5 Taman Bermain Anak Populer di Jakarta dan Inspirasi di Rumah

Tim Editorial Rumah.com

RumahCom – Menjadi orang tua generasi digital merupakan sebuah tantangan, salah satunya menghadapi gadget yang tidak bisa lepas dari tangan anak-anak terlebih lagi saat sedang berada di rumah.

Jika anak Anda terlihat tidak bersemangat dan sudah mulai kecanduan gadget, salah satu cara kreatif yang dapat Anda lakukan adalah membuat taman bermain di rumah.

Taman bermain di rumah tidak hanya bisa membuat mood anak menjadi lebih baik, tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas dan melatih motorik anak. Anda pun dapat mengawasi sekaligus melihat perkembangan tumbuh kembang anak Anda secara langsung.

Tidak perlu halaman yang sangat luas untuk membuat taman bermain yang menyenangkan. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat taman bermain sesuai minat, usia dan kesukaan anak.

Nah, dalam artikel ini kita akan banyak membahas tentang taman bermain anak yang populer di kawasan Jakarta dan sekitarnya dan inspirasi taman bermain anak yang diuraikan sebagai berikut:

  1. 5 Taman Bermain Anak Populer di Jakarta Sekitarnya
    1. Dunia Fantasi
    2. Kidzania
    3. The Playground
    4. Playparq
    5. Houbii
  2. Inspirasi Taman Bermain Anak di Rumah
    1. Taman bermain anak dengan ayunan dan perosotan
    2. Kemping di taman bermain anak, yuk!
    3. Taman bermain anak dengan sensasi air
    4. Taman bermain anak dengan rumah-rumahan
    5. Taman bermain anak dengan rumah pohon
    6. Wahana pasir pantai di taman bermain anak
    7. Warna warni wall climbing di taman bermain anak
    8. Taman bermain anak dengan sinema outdoor
    9. Dinding corat coret di taman bermain anak
    10. Kebun Mini di taman bermain anak
    11. Taman bermain anak dalam rumah

Selanjutnya, akan diuraikan lebih rinci mengenai lima taman bermain anak populer di Jakarta dan sekitarnya.

5 Taman Bermain Anak Populer di Jakarta Sekitarnya

Sebagai kota besar dengan populasi penduduk paling besar di Indonesia, Jakarta memiliki banyak sekali taman bermain yang ramah anak. Taman bermain ini pun tidak terbatas hanya berada di luar ruangan saja, beberapa taman bermain anak didesain sedemikian rupa di beberapa pusat perbelanjaan dan kompleks arena bermain, agar anak dan orangtua lebih leluasa menghabiskan quality time bersama.

Berikut adalah pilihan 5 taman bermain anak populer di Jakarta sekitarnya yang bisa menjadi alternatif pilihan Anda untuk bermain bersama anak di akhir pekan.

1. Dunia Fantasi

Foto: pinterest
Foto: pinterest

Dunia fantasi atau yang umum disebut Dufan adalah taman bermain yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1985. Tempat hiburan ini terletak di kompleks Taman Impian Jaya Ancol yang memiliki maskot yakni kera bekantan yang diberi nama Dufan.

Anak-anak pastinya akan sangat senang bisa bermain di taman bermain ini. Bahkan untuk orang dewasa, taman bermain ini pun bisa sangat mengasyikkan.

Dufan memiliki beberapa wahana menarik mulai dari Dream Playground, Karavel, Baku Toki, Halilintar, Poci-poci, Turbo Drop, dan lain-lain.

Dunia Fantasi (Dufan)

Alamat: Jalan Lodan Timur No. 7 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta

No telp: (021) 29222222

Jam operasional: weekday (10.00 WIB – 18.00 WIB), weekend (10.00 WIB – 20.00 WIB)

Harga tiket regular: fun pass Rp400.000, fastrack Rp200.000, annual pass/e-card Rp325.000

2. Kidzania

Foto: getyourguide.com
Foto: getyourguide.com

Apabila Anda dan keluarga sedang jalan-jalan ke Pacific Place Mall, tak ada salahnya mengajak anak-anak mampir ke Kidzania. Kidzania adalah salah satu taman bermain dan belajar anak yang berada di salah satu mall di Jakarta yakni Pacific Place Mall lantai 6.

Di Kidzania, anak-anak bisa bermain sekaligus belajar melakoni berbagai profesi seperti penyanyi, pemadam kebakaran, dokter, hakim, pilot dan sebagainya. Anak-anak pun bisa menikmati permainan tanpa merasa kegerahan karena lokasi tempat bermain ini sejuk, berada di dalam mall.

Kidzania

Alamat: Pacific Place, Jalan Jend. Sudirman No. Kav. 52-53, Senayan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

No telp: (021) 5154888

Jam operasional: 09.00 WIB – 19.00 WIB

Harga tiket regular: Rp50.000 – Rp295.000

3. The Playground

Foto: instagram/ubit_adam
Foto: instagram/ubit_adam

Taman bermain outdoor bernama The Playground ini berada di kawasan Jakarta Selatan yang terkenal elite dan tenang. Fasilitas di taman bermain ini memiliki lebih dari 10 area permainan yang cukup lengkap.

Area ini dilengkapi dengan wahana permainan air, flying fox, panjat memanjat, sepatu roda, ring basket, tenis dan café. Namun, the playground dibatasi hanya anak di bawah usia 10 tahun saja yang dibolehkan bermain dalam area ini.

The Playground

Alamat: Jalan Kemang Dalam 3B #B6, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

No telp: (021) 7196962

Jam operasional: 08.00 WIB – 18.00 WIB

Harga tiket regular: Rp100.000 – Rp150.000

4. Playparq

Foto: playpark.com
Foto: playpark.com

Playparq adalah taman bermain anak indoor dan outdoor dengan lokasi yang berdekatan dengan The Playground yakni Kemang.

Plaparq Kemang memiliki 8 permainan seperti flying fox, super sliding, big trampoline hingga rumah pohon yang bisa dimainkan anak dalam rentang usia 1 hingga 12 tahun. Bagi orangtua yang mendampingi anaknya bermain pun dapat menikmati hari di Prefere72 Café & Lounge dengan berbagai pilihan makanan.

Selain di Jakarta, Playparq juga juga memiliki cabang di Bintaro, Tangerang yang berlokasi di Jalan Bintaro Taman Barat 1, Kav. 10 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Sama seperti cabang Kemang, Playparq Bintaro juga memiliki wahana permainan indoor dan outdoor serta lounge tempat orangtua bisa bersantai sembari menikmati makanan dan minuman yang tersedia.

Playparq

Alamat: Kemang Timur Raya no. 72, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta

No telp: (021) 7195333

Jam operasional: 10.00 WIB – 18.00 WIB

Harga tiket regular: Rp35.000 – Rp100.000

5. Houbii

Foto: instagram/lizahernawan
Foto: instagram/lizahernawan

Houbii adalah taman bermain indoor anak yang berada di salah satu kawasan elite di Jakarta Selatan yakni Pondok Indah.

Meski di taman bermain ini memiliki banyak trampoline, namun trampolin bukan satu-satunya wahana bermain dalam taman bermain ini. Memadukan beragam jenis permainan dan olahraga, area bermain ini tidak hanya menarik bagi anak-anak tapi juga orang dewasa.

Houbii

Alamat: Jalan Metro Pondok Indah blok BB no. 3

No telp: (021) 29125194

Jam operasional 08.00 WIB – 21.00 WIB

Harga tiket regular: Rp175.000 – Rp225.000

11 Inspirasi Taman Bermain Anak Di Rumah

Tanpa Anda sadari, taman bermain pun sebenarnya bisa Anda miliki di rumah saat ini juga. Taman bermain yang ramah anak sebaiknya dibuat sesuai dengan tumbuh kembang anak dan tidak membahayakan si kecil nantinya.

Berikut 11 inspirasi desain taman di rumah untuk anak-anak yang bisa menginspirasi Anda.

  1. Taman bermain anak dengan ayunan dan perosotan

Membuat taman bermain sederhana dengan wahana ayunan dan perosotan. Anda bisa membuat ayunan dari kursi atau ban bekas, lalu cat dengan warna-warna cerah untuk membuat semakin menarik.

Jika tidak punya waktu untuk membuatnya, saat ini banyak ayunan dengan beragam model yang dijual dipasaran. Anda bisa membeli sesuai dengan selera dan usia anak. Jangan lupakan juga perosotan, pilih material perosotan yang aman untuk anak Anda

Agar aman, pastikan memilih material taman bermain sesuai dengan usia anak Anda.  (Foto: Pexels.com)
Agar aman, pastikan memilih material taman bermain sesuai dengan usia anak Anda.
(Foto: Pexels.com)
  1. Kemping di taman bermain anak, yuk!

Jika biasanya acara bermain di tenda hanya dapat dilakukan pada saat acara kemping di sekolah, ide membuat taman bermain bertema kamping di halaman belakang bisa jadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak. Jangan lupa, siapkan mainan, buku dan camilan sehat kesukaannya, dijamin anak Anda akan suka, begitu juga teman-temannya.

Caption: Camping akan lebih menyenangkan jika melibatkan seluruh keluarga. (Foto: Tomas Espinoza/TravelChannel.com)
Camping akan lebih menyenangkan jika melibatkan seluruh keluarga. (Foto: Tomas Espinoza/TravelChannel.com)

Baca Juga: Strategi Jitu Punya Rumah dalam Setahun

  1. Taman bermain anak dengan sensasi air

Jika halaman Anda tidak memadai untuk membangun kolam renang, Anda tetap bisa membuat taman bermain yang bertemakan air. Anda dapat membangun pancuran air di halaman, dengan menggunakan ubin yang tidak licin atau bisa juga dengan meletakkan kolam karet berisikan bola-bola.

  1. Taman bermain anak dengan rumah-rumahan

Bermain rumah-rumahan beratapkan rendah dan ruang yang tidak terlalu besar akan membuat anak Anda sibuk berimajinasi memiliki rumah sendiri. Anda bisa membuat rumah-rumahan sendiri untuk anak Anda atau membelinya.

Taman bermain rumah-rumahan seperti ini mudah ditemukan dan si kecil bakal betah bermain bersama teman. (Foto: Walmart).
Taman bermain rumah-rumahan seperti ini mudah ditemukan dan si kecil bakal betah bermain bersama teman. (Foto: Walmart).
  1. Taman bermain anak dengan rumah pohon

Memiliki rumah pohon adalah salah satu impian anak-anak, karena mereka menganggap rumah pohon adalah tempat persembunyian, benteng yang memiliki daya tarik.

Dengan perencanaan dan konstruksi yang matang, Anda bisa membuatkan rumah pohon untuk si kecil, jangan lupa untuk libatkan mereka, biarkan mereka bebas memilih gaya desain rumah pohonnya sendiri agar dapat meningkatkan kreativitasnya.

Rumah pohon tidak selalu harus besar, Anda bisa menyesuaikan dengan luas halaman Anda (Foto: pexels.com)
Rumah pohon tidak selalu harus besar, Anda bisa menyesuaikan dengan luas halaman Anda (Foto: pexels.com)
  1. Wahana pasir pantai di taman bermain anak

Anak-anak segala usia pasti menyukai bermain pasir. ya, pasir memang tidak pernah gagal membuat si kecil ingin bermain, karena tidak mungkin selalu mengajaknya ke pantai, mengapa tidak untuk membuat bak pasir sederhana di rumah? Agar menarik, Anda bisa membuat bak pasir menyerupai perahu layar atau bak dengan penutup diatasnya, menyerupai tenda.

  1. Warna warni wall climbing di taman bermain anak

Wall climbing atau panjat tebing sangat cocok untuk anak-anak yang aktif. Olahraga ini sarat akan manfaat, diantaranya mengasah koordinasi tangan dan kaki anak, membentuk tulang anak, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Untuk anak-anak sebaiknya wall climbing tidak dibuat terlalu tinggi, pijakan dapat dibuat lebih besar dan rentang jaraknya dapat dibuat lebih pendek, sesuai dengan langkah kakinya.

Dengan rentang jarak yang pendek dan warna menarik, Anda dapat membuat si kecil senang memanjat di dinding. (Foto: Pexels.com)
Dengan rentang jarak yang pendek dan warna menarik, Anda dapat membuat si kecil senang memanjat di dinding. (Foto: Pexels.com)
  1. Taman bermain anak dengan sinema outdoor

Menonton film di halaman terbuka memiliki sensasi tersendiri, tak hanya anak-anak tetapi juga para orang tua. Siapkan area halaman yang akan digunakan sebagai tempat menonton, proyektor, layar besar, dan jangan lupa bantal, selimut, juga popcorn buatan sendiri.

Simak juga: Panduan Lengkap Memilih Tempat Tinggal

  1. Dinding corat coret di taman bermain anak

Dinding bersih di rumah adalah sasaran anak-anak untuk menggambar, mewarnai, mencorat coret diatasnya. Jangan hentikan aktivitas mencorat coretnya, karena hal tersebut pertanda kecerdasan anak Anda tengah berkembang. siapkan chalkboard atau papan khusus corat coret si kecil di halaman beserta peralatan.

  1. Kebun Mini di taman bermain anak

Jika Anda suka berkebun dan si kecil seringkali terlihat antusias terlibat menyiram tanaman, buatkan anak Anda kebun mini sendiri. Ajarkan cara menyiram tanaman, menanam bunga dan berikan hadiah sepatu boots agar si kecil semakin semangat.

Anak juga dapat dilibatkan dalam kebun mini sehingga lebih aktif di luar rumah. (Foto: Hgtv.com)
Anak juga dapat dilibatkan dalam kebun mini sehingga lebih aktif di luar rumah. (Foto: Hgtv.com)
  1. Taman bermain anak dalam rumah

Jika Anda tidak memiliki halaman untuk digunakan sebagai taman bermain, Anda bisa membuatnya di dalam rumah. Pastikan area taman bermain memiliki sirkulasi yang baik dan dekat dengan tempat Anda beraktifitas sehari-hari, sehingga mudah mengawasinya.

Pilih tema dan warna sesuai dengan kesukaan anak Anda dan tambahkan rumput sintetis pada permukaan lantai, selain membuat lantai jadi lebih empuk, si kecil pun merasa sedang bermain di taman.

Jika Anda saat ini sedang berencana membuat ruang bermain di dalam rumah, simak Tips Mudah Bikin Ruang Bermain di Rumah. Di Rumah.com Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai Panduan Menata Rumah dan Apartment hingga informasi penjualan rumah.

Temukan lebih banyak lagi panduan dan tips membeli rumah dalam Panduan dan Referensi.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Pencarian Agen

Hubungi Agen Profesional yang Akan Membantu Kebutuhan Anda

Kalkulator KPR

Ketahui cicilan bulanan untuk hunian idaman Anda lewat Kalkulator KPR.

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini

Kalkulator Refinancing

Ketahui berapa yang bisa Anda hemat dengan melakukan refinancing untuk cicilan rumah Anda saat ini