Anda memiliki tempat parkir yang luas. Pelanggan akan bebas datang berbelanja tanpa takut tidak dapat parkir atau malah was-was kalau-kalau mobil kena derek dishub karena parkir bukan di tempat yang seharusnya. Untuk itu, Anda harus set area depan ruko dengan baik sebagai tempat parkir yang memudahkan pelanggan Anda. Pastikan pula Anda mendapat jatah spot parkir pada area yang aman.

4. Desain Ruko 2 Lantai Minimalis Modern dengan Tema Desain Warna-Warni

Inspirasi ruko dengan desain warna-warni di singapore (foto: Home and Decor SG)
Desain ruko yang cukup unik ini berada di negara Singapore yang berhasil menyulap ruko dengan warna-warni cantik. Ruko ini mengambil desain multikultural dari atap malayu, ubin dekorasi peranakan hingga fasad art deco tahun 50an.

5. Desain Ruko untuk Coffee Shop

Ruko satu lantai untuk coffee shop (foto: Behance/Duy Huynh)

Ruko satu lantai ini bisa menjadi opsi jika Anda ingin membuat usaha coffee shop atau toko kopi sendiri. Pasalnya Anda bisa memanfaatkan ruko ke samping. Membagi dua lahan satu menjadi tempat usaha dan satu lagi menjadi rumah tinggal. Konsep ini bisa Anda terapkan dengan menambah unsur hijau yang menyejukan mata.

Tips Rumah.com

Untuk ruko sangat kecil, interior berwarna hangat dan natural seperti perpaduan coklat dan warna-warna monokrom gelap. Di depan ruko, beri neon sign atau logo nama cafe yang besar dan jelas untuk memudahkan pembeli menemukan lokasi Anda.

6. Kilau-Kilau Keramik

Ruko Anda tampil cling kembali! (Foto: designboom.com)
Ruko Anda tampil cling kembali. (Foto: designboom.com)

Bila tidak bisa mengubah banyak bagian ruko, Anda dapat menyulap ruko lama menjadi lebih glamor dengan menggunakan glossy keramik berukuran kecil. Pilih keramik warna gold dan metalik. Untuk interior lainnya, Anda bisa padukan dengan pilar berwarna hijau metalik, plafon abu metal, dan kursi gold seperti desain restoran sushi di Valencia, Spanyol.

7. Bermain Color Block

Berani bermain warna, membuat restoran Anda jadi unik. (Foto: designboom.com)
Berani bermain warna, membuat restoran Anda jadi unik. (Foto: designboom.com)

Desain interior yang tak biasa dan unik akan selalu ada dalam ingatan pembeli. Bila Anda melirik usaha makanan dan minuman selain makanan yang enak, desain unik pada restoran atau cafe membuat pelanggan punya alasan untuk selalu kembali ke restoran Anda. Jangan ragu untuk bermain pada warna-warna cerah yang menarik perhatian atau menerapkan konsep color block seperti restoran seluas 50m2 di China seperti yang dilansir oleh designboom.com. Tambahkan ornamen pendukung seperti hiasan dinding dan lampu hias sesuai konsep.

8. Desain Bak Butik Ternama

Tangga kayu putar menambah kesan mewah. (Foto: designboom.com)
Tangga kayu putar menambah kesan mewah. (Foto: designboom.com)

Bagi Anda yang memiliki usaha butik pakaian, tas atau sepatu, desain salah satu butik ternama di London ini bisa dijadikan inspirasi. Konsepnya adalah all out karena tak tanggung-tanggung, butik sekelas ini pun mempercantik penampilannya mulai dari bagian eksterior yang beda dari yang lain, hingga bagian interior dengan menerapkan tangga putar dari material kayu yang membuat kesan butik jadi mewah. Dinding dan etalasenya pun konsisten dengan warna dan material kayu yang meneduhkan. Psst, bentangkan karpet merah pada beberapa sudut untuk mempermanis ruangan. Mewah!

9. Desain 80-an

Bukannya terkesan jadul, namun teknik ini malah membuat ruko Anda sangat instagramable. (Foto: Designboom.com)
Bukannya terkesan jadul, namun teknik ini malah membuat ruko Anda sangat instagramable. (Foto: Designboom.com)

Manfaatkan tangga ruko 2 lantai Anda sebagai bagian paling atraktif dan dekoratif dengan menerapkan konsep technicolor yang memadukan pola-pola zig-zag, segitiga, hingga polka dot seperti era 80-an. Ajaib! Bukannya terkesan jadul namun, teknik ini malah membuat ruko Anda sangat instagramable. Konsep ini sangat cocok untuk ruko yang digunakan untuk usaha yang bergerak dalam industri kreatif. Berani coba?

10. Perpaduan Warna Enerjik Dan Lampu Gantung Bulat

Dengan konsep ini, gunakan warna-warna enerjik seperti merah, orange, kuning. Padukan dengan lampu hias gantung berbentuk bulat yang jadi pusat perhatian saat klien melintas di tangga. (Foto: Designboom.com)
Dengan konsep ini, gunakan warna-warna enerjik seperti merah, orange, kuning. Padukan dengan lampu hias gantung berbentuk bulat yang jadi pusat perhatian saat klien melintas di tangga. (Foto: Designboom.com)
Jangan bingung-bingung mencari inspirasi untuk studio senam pada ruko minimalis 2 lantai. Mari jalan-jalan virtual ke sebuah studio senam 2 lantai di New York yang didesain khusus oleh desain interior Sasha Bikoff. Di lantai 1 bisa Anda manfaatkan sebagai tempat registrasi dan ruang tunggu.
Bila memang cukup lahan, Anda bisa membuat ruang latihan dengan ukuran kecil pada lantai 1. Sedangkan di lantai 2, ruang latihan berukuran besar, lengkap dengan fasilitas kamar mandi serta ruang ganti. Jangan lupa, sofa merah menggoda tak boleh terlewat dan harus ada pada studio senam Anda.

11. Ruko Minimalis Open Space

Canvas House dengan desain interior minimalis. (Foto: Deezen)
Canvas House dengan desain interior minimalis. (Foto: Deezen)
Firma arsitektur Ministry of Design merenovasi bangunan ruko minimalis , yang menempati ruko tradisional di Singapura, dengan interior serba putih untuk bangungan co-living.
Terletak di jantung kawasan Tanjong Pagar yang ramai di Singapura, Canvas House menyediakan akomodasi bersama untuk penduduk setempat yang kreatif dan anggota komunitas ekspatriat. Bangunan ruko minimalis empat lantai ini dulunya berupa ruko tradisional tua dengan bentuk bangunan yang biasa terlihat di ruko-ruko Asia Tenggara, yang memiliki ruang bisnis komersial di depan dan ruang tamu.

12. Ruko Minimalis Green Space

Fasad unik di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam. (Foto: MM++ Architects/Deezen)
Fasad unik di sebuah ruko di Ho Chi Minh, Vietnam. (Foto: MM++ Architects/Deezen)
Studio MM ++ Architects di Vietnam merenovasi ruko minimalis menjadi sebuah hunian dan tempat usaha selebar empat meter di Kota Ho Chi Minh, dengan fasad yang membuka dan menutup seperti jendela raksasa.
Fasad buka-tutup ini kemudian dinamai Folding-up Shutter. Hunian ruko minimalis empat lantai ini mengambil inspirasi dari ruko tradisional – tipologi bangunan umum di Asia Tenggara yang menggabungkan tempat kerja dengan tempat tinggal.

13. Ruko Minimalis 4 x 8

Ruko minimalis dengan luas 3x9 meter (Foto: Pinteres)
Keterbatasan lahan bukan menjadi halangan untuk bisa menciptakan bisnis Anda sendiri. Dengan ruko seluas 3x9 meter Anda bisa menyulapnya menjadi sebuah tempat yang menarik dan disukai pelanggan. Demi menghemat lahan, Anda bisa menambah lantai ruko tersebut.

14. Ruko Minimalis Fai Fah

Fai Fah Center berfungsi sebagai ruang publik anak muda. (Foto: Deezen)
Fai Fah Center berfungsi sebagai ruang publik anak muda. (Foto: Deezen)
Fai Fah by Spark di Bangkok merupakan ruko minimalis yang direnovasi menjadi gedung pusat kegiatan publik yang menyediakan tempat untuk program lokakarya dan kelas yang mendorong anak-anak dan remaja untuk mengambil bagian dalam kegiatan kreatif.
Selama proses desain, arsitek mengadakan lokakarya desain dengan anak-anak setempat, dengan ide awal kisi baja dengan warna terang yang menutupi fasad dua ruko asli. Anak-anak juga memilih palet warna untuk menandai setiap enam lantai gedung, termasuk kuning cerah yang ditampilkan di ruang acara dan galeri mezzanine di dasar gedung.

15. Hotel di Ruko Minimalis

Ruko minimalis jadi hotel di Penang Malaysia. (Foto: Deezen)
Ruko minimalis jadi hotel di Penang Malaysia. (Foto: Deezen)
Firma arsitektur asal Singapura, Ministry of design, ditugaskan untuk merestorasi ruko minimalis Situs Warisan Dunia UNESCO yang menampilkan perpaduan arsitektur bergaya kolonial.menjadi hotel di Penang’s George Town.
Dibangun pada tahun 1919, struktur yang sebelumnya terdiri dari lima ruko tetapi sekarang telah diubah menjadi rangkaian hotel suite kontemporer. Restorasi blok ruko minimalis ini melibatkan penggantian atap dan lantai secara total, meskipun struktur utama tetap dalam kondisi kokoh.
Nah, menarik bukan berbagai desain ruko minimalis dan fungsinya. Anda juga mungkin mulai tertarik untuk memanfaatkan bagian ruang rumah Anda untuk jadi ruko. Pelajari lebih banyak mengenai inspirasi desainnya dan sesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan ruko minimalis Anda. Semoga artikel ini bisa menginspirasi.
Sebelum membeli ruko, baiknya kamu mengetahui tips lengkap membeli ruko di video ini

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti dan Panduan Referensi seputar properti dari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Keterjangkauan

Ketahui kemampuan mencicil Anda berdasarkan kondisi keuangan Anda saat ini.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini